25 Aplikasi Bermanfaat Untukku

By Diary Cantikku - April 29, 2020

aplikasi_android_bermanfaat

Saat melihat judul, apa yang ada dipikiran kalian? Haha apakah mual, tertarik, atau bagaimana? Yaa saya akan menyebutkan dan menjelaskan kebermanfaatan 25 aplikasi yang ada di handphone saya. Sebenarnya ada beberapa aplikasi lain, tapi saya rasa 25 inilah yang seringkali saya gunakan dan cukup membantu kehidupan saya dari mental hingga finansial haha.

Chrome
chrome
Aplikasi pertama adalah Chrome. Chrome ini sudah merupakan aplikasi bawaan handphone dan sangat bermanfaat untuk saya dan sebagian besar orang. Sudah tidak asing lagi kan ya, bahwa di aplikasi Chrome kita bisa membuka website-website dan tidak ketinggalan pastinya Google yang selalu menjadi andalan semua orang. Tidak pernah seharipun saya melewatkan membuka aplikasi ini, baik untuk ke Google, website Blogger Perempuan, dan ke website lain yang saya butuhkan setiap hari.

WhatsApp Business
whatsapp
Siapa sih yang tidak tahu dan tidak punya aplikasi chatting bernama WhatsApp ini. WhatsApp sangat membantu saya untuk bisa berkomunikasi dengan teman, suami, saudara, bahkan dengan teman-teman online sesama blogger, youtuber, dan influencer lain. Setiap hari bahkan setiap saat aplikasi WhatsApp ini selalu saya lihat karena selalu ada notifikasi. Oh yaa saya menggunakan WhatsApp Business karena awalnya saya ingin menjadikan nomor WhatsApp saya untuk berjualan. Tidak ada perbedaan banyak dengan WhatsApp biasa, hanya saja pada WhatsApp Business lebih dilengkapi fitur-fitur untuk berjualan seperti deskripsi, jam buka toko, dan lain-lain.

Instagram
instagram
Instagram juga merupakan aplikasi yang tidak pernah absen dari keseharian saya. Sebagai blogger, youtuber, dan influencer pemula yang sedang mengembangkan diri, tentu saja saya sering mengunjungi Instagram. Di Instagram saya bisa mencari apapun, mulai dari berita, gosip, hingga ilmu pengetahuan. Selain itu juga sebagai media branding blog dan YouTube saya. Follow akun Instagram saya DISINI dan jika ingin download di Playstore bisa langsung klik Link ini. Oh yaa saya juga punya akun jualan online disini. Jangan lupa mampir.

Facebook
facebook
Beberapa orang mungkin sudah tidak lagi menggunakan Facebook karena menurut mereka Facebook itu tempatnya anak-anak alay dan tempatnya orang mengeluh tentang kehidupannya. Tapi nyatanya semakin kesini Facebook semakin berkembang dan banyak hal menarik yang bisa didapatkan di Facebook. Bahkan yang ingin menonton film saja bisa di Facebook, tentunya dengan kualitas minim ya. Tapi lumayan bisa mengobati rasa penasaran hehe. Saya sendiri masih aktif menggunakan Facebook. Informasi seputar daerah saya atau mencari resep masak, nonton film, mengetahui kabar teman juga bisa dilakukan di Facebook. Saya juga punya beberapa Fanspage. Yang ingin berteman dengan saya di Facebook nama akunnya Eva P. Lestari dan Fanspage saya Eva Putri Lestari. Di akun pribadi saya gunakan untuk membagikan kehidupan pribadi, sedangkan Fanspage saya gunakan untuk membagikan postingan terbaru saya di blog dan Youtube.

