5 WARUNG MAKAN FAVORITE KU DI TRENGGALEK

By Diary Eva - November 27, 2018


makanan favorite di trenggalek

Kata ”makanan” bagiku sangat menarik dan dapat membangkitkan mood yang sempat drop hehe. Jujur saja aku memang menyukai aktivitas makan, tapi bukan berarti selalu wisata kuliner mencoba berbagai macam makanan. Ada beberapa tempat makan yang aku sukai makanannya dan ingin selalu aku beli menu-menu yang ada di tempat itu, entah itu bisa disebut warung atau kedai, yang jelas bukan restoran karena di kota tempat tinggalku ga ada restoran, tapi banyak café dan warung. Maklum, kota kecil. Tolong jangan diketawain ya hihihi. Tapi, satu hal yang perlu kalian tahu yaitu aku kurang suka makan di warun. Aku lebih memilih untuk membungkus dan dimakan di rumah karena dengan makan di rumah akan lebih bisa menikmati. Yaa, benar makan di tempat seperti terasa lebih enak karena masih fresh, tapi aku tetep aja kurang suka. Kalau makan di warung, aku merasa seperti harus terburu-buru dan ga bisa menikmati makanan.  Nah, dari beberapa tempat makan yang biasa ku datangi, akan ku kasih tahu kalian 5 diantaranya yang ga pernah membuat aku bosan untuk makan lagi dan lagi, yaitu sebagai berikut:

1.       KULINER CEKER SETAN TRENGGALEK (KCST)
 
Source: IG @kuliner_cekermercon

Source: IG @kuliner_cekermercon

Berlokasi di jantung kota Trenggalek, tempat ini sudah seperti menjadi racun makanan untukku. Di tempat ini menyajikan berbagai macam makanan dengan rasa pedas banget. Aku yang pecinta makanan pedas ini gimana ga tergoda coba. Awalnya hanya menjual ceker ayam dimasak pedas yang diberi nama ceker setan karena mungkin rasa pedasnya yang sangat super. Namun saat ini KCST sudah menyajikan banyak menu tentunya tetap dengan identitas rasa setannya yaitu super pedas. Cukup banyak pilihan menu yang ditawarkan. Kalau kalian penasaran bisa cek Instagramnya @kuliner_cekermercon. Saat ini yang menjadi makanan favoritku adalah seblak, ceker setan, dan ayam geprek. Hanya 3 makanan tersebut yang lumayan sering aku beli. Untuk rasanya, menurut lidahku enak dan ga  bikin bosan. Setiap makan selalu ingin tambah lagi dan lagi. Harga seblak Rp. 10.000, ceker setan Rp. 10.000 isi 4 atau 5 tergantung ukuran, dan ayam geprek tanpa nasi Rp. 10.000.
Source: IG @kuliner_cekermercon
Kuliner Ceker Setan Trenggalek ini dulu awalnya hanya berjualan online saja dan tidak menyediakan tempat makan di sana. Tapi semakin rame pembeli, sekarang KCST sudah menyediakan tempat bagi yang ingin makan. Tempat duduk lesehan di teras sebelah samping rumah ownernya dengan beralaskan tikar dan menggunakan beberapa meja pendek. Bagi yang rumahnya di area kota Trenggalek dan lagi lapar tapi males keluar rumah bisa delivery order juga loh. Tapi sepertinya tidak melayani delivery order untuk jarak jauh. Bagi pecinta makanan pedas wajib mencoba dan sangat recommended. Biasanya juga menghadirkan menu-menu special yang terbatas dan hanya melayani khusus beberapa orderan. Langsung kepoin Instagramnya aja yah yang penasaran. Dijamin ngiler dah kwkwkwk. Nilai 8 dari 10 yah versi aku.

2.         RUJAK CINGUR BU DJIYAH SUMBERGEDONG

rujak cingur bu djiyah sumbergedong trenggalek

Aku ga tau mulai kapan lidahku ini menyukai rasa rujak cingur. Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya ya, tapi untungnya di Trenggalek juga ada yang jual meskipun jarang dan sangat susah ditemui. Satu-satunya rujak cingur yang aku suka yaitu rujak cingur yang ada di Desa Sumbergedong, tepatnya di tengah kota Trenggalek, selatan kantor kelurahan Sumbergedong, tak jauh dari Kuliner Ceker Setan Trenggalek mungkin berjarak sekitar 500 meter.
Tempat untuk berjualan rujak cingur ini berebntuk seperti warung tapi kecil dan hanya tersedia tempat duduk beberapa orang. Kalau aku lihat jarang sekali ada pembeli yang makan langsung di tempat. Mereka kebanyakan membeli dibungkus. Warung ini lumayan rame, apalagi pada jam-jam kantor istirahat yaitu sekitar jam 11.00 – 13.00. Kalau membeli di jam-jam tersebut harus super sabar karena antrinya pasti lamaaaaa banget. Banyak juga loh pekerja kantor yang memilih menu makan siangnya rujak cingur. Jadi tak heran kalau ada pekerja kantor yang membeli berbungkus-bungkus. Itu juga yang menyebabkan antrinya lama. Tapi meskipun antri lama, bisa dapat hasil yang tak mengecewakan kok hehehe.
Rasa? Jangan ditanya lagi deh. Kalian pecinta rujak cingur pasti ketagihan. Sambalnya itu loh kentel banget dan hmmmm bikin ngiler banget. Sama seperti rujak lainnya, ada tahu, tempe, sayuran, lontong, dan khas sesuai namanya yaitu cingur sapi dengan diguyur bumbu khas rasa dan bau rujak cingur. Hmmmm siapa sih yang ga tergoda. Mau ga pake lontong bisa, ga pake cingur bisa. Minta pedes banget bisa, minta pedes biasa bisa, minta ga pedes juga bisa banget, pokoknya sesuai dengan seleramu dah.
Untuk porsinya menurutku sudah cukup banyak. Bungkusnya menggunakan daun yang dilapisi kertas koran dan diikat dengan karet gelang. Harga sangat sebanding dengan isinya ya, yaitu sekitar 8-9ribuan (sorry aku lupa).
Kalau mau delivery order bisa, tapi harus menggunakan jasa pihak ketiga karena dari warung itu sendiri tidak tersedia orderan online, yaa karena penjualnya seorang ibu sudah berumur dan ga mungkin beliau mainan handphone.
Recommended banget. Rujak cingur Sumbergedong ini aku kasih nilai 9 dari 10. Yeaaaayyy

3.         MIE AYAM PAK ARIF
mie ayam enak
Mie Ayam Enak
Yaa mie ayam adalah makanan favoritku sejak dulu. Aku mulai mengenal mie ayamnya Pak Arif ini sejak duduk dibangku madrasah aliyah. Karena tempatnya dekat dengan sekolahku jadi aku lumayan sering makan di situ. Tepatnya yaitu Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek, Kab. Trenggalek kalau ga salah hihi maaf aku ga tahu alamat lengkapnya. Tapi selain di tempat itu juga sudah membuka cabang di Kecamatan Tugu, timurnya Polsek Tugu. Menu yang ada di warung Mie Ayam Pak Arif yaitu menu utama mie ayam dan bakso, dan minumnya es teh, es jeruk, dan es campur. Yaa memang warung biasa dan sederhana tapi lumayan banyak pembeli.
Di warung Pak Arif disediakan tempat makan lesehan beralaskan karpet dan ada beberapa meja pendek dan panjang.
Di dalam mie ayam itu sendiri berisi mie yang berdiameter agak besar yaa, bukan mie yang kecil, suwiran daging ayam, dan sayur biasanya sawi. Tidak ada pangsit atau kerupuk. Tapi rasa kuahnya seger dan bumbunya pas banget. Harga untuk mie ayam biasa Rp 7.000 dan mie ayam bakso Rp. 9000. Secara keseluruhan aku kasih nilai 8 dari 10.

4.        SEGO GEGOK MBAH TUMIRAH

sego gegok mbah tumirah trenggalek

Nah sego gegok ini makanan khas Trenggalek loh. Sego gegok itu adalah nasi yang ditumpangi lauk berupa ikan teri, suwiran ikan tuna atau jerohan yang bercampur sambal, kemudian dimasak dengan dibungkus menggunakan daun pisang. Ada banyak warung nasi gegok ini tapi yang menjadi favoritku adalah warung gegok mbah Tumirah di Desa Bendungan Kecamatan Trenggalek. Lokasinya agak naik ke pegunungan gitu yaa tapi masih terjangkau bisa kesana pakai motor atau sekeluarga pakai mobil kok hehe. Warung ini kabarnya sudah legend banget, dilihat dari yang punya warung saja yaitu mbah Tumirah usianya sudah tidak muda lagi. Yang menjadi khas dari warung ini yaitu bumbu yang pedas banget. Tahu dong yaa kenapa aku suka? Ya itulah, aku pecinta makanan pedas.
Di warung mbah Tumirah ini disediakan tempat makan yang lumayan luas karena sering rame apalagi pas hari libur lumayan banyak orang yang datang, terutama anak muda.
Gegok yang sudah matang terbungkus daun pisang berwarna kecoklatan karena daun melalui proses memasak tadi, jadi warnanya menjadi coklat. Satu porsi tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Cukuplah untuk merasakan huh hah hihihi. Makan nasi gegok ini paling enak ditambah dengan tahu bulat dan tempe goreng hangat yang juga sudah tersedia disana. Mau bawa pulang pastinya bisa banget dong. Harga 1 porsi nasi gegok berkisar Rp 2500, tahu bulat Rp 500, dan tempe goreng Rp 500-1000 (lupa lagi hahaha maap yak). Tapi terkadang harga yang diberikan mbah Tumirah ini seperti tidak menetap, tapi meskipun begitu tidak jauh beda kok Entah kenapa aku juga ga tahu dan kita tinggal bayar aja. Untuk keseluruhan aku kasih nilai 8 dari 10.

5.         TAHU TEK SUMBERGEDONG

gado-gado
Gambar hanya referensi
Untuk tempat yang ke-5 ini sebenarnya jarang banget ku kunjungi, tapi aku suka makanannya jadi aku pengen mereview sekalian di sini. Yap nama warungnya kalau ga salah Tahu Thek apagitu (lupa lagi wkwkwk). Yang jelas disini menunya enak menurut lidahku. Ada tahu thek dan gado-gado yang biasanya aku beli. Tempatnya di Trenggalek kota timur alun-alun, tak jauh dari rujak cingur tadi. Bisa request tingkat kepedasannya juga kok, jadi yang ga suka pedes atau yang suka pedes banget ga perlu khawatir. Memang di warung ini seperti terlihat ga terlalu ramai, entah kenapa, atau mungkin harga mahal, menurutku sudah cukup sesuai sih dengan porsinya, ataukah rasa kurang enak, rasa sih juga enak menurutku.
Tersedia tempat juga kalau ingin makan di sana, tapi memang tidak luas dan hanya ada beberapa meja dan kursi saja. Makan disini tidak perlu antri lama karena yaa itu tadi tidak terlalu ramai pembeli, hanya saja proses penyiapan makanan agak lama dari biasanya karena semua dibuat mendadak, seperti telur dadar, tempe, itu masih hangat semua.
Seperti biasa menu tahu thek berisi tahu dan lontong, ada sayur sedikit, dan guyur bumbu kacang. Hmmm ngebahas makanan jadi lapar hihihi. Sedangkan gado-gadonya isinya banyak banget yah sesuai dengan namanya, ada lontong, beberapa macam sayur, tempe, tahu, dan separuh telur ayam rebus. Pokoknya dijamin bikin kenyang. Kalau mau pakai topping telur dadar atau yang lain bisa sesuai dengan menu yang tersedia tentunya.
Harga tahu thek Rp 6000 (kalau ga salah lagi, maap aku lupaan soal harga), harga gado-gado Rp 7000- 8000 (ini juga lupa hehe). Over all aku kasih nilai 8,5 dari 10.
Nah sekian review aku tentang 5 tempat makan favoritku di Trenggalek. Kalau kalian berkunjung ke Trenggalek jangan lupa mampir di tempat-tempat itu yah hehe. Kalau di tempat kalian ada makanan apa nih yang recommended? Share juga dong, komen di bawah ya..
See you in the next post
Bye bye. Love you all..

Tulisan ini diikutserakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge day 7

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini