3 KOTA YANG PERNAH KU TINGGALI

By Diary Eva - November 29, 2018


kota yang pernah ku tinggali

Ini adalah hari ke 9 dari BPN30DayChallenge. Seharusnya tema utama yang harus ditulis yaitu 5 Blogger favorite beserta alasannya. Tapi karena aku terbilang masih sebagai blogger pemula, aku ga bisa menulis tema tersebut karena belum terlalu tahu banyak tentang para blogger. Dan akhirnya terpaksa memilih tema pengganti “Kota-Kota Yang Pernah Aku Tinggali”. Dalam tulisan kali ini aku menyebutkan sebanyak 3 kota yang pernah aku tinggali. Yaa meskipun tidak lama, tapi setidaknya aku mendapatkan beberapa hal baru yang belum pernah aku dapatkan. 

Pertama, adalah kota Trenggalek. Terlalu besar untuk disebut sebagai kota karena pada dasarnya memang Trenggalek masih berupa kabupaten dengan 14 kecamatan yaitu Tugu, Karangan, Trenggalek, Bendungan, Pogalan, Gandusari, Kampak, Suruh, Pule, Dongko, Panggul, Watulimo, Munjungan, dan Durenan. Jadi aku ralat menjadi Kabupaten Trenggalek. Di Trenggalek inilah aku dilahirkan dan juga dibesarkan, bahkan masih stay di sini hingga sekarang. Trenggalek merupakan kota kecil dengan sejuta pesona. Sangat banyak tempat wisata yang ada di Trenggalek, terutama pantai, karena posisinya yang terletak di jalur selatan. Namun masih banyak pula daerah bukit dan pegunungan di Trenggalek. Meskipun di kota kecil, aku sangat betah tinggal di kota ini. Udara disini termasuk sejuk karena selain masih banyak pohon dan hutan, tidak terlalu banyak kendaraan yang berlalu lalang. Banyak diantara masyarakat Trenggalek yang merantau ke luar daerah, bahkan menjadi TKI di luar negeri karena di Trenggalek agak susah untuk mencari pekerjaan, dan juga UMR yang masih terbilang rendah. Lowongan kerja di Trenggalek hanya berkisar di toko. Memang ada industri pabrik, tapi hanya beberapa dan itupun pabrik yang tidak terlalu besar. Di sini tidak ada mall layaknya di kota besar, tetapi ada beberapa supermarket terbilang agak besar di area jantung kota. Kalaupun sedang bosan di rumah, aku pergi keluar, paling-paling ke cafe-cafe kecil yang ada di tengah kota karena saat ini bermunculan banyak cafe-cafe untuk sekedar ngopi atau nongkrong bersama teman-teman sambil Wi-fi an. Karena tidak ada mall besar seperti di kota besar, jadi pilihannya hanyalah cafe, hutan kota, taman kota, atau alun-alun. Beberapa waktu lalu juga telah diresmikan gedung bioskop baru oleh bupati Trenggalek, Pak Emil. Jadi nonton film bioskop tidak perlu keluar kota deh, meskipun aku sendiri belum pernah nonton sih hehe. Mungkin next time akan berkunjung ke Cineplex New Star Trenggalek. 

Kota kedua adalah Kediri. Aku pernah tinggal dan berkepentingan di kota Gudang Garam ini selama kurang lebih 4,5 tahun. Kenapa tinggal di kota ini? Yaa karena aku menempuh pendidikan S1 di sini. Selama sekitar 3 tahun aku hidup menjadi anak kos. Bukan anak kos abadi yaa karena ya gitu sering pulang ke rumah Trenggalek hihihi. Aku tinggal masih di sekitar pusat kota karena kampus masih berada di area kota dan tidak jauh dari rumah kos ku, sekitar 500meteran. Selama tinggal di Kediri aku merasakan beberapa perbedaan dengan di Trenggalek, diantaranya suhu udara, kemacetan, pusat perbelanjaan, keadaan air, dan beberapa perbedaan lainnya. Suhu di Kota Kediri sangat panas. Berbeda dengan di Trenggalek yang cenderung sejuk, panaspun tak sepanas di Kediri. Kendaraan pun lebih banyak di Kediri sampai menimbulkan kemacetan, apalagi saat jam berangkat dan pulang kerja atau sekolah, beeuuhh mantap dah. Di Kediri ini aku bisa menemukan beberapa pusat perbelanjaan atau  mall yang besar seperti Kediri Mall, Sri Ratu, dan beberapa lainnya. Namun dengan adanya fasilitas yang lengkap dapat membuat kita menjadi lebih konsumtif. Banyak perbedaan di Kediri dengan tempat tinggalku Trenggalek, bahkan sampai keadaan air pun berbeda. Air di Kediri tak sedingin dan sesegar di rumahku. Entah karena apa aku kurang tahu. Untuk makanan, aku cenderung suka makanan di Kediri karena menurut lidahku makanan di Kediri enak loh, tapi tetep ga seenak masakan emakku hehehe. Aku tidak terlalu banyak mengunjungi tempat di Kediri karena kepentinganku untuk kuliah dan jarang ada waktu senggang. Akhir pekan aku lebih memilih untuk pulang ke Trenggalek daripada hang out di Kediri. 

Kota ketiga adalah Malang. Aku tidak akan bercerita banyak tentang Kota Malang karena aku tinggal di kota ini hanya sekitar 4-5 hari. Memang tidak lama karena pada saat itu aku mengikuti tes masuk perguruan tinggi, dan kurang beruntung, jadi gagal cita-cita hidup di kota Malang huhu. Tapi selama beberapa hari itu aku merasa nyaman. Malang terkenal dengan udaranya yang sangat dingin, dan yaa aku benar-benar merasakannya. Air pun  sangat-sangat dingin luar biasa apalagi saat pagi hari, bakalan takut mandi. Tempat wisata dan tempat hang out tidak diragukan lagi, tentu banyak sekali karena di kota ini cenderung lebih banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Di Malang ini kita bisa menemukan banyak pusat pendidikan, seperti sekolah, universitas negeri maupun swasta keren-keren dengan lokasi yang sangat berdekatan. So, tidak heran dong kalau mayoritas anak muda pendatang yang hidup di sini menjadi anak kos. Pada saat itu aku mengikuti tes 2x, yang pertama di Universitas Merdeka dan yang kedua di Universitas Negeri Malang. Meskipun kurang beruntung, setidaknya sudah bisa merasakan tegangnya mengikuti tes masuk ke PTN. Satu hal lagi yang aku suka yaitu orang-orang cenderung cuek dengan orang lain, tidak banyak diantara mereka yang suka memperhatikan gerak-gerik orang lain didepannya, karena aku sering menjadi pusat perhatian orang-orang, dan jujur saja aku sangat tidak nyaman. 

Itulah 3 kota yang pernah aku tinggali, salah satunya yaitu kotaku tercinta Trenggalek. Kalau disuruh memilih ingin tinggal di kota mana, aku tetap ingin stay di Trenggalek, kota kecil yang aman, damai, dan tentram, tapi dengan fasilitas seperti di kota-kota sebelah hihihi. Gimana dengan cerita teman-teman? Share di kolom komentar yuk. Sertakan link blog kalian kalau punya tema yang sama seperti aku. 

See you in the next post
Bye bye.. love you all

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini