5 REKOMENDASI FILM INDONESIA YANG PENUH PESAN MORAL

By Diary Cantikku - November 30, 2018



Sebagai warga Negara Indonesia wajib dong ya untuk selalu cinta dengan produk dalam negeri, termasuk salah satunya film karya anak bangsa kita sendiri hihi. Yuk kita dukung film Indonesia supaya semakin bagus. Nah aku merekomendasikan 5 film Indonesia yang pernah ku tonton dan menurutku sangat perlu untuk ditonton karena banyak mengandung pesan moral yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

1.    5CM
Film ini menceritakan tentang lima remaja, 4 cowok dan 1 cewek, yang telah menjalin persahabatan cukup lama sampai mereka merasa jenuh dengan hubungan tersebut. Mereka memutuskkan untuk berpisah sementara waktu tanpa berkomunikasi selama 3 bulan. Selama 3 bulan tersebut mereka menemukan sesuatu yang merubah mereka untuk menjalani hidup lebih baik. sampai akhirnya mereka akan bertemu dan merayakan pertemuannya dengan mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan yang mereka tempuh tidaklah mudah, banyak rintangan dan halangan, sampai akhirnya tepat pada tanggal 17 Agustus mereka berhasil sampai di puncak  dan mengibarkan bendera Merah Putih. Rasa haru dan bangga menyelimuti.
Menonton film ini seperti membawa kita pada suasana cinta tanah air atau nasionalisme yang tinggi. Selain itu, kisah persahabatan mereka mengajarkan kita untuk bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan sahabat.

2.    HABIBIE & AINUN
Selamat berbaper-baper ria kalau menonton film yang menceritakan kisah cinta mantan presiden ketiga Indonesia tercinta ini, Pak Habibie bersama ibu Negara, Ibu Ainun. Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar, berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya. Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman. Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi?
Dalam film ini memberikan pesan moral salah satunya adalah setia pada pasangan.. uluh uluh hihi

3.    MIMPI SEJUTA DOLLAR
Film ini menceritakan kisah nyata seorang gadis yang kemudian saat ini kita kenal sebagai Merry Riana. Cerita ini berawal ketika terjadi kerusuhan di Jakarta, merusak rumah dan melenyapkan harta benda keluara Merry Riana. Ayahnya terpaksa menyuruh Merry untuk pergi ke luar negeri menuju rumah pamannya demi keamanan Merry dengan hanya berbekal alamat pamannya, uang transport, dan laptop. Namun setelah sampai disana Merry tidak bisa menemukan alamat pamannya dan justru bertemu dengan temannya. Dengan keadaan terpaksa akhirnya Merry kuliah di suatu universitas, tentu saja memerlukan biaya yang tak sedikit, sehingga memaksa juga untuk mencari pekerjaan demi membiayai kuliah dan kehidupannya. Lanjutannya seperti apa dan bagaimana, kalian tonton filmnya aja. Ga asyik donk kalau aku ceritain dulu. Yang jelas dari film ini banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Terbukti kan kita bisa melihat Merry Riana berseliweran di televisi dan social media menjadi orang yang cukup sukses dan terkenal.

4.    NEGERI VAN ORANJE
Film ini lagi-lagi menceritakan tentang kisah perjalanan dari 5 sahabat. Tak hanya itu, mereka juga dapat memaknai hidup, perjuangan serta cinta, dan cita-cita dimana mereka berada jauh dari negeri mereka berasal. Perjalanan ini dimulai pada hari ini dari seorang perempuan yang bernama Lintang. Ketika satu hari sebelum pernikahan Lintang berlangsung, Lintang kembali mengingat tentang sahabat-sahabatnya yaitu Banjar, Daus, Geri, dan Wicak. Kelima sahabat ini berasal dari Indonesia yang menuntut ilmu menjadi mahasiswa dengan jenjang pendidikan Strata 2 dan mereka juga telah menyelesaikan studi strata dua mereka di negeri Belanda tersebut. Mereka kuliah pada kota yang berbeda, diantaranya Den Haag, Leiden Utrecht, Rotterdam, dan Wageningen. Meskipun berada dikota dan tempat kuliah yang berbeda namun persahabatanlah yang membuat mereka menjadi satu dan membuat kelima sahabat tersebut dapat bertahan di negeri Belanda, negeri yang sangat jauh dari negeri kelahirannya. Mereka berlima telah menjalani rutinitas yang sangat padat untuk dapat menyelesaikan pendidikan strata 2 mereka, mulai dari dari jarang tidur karena harus mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan minggu itu juga dan yang lainnya.
Persahabatan mereka berlima akhirnya membuat Lintang terbawa pada yang namanya cinta. Namun apa yang dirasakan Lintang tak dirasakan oleh orang yang ia cintai. Lintang pun harus merelakan sebuah cinta yang bertepuk sebelah tangan yang dikarenakan sebuah alasan yang tidak ada pernah menduga dari mereka. Hingga akhirnya kebersamaan dari kelima sahabat ini membawa mereka pada Praha. Di Praha inilah timbul sebuah masalah yang besar dan apa yang selama ini mereka pendam akhirnya muncul pada permukaan. Dan ternyata masalah yang timbul adalah masalah yang disebabkan karena cinta. Endingnya, Lintang akan menikah dengan salah satu dari mereka yang pernah menjadi sahabatnya dahulu ketika berlima. Siapakah yang akan menikah dengan Lintang? (Source: https://sinopsisfilmbioskopterbaru.com/sinopsis-lengkap-negeri-van-oranje-2015/

Nah yang penasaran, tonton yah. Banyak kisah menarik di film ini. Kita juga menjadi banyak tahu tentang bagaimana cara bertahan hidup di negeri orang yang sangat jauh dari negeri sendiri.

5.    99 Cahaya Di Langit Eropa
99 Cahaya di Langit Eropa" merupakan film religi yang akan mengantarkan kita pada perjalanan Hanum (Acha Septriasa) yang sedang menemani suaminya, Rangga (Abimana Aryasatya) kuliah S3 di Wina, Austria. Awalnya, ia merasa bosan karena tidak ada yang bisa dikerjakan saat suaminya sedang kuliah. Tapi ternyata, semakin ia jauh berjalan, semakin ia menemukan sesuatu yang dapat memberikannya ilmu pengetahuan tentang peradaban sejarah Islam di Eropa. Lewat pertemanannya dengan Fatma (Raline Shah), Hanum dibuat berdecak kagum pada setiap jejak-jejak Islam yang dibawa oleh bangsa Turki di era Merzifonlu Kara Mustafa Pasha dari Kesultanan Utsmaniyah. Dan dari sinilah cerita Hanum bermula.
Dari film ini, tokoh Fatma, Ayse dan Hanum mengajak kita untuk berkeliling kota Wina untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah Islam yang mungkin jarang orang ketahui. Ternyata, hidup menjadi seorang Muslim di negara mayoritas non-Muslim membuat Fatma sulit mendapatkan pekerjaan dan Ayse juga sering mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari teman-temannya. Namun, keyakinan pada Islam membuatnya kuat dan berjalan dengan semestinya. Lewat film ini, kita belajar untuk mengenal apa arti toleransi sebenarnya dan bagaimana cara Muslim yang baik dalam menanggapi orang-orang yang tidak menyukai Islam. Nonton film ini bikin kita kepengen jalan-jalan ke Eropa untuk menelusuri lebih dalam tentang sejarah Islam di sana.
Film ini cukup baik sebagai rekomendasi film religi yang akan mengantarkan kita untuk "melek" pada dunia luar sehingga pemikiran kita tidak dibuat sempit. Masih banyak muslim yang tinggal dan menetap di Eropa, bahkan mungkin di belahan dunia lain yang bertahan, berjuang dan meyakini bahwa agama Islam adalah agama yang tidak akan pernah terpisah dari tubuh dan jiwa mereka. Walaupun populasi mereka tidak banyak, tetapi mereka tetap menjalani hidup sama seperti kita, orang-orang di Indonesia, yang juga shalat di masjid, makan makanan halal, berkumpul keluarga saat lebaran, dan kegiatan lainnya. (Source: https://moeslema.com/2010)

Itulah 5 film Indonesia yang patut untuk ditonton sekaligus bikin baper, serta banyak tersirat nilai-nilai moral dan ilmu pengetahuan. Ga akan nyesel kok nonton film-film tersebut. Yakin deh hihihi

See you in the next post
Bye bye love you all

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah.. Belum pernah nonton semuanya. Terima kasih Informasinya mbak.

    ReplyDelete

Hai berkomentarlah dengan sopan ya. Kata-katamu adalah cerminan dirimu.

Find me:
Instagram: https://www.instagram.com/eva_epl
YouTube: https://www.youtube.com/evaplestari

For Business Inquiries please call me by Email:
eputrilestari@gmail.com