Cara Merawat, Membersihkan, dan Mencerahkan Kulit Wajah dengan Urutan Skincare Malam yang Benar

By Diary Eva - August 19, 2019

night_skincare_routine

Ketika menjelang tidur pada malam hari, apakah kamu sudah rutin membersihkan wajah terlebih dahulu? Jika sudah, lanjutkan terus dan jika belum, yuk biasakan untuk selalu membersihkan wajah dan pakai skincare sebelum tidur. Membersihkan wajah itu sangat penting dalam proses perawatan wajah dan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

Apakah kamu sudah tahu langkah-langkah yang benar dalam membersihkan wajah serta urutan menggunakan skincare? Hmmm kalau kamu masih bingung urutan-urutannya, baca terus tulisan ini supaya kamu tahu.

LANGKAH 1, CLEANSING
Cleansing atau dalam bahasa Indonesia artinya pembersihan. Pada tahap pertama ini, kamu harus membersihkan wajah menggunakan milk cleanser, make up remover, atau micellar water. Karena tujuan dari cleansing itu adalah untuk membersihkan wajah dari sisa make up, debu, maupun kotoran lain yang menempel di wajah selama beraktivitas seharian. Kamu bisa memilih jenis produk untuk cleansing sesuai dengam kondisi kulit wajah kamu.  Saya biasanya menggunakan micellar water dari Garnier yang varian pink. 


LANGKAH 2, WASHING
Washing bisa diartikan mencuci. Jadi dalam hal ini kamu harus membersihkan wajah dengan cara mencuci dengan sabun wajah, facial foam, atau facial wash. Tahap washing ini bertujuan untuk menghilangkan rasa greasy (berminyak) akibat penggunaan produk untuk cleansing, serta untuk memastikan wajah agar benar-benar bersih. Kamu bisa menggunakan sabun wajah yang biasanya kamu gunakan sehari-hari. Ingat, jangan menggunakan sabun mandi. Sedikit tips, untuk pemilik wajah berminyak dan berjerawat pilih sabun wajah yang mengandung oil control dan anti-bacterial properties. Sedangkan untuk wajah sensitif hindari pemakaian sabun wajah yang mengandung parfum. Saya sudah bertahun-tahun memakai produk dari Fair & Lovely, termasuk produk sabun wajahnya. 

Langkah 1 dan 2 itulah yang sering disebut sebagai double cleansing atau pembersihan ganda (2×) karena dengan double cleansing ini dipercaya dapat benar-benar membersihkan wajah hingga pori-pori. 


LANGKAH 3, SCRUBING
Fungsi dari scrubing adalah untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah supaya wajah tidak terlihat kusam. Penggunaan scrub tidak disarankan terlalu sering. Kamu dapat men-scrub wajah kamu hanya 1-2x saja dalam seminggu karena scrub yang terlalu sering justru tidak baik untuk wajah dan dapat mengikis lapisan kulit wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih tipis dan sensitif.


LANGKAH 4, MASKER
Penggunaan masker juga dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat karena dapat memberikan nutrisi yang mungkin belum diperoleh dari produk skincare yang lain. Justru katanya rutin maskeran adalah rahasia cantik dan mulus para perempuan Korea loh. Kamu dapat menggunakan masker 2-3x dalam seminggu. Banyak sekali jenis masker di Indonesia. Pilihlah masker yang sesuai dengan kebutuhkan kulit kamu. Saya menyarankan pakai sheet mask karena selain mudah penggunaannya, nutrisi yang terkandung juga cukup banyak. 


LANGKAH 5, TONER
Ada 2 jenis toner, yaitu Exfoliating Toner dan Hydrating Toner. Exfoliating toner adalah toner yang mengandung acid dan fungsinya untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Jika sudah melakukan scrub, kamu tidak perlu lagi menggunakan Exfoliating toner karena fungsi scrub dan exfoliating toner adalah sama, hanya berbeda bentuk saja. Exfoliating toner berbentuk cair, sedangkan scrub berbentuk cream dengan butiran-butiran kecil yang sedikit kasar.

