MENJAGA DAN MENGHINDARKAN DIRI DARI VIRUS CORONA

By Eva Putri - April 23, 2020

cara_menghindari_virus_corona

Setiap lembaga maupun setiap pemerintahan memerintahkan kita untuk selalu tetap waspada dan menjaga diri supaya tidak sampai ikut tertular COVID-19. Begitu cepatnya virus corona ini berpindah tempat dan menginfeksi seseorang hingga pemerintah pun tidak pernah bosan menghimbau masyarakatnya untuk sebisa mungkin selalu berdiam diri di rumah. Yuk ikuti saja usaha pemerintah tersebut demi memutus rantai persebaran virus corona ini.

Menjaga agar tidak tertular virus corona bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Jika setiap orang punya kesadaran diri untuk menjaga dirinya dan keluarganya masing-masing pasti akan lebih cepat tertangani. Tapi nyatanya tidak semudah itu. Masyarakat bukannya tidak sadar, bukannya tidak takut, namun kebutuhan makan dan kebutuhan sehari-hari tidak bisa ditunda sehingga terpaksa mematikan dan menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran demi bisa bertahan hidup. Aku yakin banyak diantara mereka yang semaksimal mungkin melindungi dirinya selama bekerja.

Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Slogan itu sudah sering sekali kita dengar dan lihat. Ya, kebersihan tetap harus dijaga kapanpun dan dimanapun bahkan saat tidak ada virus berbahaya sekalipun. Saat terjadi wabah virus seperti sekarang ini adalah saatnya untuk meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan. Cuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu cara termudah yang bisa kita lakukan untuk menghindari virus. Cuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, misalnya sebelum makan atau menyentuh makanan, setelah menyentuh barang-barang yang rentan ditempeli virus, setelah memegang hewan peliharaan, dan sebagainya. Buah dan sayur atau apapun yang baru dibeli sebaiknya dicuci jika bisa dicuci.  Pakaian yang dipakai ketika keluar rumah juga sebaiknya langsung direndam dengan detergen atau sabun untuk mematikan virus dan bakteri serta kuman yang menempel disana. Sebelum mengangkat baju bersih pun pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih.  Saat keluar rumah usahakan untuk membawa hand sanitizer. Jika ada tempat yang menyediakan untuk cuci tangan sebaiknya sesegera mungkin cuci tangan. Sudah banyak tempat yang menyediakan air dan sabun untuk kita bisa mencuci tangan. Kalaupoun terpaksa tidak ada tempat cuci tangan, gunakan saja sanitizer sesegera mungkin dan cuci tangan sampainya di rumah atau saat sudah bertemu dengan tempat cuci tangan.

Menerapkan Social Distancing
Social distancing sudah diterapkan sejak awal virus corona ini masuk ke Indonesia hingga muncul tagar #dirumahaja. Menurutku cara ini cukup efektif untuk memutus persebaran virus Corona. Namun, kembali lagi pada alasan-alasan beberapa orang tidak bisa berdiam diri di rumah, jadilah peraturan ini tidak bisa berjalan seefektif mungkin. Kalaupun terpaksa keluar rumah sebaiknya menghindari orang-orang yang berkerumun, mengingat virus corona dapat berpindah ke tubuh orang lain melalui percikan air liur dan ingus. Jika berada di tempat umum dengan orang banyak kita dianjurkan untuk memberi jarak minimal 1 meter karena virus corona tidak hidup di udara. Percikan air liur dan ingus juga tidak melompat dengan jarak 1 meter. Bertemu orang pun juga tidak disarankan untuk berjabat tangan. Kalau ingin menyapa orang lain sapalah saja hanya dengan melambaikan tangan, mengangguk, atau membungkukkan badan.

Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut
Sebelum memastikan tangan bersih, diusahakan untuk tidak menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Organ-organ tersebut merupakan pintu masuk virus ke dalam tubuh manusia karena terdapat cairan atau lendir. Virus dapat hidup dan berkembang di dalam tubuh makhluk hidup. Mengapa begitu? Tentang virus ini sudah aku bahas DISINI

Bersin dan Batuklah dengan Benar
Bersin dan batuk pun ada etikanya bahkan meskipun tidak ada virus berbahaya seperti corona ini, saat batuk dan bersin diusahakan untuk menutup dengan tangan. Namun sekarang dianjurkan untuk menutup mulut dengan siku saat bersin dan batuk jika tidak memakai masker agar percikannya tidak mengenai orang lain. Pakaian pun juga sesegera mungkin di cuci dengan bersih. Masker sekali pakai juga harus dibuang dengan cara yang benar, dibuang di tempat sampah.

Jika Demam, Batuk, Sulit Bernapas Segera Berobat
Demam, batuk, dan sesak napas merupakan beberapa ciri yang muncul saat terinfeksi virus corona. Jika kita mengalami satu atau lebih gejala tersebut, sebaiknya mengisolasi mandiri dulu di rumah. Namun jika selama 7 hingga 14 hari semakin memburuk dan menunjukkan tanda-tanda tidak sembuh sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau unit kesehatan terdekat agar segera diketahui dan bisa mengikuti panduan selanjutnya.

Update Informasi dan Ikuti Saran dari Tenaga Kesehatan
Sebaiknya kita aktif menggali informasi setiap hari tentang perkembangan COVID-19 melalui sumber terpercaya. Informasi bukan untuk menambah kekhawatiran atau ketakutan, tapi dengan informasi terbaru seharusnya dapat menambah kewaspadaan dan meningkatkan usaha-usaha untuk menjaga diri. Waspada boleh, tapi sebaiknya tidak panik berlebihan karena kepanikan dan kekhawatiran berlebih justru dapat menurunkan sistem imunitas yang akhirnya memberikan jalan mudah virus untuk masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai lupa untuk selalu mengikuti anjuran atau saran dari tenaga kesehatan.

Bagi orang-orang yang baru datang dari tempat yang bertanda zona merah atau baru mengunjungi area yang terkena COVID-19 sebaiknya juga mengikuti panduan kesehatan sebagai berikut:

  • Mengikuti panduan kesehatan seperti yang sudah dijabarkan di atas tadi.
  • Tetap di rumah jika mulai merasa tidak sehat bahkan dengan gejala ringan seperti sakit kepala, batuk, flu hingga benar-benar pulih.
  • Jika demam, batuk, sulit bernapas, segera dapatkan saran medis. Beritahukan riwayat perjalanan atau kontak terakhir.
  • Jika ada anggota keluarga yang merasa kurang sehat, cuci pakaian secara terpisah, gunakan sarung tangan saat memegang pakaian kotor dan cuci tangan setelah menyentuh atau melakukan apapun.

Sumber: who.int

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Semoga keadaan Indonesia bisa aman dan kembali seperti sebelum jadi kita bisa aman dan nyaman beraktivitas. Terimakasih informasinya.

    ReplyDelete
  2. Bener banget tips dan cara MENJAGA DAN MENGHINDARKAN DIRI DARI VIRUS CORONA ini. Harus jaga kebersihan dan physical distancing tentunya.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya kuncinya ada di diri sendiri ya, bagaimana kita menjaga kebersihan dan menghindari keramaian itu punya dampak yang besar sekali.

    ReplyDelete
  4. Semoga semuanya cepet membaik ya ka, akhir2 ini aku jadi lebih parnoan, batuk dikit langsung mikirnya yang aneh2

    ReplyDelete
  5. Intinya kita itu harus jaga diri sendiri dulu yang utama, kalo semua orang punya pikiran begini otomatis semua akan jadi aman, semoga pandemi ini segera berlalu... Amin

    ReplyDelete
  6. tiap hari yang positif makin nambah dan yang pulkam mudik juga banyak meskipun dilarang. jalan salah satunya adalah mulai aware dengan kebersihan diri dan tetap dirumah.

    ReplyDelete

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.