Youtube
youtube
Satu aplikasi ini sedang banyak sekali digandrungi orang, baik sebagai penonton saja atau Content Creator. Saya juga menggunakan aplikasi YOUTUBE untuk berbagai kepentingan. Saat merasa bosan saya membuka YouTube dan mencari video yang menurut saya menarik. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini YouTube menjadi tempat nongkrong banyak oranng. Mencari informasi terkini atau tutorial juga sering saya lakukan melalui YouTube. Saya juga memiliki channel lho di YouTube. Di channel YouTube saya ini saya membagikan pengalaman atau review tentang pemakaian produk kosmetik dan skincare, serta tips-tips cantik lainnya. Jangan lupa mampir yaa hehe

Shopee
Aplikasi Shopee menjadi aplikasi e-commerce favorit saya. Saya sangat senang dan nyaman belanja di online melalui Shopee. Di sini harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan di daerah saya. Saya juga tidak perlu keluar rumah. Cukup pilih-pilih barang, check out, tunggu di rumah deh. Entah sudah berapa kali saya belanja di Shopee, sudah tidak terhitung lagi haha. Saya juga punya toko di Shopee lho tapi belum banyak barang yang diunggah karena biasanya barang akan diupload kalau pembeli ingin membeli melalui Shopee. Untuk akun jualan saya lebih aktif di Instagram yaa link nya sudah saya berikan di atas tadi.

Shopback
Sumber: pinpng.com
Sudah tahu aplikasi Shopback apa belum nih? Di Shopback ini kita bisa mendapatkan cashback dari belanja online. Saya suka sekali pakai aplikasi ini dan tidak pernah lupa menggunakan aplikasi ini saat belanja online. Lumayan kan yaa belanja dapat cashback. Setelah cashbacknya terkumpul bisa ditarik menjadi pulsa dan bisa juga ditarik ke rekening. Menarik kan? Caranya pun sangat mudah. Sebelum membuka aplikasi e-commerce, pastikan membuka aplikasi Shopback dulu dan nanti langsung diarahkan ke aplikasi e-commerce yang kalian gunakan. Banyak sekali aplikasi e-commerce yang mendukung, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, dsb. Nah kalau kalian tertarik mencoba langsung aja Klik link ini yaa

Pomona
Apa tuh Pomona? Masih asing atau sudah tahu? Hampir mirip seperti Shopback, Pomona ini aplikasi yang juga dapat menghasilkan cashback dari belanjaan kita. Bedanya, kalau Shopback belanja Online, kalau Pomona belanja offline. Kita tinggal memfoto struk belanja, dimasukkan ke aplikasi Pomona, tinggal tunggu deh apakah belanjaan bisa dapat cashback atau tidak. Lebih gampang daripada Shopback. Pencairannya juga bisa melalui pulsa, Go Pay atau bank. Saya sudah pernah mencairkan menjadi pulsa dan saat ini sedang bersabar menunggu hingga 50ribu supaya bisa ditarik ke rekening bank karena minimal penarikan ke rekening bank yaitu 50ribu. Sedangkan pulsa hanya 11ribu sudah termasuk biaya admin.

Gmail
Sumber: freepnglogos.com
Aplikasi Gmail merupakan aplikasi bawaan handphone. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menerima email-email dari orang atau brand. Saya bisa berlangganan menerima newsletter dari brand yang saya sukai. Termasuk promo-promo dari berbagai macam e-commerce. Dengan aplikasi Gmail, mengecek email menjadi lebih mudah.

Pinterest
Sumber: pngimg.com
Aplikasi Pinterest cukup membantu saya saat tidak ada atau kekurangan ide. Di Pinterest ini kita bisa mendapatkan gambar-gambar cantik yang bisa menjadi inspirasi. Saya biasanya mencari ide untuk Instagram, blog, ataupun YouTube saya dari sini. Wallpaper pun terkadang saya dapat dari sini, baik wallpaper handphone atau wallpaper untuk editing foto. Bagi yang senang mendekorasi, seperti dekorasi rumah, ruangan-ruangan, atau dekorasi apapun bisa banget mencari inspirasi dari Pinterest ini.

Spotify
Sumber: pinpng.com
Spotify adalah aplikasi pemutar musik online. Bisa secara gratis dan juga berbayar. Kalau tidak suka banyak iklan bisa pilih yang berbayar. Tapi saya menggunakan layanan gratisnya saja sudah cukup hehe. Dulu mengoleksi lagu-lagu dan menyimpannya di HP satu-satunya cara yang bisa saya lakukan. Karena sekarang HP sudah tidak pakai memori card dan saya rasa kurang efektif, akhirnya saya berpindah ke aplikasi musik online. Awalnya hanya mencoba tapi ternyata nyaman hingga sekarang. Yang paling saya sukai dengan menggunakan aplikasi Spotify ini salah satunya bisa mengetahui lagu-lagu yang sedang viral baik di Indonesia maupun mancanegara. Dan itu otomatis. Mudah sekali. Kita tidak perlu repot-repot mencari kesana kesini lagu terbaru atau terpopuler bulan ini. Selain itu juga bisa membuat album sendiri dan bisa diisi dengan lagu-lagu yang saya suka. Apalagi nih saya orangnya tidak telaten kalau harus mencari-cari lagu. Ya Spotify ini deh solusinya.

VIU
VIU ini juga merupakan aplikasi hiburan. Disini saya bisa menonton film atau drama Korea. Sebenarnya belum lama VIU ada di handphone saya. Tapi sudah penasaran dari dulu. Kenapa akhirnya saya memutuskan untuk mendownload VIU? Yaa karena penasaran dengan drama Korea yang sedang viral yaitu A World of Married Couple. Iklannya sering wara-wiri di media sosial. Akhirnya download dan sekarang menjadi penghibur saya saat bosan hehe.

Flo
Sumber: clipartmax.com
Bagi sebagian perempuan mungkin ada yang juga pakai aplikasi ini. Betul sekali, ini adalah aplikasi yang menemani para perempuan untuk menandai tanggal menstruasi, mengetahui masa subur, dan juga bisa untuk ibu yang sedang hamil. Saya menggunakan aplikasi ini karena sedang mengalami masalah dengan menstruasi dan harus selalu ingat tanggal menstruasi. Cukup membantu bagi saya. Di aplikasi ini juga menunjukkan kapan seharusnya saya mengalami masa subur, dan juga berapa hari terlambat menstruasi. Dengan aplikasi ini saya tidak perlu mencatat tanggal secara manual dan lebih mudah untuk mengingatnya.

Kitabisa
Sumber: pngfind.com
Pasti sudah banyak yang tidak asing dengan aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini membantu saya untuk berdonasi dan berbagi kepada saudara kita yang kurang beruntung. Di situ banyak donasi untuk orang sakit, pembangunan masjid, pembangunan panti asuhan, pembangunan sekolah, dan lain sebagainya. Saya tinggal memilih saja ingin berdonasi kepada siapa. Nominal donasinya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan, minimal Rp. 1000. Angka yang sangat kecil tapi sudah bisa berusaha membantu orang yang membutuhkan. Apalagi selama pandemi ini banyak sekali penggalangan dana untuk berbagai golongan. Saya sangat senang berbagi melalui aplikasi Kitabisa.

Kinemaster
Sumber: cleanpng.com
Aplikasi ini sudah cukup lama saya gunakan. Semenjak mulai membuat channel YouTube, saya menggunakan aplikasi KineMaster untuk mengedit video sebelum diunggah ke YouTube. Aplikasi ini sangat mudah digunakan terutama untuk pemula seperti saya. Sama sekali tidak mengalami kebingungan sejak pakai aplikasi ini. Menu-menunya sederhana Banyakdan mudah dipahami siapapun. Banyak lho Youtuber yang juga menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video mereka.

Canva
Sumber: pikpng.com

Canva sangat bermanfaat bagi saya. Di Canva ini biasanya saya mengedit foto produk jualan untuk diunggah di Instagram. Selain itu untuk membuat feed Instagram pribadi juga masih menggunakan Canva. Tidak hanya itu. Teman-teman blogger juga pasti banyak yang menggunakan Canva untuk mendesain gambar yang akan digunakan di blog karena di aplikasi Canva ini sangat lengkap untuk desain. Bahkan tidak lupa untuk membuat tumbnail YouTube saya juga menggunakan Canva ini. Banyak sekali template tersedia, tinggal edit saja sesuai kebutuhan.

PhotoLayers
PhotoLayers sangat membantu saya menghapus background. Tidak terlalu sering saya gunakan. Hanya saat akan membuat tumbnail YouTube saja. Tapi meskipun tidak terlalu sering saya gunakan, saya kebingungan menghapus background foto tanpa aplikasi ini hehe. Cukup mudah menghapus background dengan aplikasi PhotoLayers. Saya pernah beberapa kali mencoba menggunakan aplikasi penghapus background, tapi belum menemukan yang semudah PhotoLayers.

9Square
Terakhir saya melihat namanya sudah berganti menjadi Grid untuk Instagram 
Berhubungan dengan Canva dan PhotoLayers, tentu saja tidak terlepas dari 9Square. 9Square ini berfungsi untuk memecah gambar menjadi 3, 6, 9, atau 12 sesuai dengan feed Instagram. Biasanya saya menggunakan 9Square untuk mengunggah foot produk jualan supaya feed Instagram terlihat lebih menarik. Selain itu, untuk feed Instagram pribadi saya pun terkadang masih menggunakan 9Square.

VSCO
VSCO sudah cukup lama tinggal di handphone saya. VSCO ini adalah aplikasi untuk memberikan efek ke foto. Foto yang awalnya biasa saja, gelap, setelah diolah dengan VSCO akan menjadi lebih cantik dan ala-ala Tumblr. Efeknya banyak sekali tinggal pilih sesuai keinginan, edit-edit sedikit, siap deh untuk diupload. Kalau masih bingung menentukan warna yang pas, bisa mencari tutorial di YouTube, Instagram atau Pinterest banyak banget disana. Oh iya VSCO ini ada versi premium dan gratis. Kalau yang premium lebih banyak efek yang disediakan. Kenapa tidak mencoba aplikasi edit foto yang lain? Saya sudah terlanjur nyaman dengan VSCO dan sudah cukup hafal dengan fitur-fiturnya. Jadi yaa saya bertahan di sini.

Follower Analyzer
Follower Analyzer sangat membantu untuk mengetahui siapa saja yang meng-unfollow Instagram saya. Tapi sayangnya tidak bisa balas unfollow dari aplikasi ini. Kalau ingin unfollow harus secara manual melalui Instagram, tapi itu tidak menjadi masalah buat saya. Selama ini masih senang dan nyaman dengan aplikasi ini. Hayoo yang suka main follow unfollow kelihatan loh

The Sims
Ada yang tahu ini aplikasi apa? Yap ini adalah aplikasi game online haha. Game ini tentang kehidupan seseorang. Dalam game ini kita bisa menciptakan karakter manusia sesuai yang kita inginkan. Kemudian menjalani aktivitas-aktivitas untuk mendapatkan uang atau koin, dimana uang atau koinnya itu nanti bisa digunakan untuk membeli perabotan rumahnya, pakaiannya dan lain sebagainya. Kenapa saya masukkan ke list? Ya karena memang aplikasi ini berguna buat menemani saat saya sedang bosan dan jenuh. Belum lama saya gunakan The Sims ini, tapi saat ini saya masih menikmatinya hehe. Ada rekomendasi game menarik lainnya? Koment yaa

Wattpad
Sudah banyak yang mengenal Wattpad apalagi yang suka membaca novel pasti tidak asing dengan Wattpad. Wattpad cukup berguna untuk menemani waktu yang membosankan. Di sini ada banyak sekali novel maupun tulisan-tulisan lain dari berbagai genre. Saya lebih suka membaca novel bergence romance adult. Pengarang favorit saya yaitu Faradita dan bukunya berjudul Invalidite. Novel itu merupakan novel yang pertama kali saya baca saat menggunakan Wattpad dan sesuka itu. Akhirnya saya sering membaca novel karya Faradita ini. Oh ya yang belum tahu novel Invalidite, mungkin tahu film Sins yang belum terlalu lama juga tayang di bioskop. Nah Faradita ini lah penulis novel Sins yang difilm kan itu.

Flip
Flip sangat berguna untuk transfer ke rekening bank lain. Biasanya kalau transfer ke rekening bank yang berbeda akan dikenakan biaya 5000 hingga 6500 an. Tapi dengan Flip ini tidak ada biaya sama sekali. Memang caranya lebih ribet dibandingkan cara biasa, tapi lumayan kan bisa menyelamatkan uang 6500 hihi. Saya menggunakan Flip kalau akan mengisi saldo pulsa tapi ternyata bank yang sama dengan rekening saya sedang ada gangguan, nah saya menggunakan Flip ini. Beberapa kali saya menggunakan dan aman-aman saja karena tidak perlu memasukkan PIN atau atribut bank lainnya.

BRI Mobile
Berhubungan dengan Flip, tentu saja saya menggunakan aplikasi mobile banking. Karena rekening saya BRI, ya saya menggunakan BRI Mobile dong. Tentu saja aplikasi seperti ini sangat membantu kalau ingin melakukan perbankingan.  Apalagi di musim COVID-19 ini cukup berbahaya memegang mesin ATM, salah satu cara termudahnya menggunakan aplikasi banking mobile. Tidak perlu keluar rumah, transaksi cukup hanya dalam genggaman.

Fat Secret
Aplikasi yang terakhir ini merupakan aplikasi pendamping dalam mengatur pola makan. Jujur saja, beberapa bulan terakhir ini saya berusaha mengatur pola makan karena ada sebuah tujuan tertentu. Nah si Fat Secret ini membantu saya menghitung kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang saya makan. Hanya memasukkan nama makanan dan jumlah yang dimakan sudah tertera kalorinya. Aplikasi ini sangat membantu untuk yang sedang melakukan program diet. Disana juga banyak orang-orang yang sedang diet dan membagikan resep makanan sehat ala mereka.

Tanpa saya sadari ternyata banyak sekali aplikasi yang ada di handphone saya. Itu belum semua loh. Ada beberapa aplikasi yang masih nangkring cantik tapi jarang digunakan hihi. Ada aplikasi yang kalian gunakan juga atau tidak nih? Coba  ceritakan kalian menggunakan aplikasi apa saja yang bermanfaat untuk keseharian kalian.

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. wah infonya sangat bermanfaat nih buat aku yang pemula di blog, youtube atopun instagram

    ReplyDelete
  2. rata-rata saya udh menginstall applikasi di atas, beberapa yg menjadi ladang penghasilan bagi saya hihii

    ReplyDelete
  3. Wuaaa. Aku syukak kak. Jadi ada beberapa aplikasi yang aku cari cari selama ini dan aku baru tau ada aplikasi kayak GT an. Thanks lho kak sharing nyaaa

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru tau aplikasi Flo itu.. kayaknya butuh nih. Soalnya suka lupa tanggal menstruasi krn gak teratur

    ReplyDelete
  5. Mirip-mirip nih aplikasinya dengan punyaku. Tapi untuk edit foto aku lebih suka Lightroom terus Inshot buat video editing

    ReplyDelete
  6. Beberapa aplikasinya sudah saya download. Spotivy dan untuk edit layer foto ini menarik juga. Secara, nyimpan lagu di memori hp itu bijin berat hp. Nah penghapus background ini praktis nih buat edit gambar. Trims ya infonya.

    ReplyDelete
  7. Ada beberapa aplikasi yang sudah ku download, mau tanya dong say tentang pinterest... udah punya aplikasi itu sih cuma ga pernah online dan aktif, itu caranya bisa jadi gambar instagram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi aku belum pernah nyoba bikin, kadang cuma dipake buat nyari inspirasi aja hehe

      Delete
  8. Hampir sama aplikasi yang sering di gunakan seperti whatsapp, shopee, instagram, twitter, dan lain²

    ReplyDelete
  9. Hampir semua appnya aku jg pake kecuali yg flo sama WhatsApp bussiness q gak instal di hape

    ReplyDelete

Hai berkomentarlah dengan sopan ya. Kata-katamu adalah cerminan dirimu.

Find me:
Instagram: https://www.instagram.com/eva_epl
YouTube: https://www.youtube.com/evaplestari

For Business Inquiries please call me by Email:
eputrilestari@gmail.com