Setelah menggunakan scrub atau exfoliating toner, kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan hydrating toner. Seperti namanya, toner ini mengandung hyaluronic acid yang berfungsi untuk menghidrasi, menyegarkan, dan melembabkan wajah, serta menyeimbangkan pH kulit. Cara pemakaian toner sangat mudah, yaitu menuangkan ke kapas dan diusap ke seluruh wajah secara lembut. 


LANGKAH 6, SERUM
Serum tidak kalah pentingnya dengan skincare yang lain. Fungsi serum adalah untuk mencerahkan wajah, memberikan nutrisi atau vitamin pada wajah, dan menghambat penuaan dini. Cara penggunaan serum yaitu tuangkan serum pada telapak tangan dan tepuk-tepuk pada seluruh wajah. Jika terdapat pipet, kamu bisa langsung meneteskan serum pada pipi dan dahi, lalu ratakan ke seluruh wajah.


LANGKAH 7, EYECREAM & LIPBALM (OPTIONAL)
Menggunakan eyecream atau krim mata dan lipbalm dapat dilakukan jika ingin menggunakan. Terutama bagi kamu pemilik mata panda sangat disarankan untuk memakai eyecream. Serta kamu pemilik bibir kering juga wajib banget memakai lipbalm pada saat tidur supaya keesokan harinya bibir kembali lembab dan cerah.


LANGKAH 8, MOISTURIZING
Moisturizing sangat penting karena kunci dari kelembaban wajah adalah pada pemakaian moisturizer. Moisturizer berfungsi memberikan kelembaban wajah selama tidur hingga pagi, sehingga wajah tetap lembut dan lembab. Produk moisturizing berbentuk berbagai jenis, mulai dari gel, cream, sampai pada sleeping mask.


Itulah langkah-langkah untuk merawat wajah pada malam hari sebelum tidur. Jika kamu rutin melakukan step by step setiap hari, kamu akan mendapatkan kulit wajah bersih, sehat, dan kenyal.


  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Apalah daya saya yang cuma pake pencuci muka doangan dan berharap muka glowing, wkwkk
    nice info sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya harapanku juga demikian 😝😝

      Delete
  2. Aku juga tipekal orang yang ribet sama ritual night skincare soalnya selain tahapan diatas aku masih pakein beberapa produk lagi seperti essence & sleeping mask. Makanya banyak yang bilang kalo aku kek kerempongan skincare hehehe...padahal mereka gak tau hasilnya bakalan bagus buat kesehatan kulit jug. TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget tapi yah emang harus telaten gitu 😁

      Delete
  3. Saya seringnya sampai ke proses double cleansing aja. Itu pun kalau malasnya kumat washing aja sekalian sikat figi sebelum tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kadang juga gitu hihi double cleansing + sleeping mask kalo ga males. Kalo males double cleansing aja. Kalo udah kulit berasa ga enak banget baru mau rutin lagi 😂

      Delete
  4. Pernah sampai tahap pake serum, tapi apa daya... wajah acne prone ku berontak huhu jadi sekarang bener-bener cuma pake facial wash tok huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake rangkaian skincare untuk kulit yg acne prone aja

      Delete
  5. Hai kak salam kenal ya, ini kali pertama aku ke blog ini. Aku termasuk orang yg rajin buat morning skincare tp untuk malam hari aku paling males, yg penting double cleansing & masker tiap minggu aja. Kalau serum dll malem hari aku nggak telaten sama sekali, udah keburu ngantuk duluan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak salam kenal juga. Makasih udah mampir 😊
      Kebalikannya aku nih. Aku malah tlaten yg malem drpd paginya hehe

      Delete
  6. Di akhir kadang aku tambah sama spot treatment juga haha. Walaupun stepnya banyak tapi buatku skincare-an itu sifatnya therapeutic jadi bikin santai dan rileks :3

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini