MENGENAL LEBIH DEKAT COVID-19

By Diary Cantikku - April 20, 2020


Istilah COVID-19 sudah bukan menjadi kata asing lagi. Semua orang di seluruh dunia tahu siapa dirinya. Aku ingin mengajak belajar bareng mengenai COVID-19 ini agar lebih tahu dan mengenalnya, tentang apa pengertian COVID-19, kepanjangannya apa atau singkatan dari kalimat apa, dan segala tentangnya. Lho kok mengenal? Bukankah kita sebaiknya berusaha untuk menghindarinya? Hihi justru dengan mengenalnya kita akan tahu lebih dalam segala hal yang ada pada dirinya. Kalau sudah kenal dan paham akan lebih mudah bagi kita untuk memperlakukannya, bukan?

VIRUS SECARA UMUM
Aku akan memulainya dengan penjelasan virus terlebih dahulu karena seperti yang kita tahu bahwa COVID-19 ini adalah golongan virus jenis baru yang sedang mewabah. Pengertian virus secara umum adalah makhluk sangat kecil atau disebut dengan mikroorganisme yang bersifat pathogen (penyebab penyakit), serta tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Hampir di semua tempat terdapat virus. Tidak hanya manusia yang dapat diinfeksi oleh virus, tetapi hewan dan tumbuhan pun dapat terinfeksi karena virus hanya dapat hidup pada tubuh makhluk hidup. Dia juga hanya dapat memperbanyak diri ketika berada di dalam tubuh makhluk hidup, menjajah sel-sel makhluk hidup dan menghancurkannya. Oleh karena itu virus disebut sebagai makhluk parasit (hidup menempel dan merugikan inang)

Struktur tubuh virus sangat sederhana, yaitu hanya tersusun atas materi genetik DNA atau RNA saja yang dibungkus oleh selaput protein, dan dilengkapi dengan kaki yang digunakan untuk menembus atau melukai dan masuk ke dalam sel inang. Virus menumpang pada sel inang untuk memperoleh protein karena tubuhnya tidak memiliki bagian yang seharusnya dapat memproduksi protein, sementara dia saja membutuhkan protein untuk membentuk tubuhnya. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya cacar air, flu, campak, gondong, rubella, hepatitis, herpes, polio, rabies, ebola, AIDS, SARS, dan lain-lain. Pernah flu kan? Nah sudah tahu atau belum kalau kamu flu berarti tubuhmu sedang berperang dengan virus

Menurut ilmu Sains, virus dapat disebut sebagai makhluk hidup sekaligus makhluk mati. Loh kok begitu? Iya, saat berada di dalam tubuh makhluk hidup dia akan aktif dan menjadi makhluk hidup, sesegera mungkin memperbanyak diri karena sudah berada pada tempat yang mendukungnya untuk hidup. Tapi saat berada di luar tubuh, dia akan mengkristal dan seolah-olah mati, padahal dia tidak mati. Saat ada kesempatan masuk ke dalam tubuh, baru deh dia akan beraksi sebagai makhluk hidup lagi.

MENGENAL VIRUS CORONA DAN COVID-19
Saat ini dunia sedang berduka atas mewabahnya virus Corona. Sebenarnya apa sih Virus Corona ini, apa hubungannya dengan COVID-19, bagaimana penularan serta persebarannya hingga bisa menjadi pandemic. Yuk kita bahas

Virus corona / korona / Coronavirus merupakan kelompok virus yang sebenarnya sudah ada sejak lama, terbukti dari adanya penyakit SARS dan MERS yang disebabkan oleh virus dari kelompok Coronavirus ini. Namun Desember 2019 lalu ditemukan kembali virus baru dari kelompok Coronavirus yang kemudian disebut dengan SARS-COV-2 yang pertama kali menginfeksi penduduk yang berada di Wuhan, China. Nah infeksi akibat virus SARS-COV-2 inilah yang disebut dengan COVID-19 yang merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019. Virus ini memiliki bentuk bulat dan memiliki seperti batang yang keluar dari tubuhnya. Ciri hidup lain dari virus corona sama seperti virus pada umumnya yang sudah aku jabarkan di atas tadi. Virus corona dapat menyerang siapa saja baik bayi, anak-anak, dewasa, hingga manula. Namun efeknya akan lebih fatal bila terjadi pada manula, ibu hamil, balita, orang dengan riwayat penyakit tertentu, perokok, dan orang dengan imunitas lemah. Gangguan yang ditimbulkan yaitu pada sistem pernapasan, baik infeksi ringan, berat hingga mematikan.

Dari mana asal Virus Corona penyebab COVID-19 ini?
Pembawa virus ini (katanya) salah satunya adalah kelelawar. Virus hidup pada air liur kelelawar. Hewan lain yang dipercaya juga membawa virus corona adalah ular. Hewan-hewan tersebut tidak seharusnya untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun, di Wuhan sana daging hewan-hewan ini justru diperjualbelikan dengan bebas di sebuah pasar dan bebas dikonsumsi. Menularnya virus corona dari hewan ke manusia kemungkinan karena mengonsumsi daging hewan-hewan tersebut. Yang mengejutkan lagi adalah ternyata COVID-19 tidak hanya menular dari hewan ke manusia, tetapi dari manusia ke manusia melalui droplet air liur saat batuk atau bersin.  Aku masih belum berani untuk membagikan info lebih lanjut seputar dari mana asal virus corona ini bermula, karena di luar sana pun masih simpang siur berita yang beredar.

Setelah dari Wuhan, negara-negara lain pun ikut tertular COVID-19, tidak terkecuali Indonesia. Bagaimana tidak, banyak sekali orang-orang yang melakukan perjalanan antar negara dan tentu saja mereka saling bersentuhan dan berkomunikasi. Sedangkan berdasarkan berita yang beredar, manusia yang terinfeksi virus ini tidak keseluruhan menunjukkan gejala, tentu saja akan sulit membedakan mana orang sehat dan mana orang yang terinfeksi virus.  Hingga saat ini Indonesia dan negara lain masih berperang melawan virus yang terus menyebar ke berbagai daerah. Sudah hampir satu bulan masyarakat Indonesia dianjurkan untuk berdiam diri #dirumahaja. Beberapa daerah bahkan sudah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk memutus rantai persebaran COVID-19 ini.
Sebaiknya kita tidak perlu terlalu panik atau takut berlebihan karena justru akan menurunkan sistem imunitas dan akan semakin memudahkan virus untuk masuk dan menyerang tubuh kita. Cara yang paling tepat kita lakukan adalah 5 hal yang sudah dianjurkan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan yaitu cuci tangan lebih sering karena jenis virus dapat dihancurkan dengan zat peluntur lemak seperti sabun, menutup mulut dengan siku saat batuk dan bersin agar percikan ludah tidak mengenai orang lain, jangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung, mulut karena organ tersebut bisa menjadi jalan masuknya virus ke dalam tubuh., menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, dan usahakan dirumah saja bila tidak ada kepentingan mendesak. Bila muncul gejala seperti batuk, demam, sesak napas antara 7-14 hari ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
Semoga kita semua tetap sehat dan terhindar dari COVID-19. Apalagi sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan dn menyambut hari raya Idul Fitri. Semoga dengan bulan baik ini akan melenyapkan dan mengalahkan virus ini dari bumi tercinta. Amiiin.

Ada berita dan pengalaman apa hari ini tentang COVID-19? Yuk share di kolom komentar

  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Di daerahku masih banyak yang berlalu lalang di jalan, banyak yang masih kumpul juga. Dan sedihnya pada menganggap sepele covid-19. Huhuhu

    ReplyDelete
  2. Bener sih, jangan sampai karena takut justru akan membuat imun kita turun. Malah saking parnonya sakit sedikit dikirain corona hiks

    ReplyDelete
  3. Tadinya aku pikir covid 19 dengan corona itu sama. Ternyata benarnya covid 19 disebabkan oleh Corona Virus. Baru paham. Antara Mers dan Sars juga beda meski masih satu penyebab.

    ReplyDelete
  4. Hebat banget corona ini ya, bikin seluruh dunia ga tenang seperti sekarang. Tapi semua kejadian pasti ada maknanya ya kak

    ReplyDelete
  5. Iya, hal utama yang bisa kita lakukan adalah tetap di rumah dan menerapkan pola hidup bersih. Semoga virus corona segera hilang dr Indonesia aamiin

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget penjelasannya, kita semakin mengerti apa itu covid-19....terus berkarya dan semangat!

    ReplyDelete
  7. Covid 19, telah merubah seluruh aspek kehidupan.. bahkan banyak telah menjadi korban, semoga cepat pulih dunia ini aamiin

    ReplyDelete
  8. Ohhh... Gini ya mbak... Aku jadi tahu apa itu covid 19 lebih detail. Kalau tahu detail kan jadi lebih aware

    ReplyDelete
  9. Covid 19,kalau memang kalian hidupnya di kelelawar dan ular, sana balik lagi kr habitatmu! Jangan ke sini-sini lagi.

    Penjelasan yang detail tentang covid mungkin membantu orang-orang memahami pentingnya #dirumahaja.

    ReplyDelete

Hai berkomentarlah dengan sopan ya. Kata-katamu adalah cerminan dirimu.

Find me:
Instagram: https://www.instagram.com/eva_epl
YouTube: https://www.youtube.com/evaplestari

For Business Inquiries please call me by Email:
eputrilestari@gmail.com