[Review] COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

By Eva Putri - April 20, 2020


Toner adalah salah satu rangkaian basic skincare yang diaplikasikan setelah mencuci wajah dengan facial wash atau facial foam. Fungsi toner itu sendiri juga bermacam-macam, tergantung jenis tonernya. Ada toner yang berfungsi sebagai hydrating toner (melembabkan) dan ada juga yang berfungsi sebagai exfoliating toner.

Selain dilihat dari fungsinya, macam-macam toner juga berbeda sesuai dengan jenis atau tipe kulit, misalnya toner untuk kulit berminyak dan berjerawat akan berbeda dengan toner untuk kulit kering dan sensitif. Bahkan di zaman yang serba modern ini ada juga toner yang cocok untuk digunakan di segala jenis kulit.

Kalau ditanya toner terbaik, aku tidak bisa menjawab karena menurutku tidak ada toner terbaik. Terbaik untuk beberapa orang tapi tidak baik untuk beberapa orang yang lain. Begitu juga sebaliknya. Tidak akan menjadi terbaik kan? hihi. Menurutku, terbaik atau tidaknya produk hanyalah untuk masing-masing orang tidak bisa disamaratakan karena seperti yang kita tahu bahwa reaksi produk pada setiap kulit akan berbeda-beda.

Aku sebagai perempuan selalu ingin cantik, salah satu caranya yaitu dengan merawat kulit dengan menggunakan skincare. Tapi skincare yang aku pakai sejauh ini hanya sebatas produk yang tergolong dengan kandungan bahan-bahan ringan. Aku masih terlalu takut untuk mencoba skincare dengan bahan yang agak berat. Takut kalau kulit wajahku yang awalnya tidak ada masalah ini justru akan menjadi bermasalah.

Beberapa waktu lalu aku nekat mencoba toner dari brand Korea yaitu COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner karena teracuni oleh seorang beauty vlogger. Biasanya sebelum beli selalu lebih banyak berpikir, tapi saat itu saking inginnya punya toner, langsung saja order di online shop tanpa pikir panjang. Aku belum pernah menggunakan toner sebelumnya, nah makanya ada rasa takut tidak cocok saat akan mencoba produk baru, termasuk COSRX toner ini.

cosrx_centella_water_alcohol_free_toner
COSRX
CENTELLA WATER ALCOHOL-FREE TONER
Rp. 120.000
Beli di: Sociolla
Netto: 150 ml

PACKAGING
Sama halnya seperti produk Korea pada umumnya, packaging brand Korea selalu eye catching banget. COSRX Centella Toner ini hadir dengan packaging luar berupa box kertas doff tebal berwarna putih bersih dengan sedikit kombinasi warna hijau dan hitam di bagian tulisan nama produk dan klaim singkat.

Dibagian sisi box kanan dan kiri tertera keterangan seperti klaim, cara penggunaan, kandungan bahan, dan peringatan. Semuanya tertulis dengan Bahasa Inggris dan Korea tentunya. Tapi produk yang aku beli ini ada stiker tambahan yang (sepertinya) dipasang oleh distributornya yaitu Sociolla. Keterangan pada stiker ini membantu banget untuk kita para konsumen yang kurang pinter berbahasa asing karena keterangannya menggunakan Bahasa Indonesia hihi. I love this. Secara keseluruhan kotak luarnya ini oke banget, simpel tapi tetep terlihat mahal.

toner_untuk_kulit_kering_dan_berjerawat
Tertera nama produk dan klaim singkat produk ini
Sebagian keterangan pada badan botol bagian bawah. Tertulis dengan bahasa Inggris dan Korea
Packaging dalamnya yaitu menggunakan botol plastik berbentuk spray, berwarna putih, bukan putih gelap tapi agak transparan jadi isinya bisa dilihat dari luar, masih ada seberapa banyak. Ada beberapa stiker dan tulisan juga di badan botol tapi tidak sebanyak pada packaging luar. Ukuran botolnya cukup besar dan tinggi, sepertinya kurang pas kalau dibawa bepergian karena pasti bakalan makan tempat banyak. Kalau terpaksa ingin membawa bepergian akan lebih baik kalau dipindahkan ke botol spray yang lebih kecil.
Tutup berbentuk spray

INGREDIENTS
Bahan utama yang diunggulkan oleh toner COSRX ini yaitu 10% ekstrak daun Centella asiatica dan 82% air mineral dari Pulau Jeju. Centella asiatica beberapa waktu lalu sempat jadi trending dalam dunia per-beauty-an dan banyak digandrungi oleh pencinta skincare karena dipercaya banyak banget manfaatnya, beberapa diantaranya yaitu dapat menenangkan kulit yang stress dan iritasi, serta dapat membantu menghidrasi kulit. 
Sedangkan air mineral Jeju efektif untuk memperbaiki kondisi kulit dan memberikan nutrisi vitamin dan mineral baik yang dibutuhkan kulit. So, manfaat ini diklaim ada pada toner COSRX ini. Oh ya berdasarkan kandungan dan fungsinya, berarti toner COSRX ini merupakan jenis hydrating toner. Pada keterangan tidak tertulis dapat digunakan untuk kulit kering saja, normal, berminyak saja atau kombinasi. Tapi tertulis cocok juga untuk kulit sensitif. Aku rasa toner ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit termasuk kulit sensitif.

CARA PAKAI
Cara pemakaian toner COSRX ini ada dua cara yaitu sebagai toner dan sebagai face mist. Jika digunakan sebagai toner, setelah 
membersihkan wajah dengan facial foam, cukup usapkan toner ke wajah menggunakan kapas. Dan jika ingin digunakan sebagai face mist, langsung disemprotkan saja ke wajah saat cuaca yang panas atau ditengah sibuknya beraktivitas. Aku sendiri hanya menggunakannya sebagai toner saja dan itupun jarang, bahkan hampir tidak pernah menyemprotkan sebagai face mist. 

ISI
Teksturnya berbentuk seperti air biasa berwarna bening. Saat disemprotkan ke wajah pun tidak ada rasa aneh dan juga tidak beraroma. Aku tidak ada masalah dengan isinya sebenarnya, baik tekstur maupun aromanya. Aku sangat berharap produk ini akan work di kulit wajahku yang agak susah beradaptasi dengan produk baru.

HASIL PEMAKAIAN
Sampailah pada bagian yang sering dicari-cari hihihi yups hasil pemakaian. Oh yaa sorry banget aku tidak memberikan foto before after disini karena lupa hiks asal pakai gitu aja.

Karena memang niat awalnya ingin aku gunakan sebagai toner, jadi aku mengaplikasikan menggunakan kapas. Hari pertama pakai masih belum ada reaksi apapun. Yang aku rasakan hanya rasa segar, tidak ada rasa lengket ataupun rasa aneh lainnya. Aromanya pun tidak ada. Berharap semoga kulit wajahku akan segera lembab dan menjadi lebih baik.

Hari kedua masih kulanjutkan pemakaian sebagai toner sebagai skincare pagi dan malam. Nah keesokan paginya muncul deh jerawat kecil. Udah agak panik dong. Skincare ku sama seperti biasanya, hanya ketambahan si toner ini, eh tapi kok tiba-tiba muncul jerawat. Aku masih berpositive thinking aja lah, aku pikir itu hanyalah jerawat hormonal yang biasa keluar saat mendekati datang bulan atau memang detoks kulitku yang akan menjadi lebih baik.

Hari ketiga lanjut lagi aku gunain sebagai toner skincare pagi dan malam. Dan what? Keesokan paginya jerawatku tambah lagi dong. Tambah panik dan langsung berfikiran buruk tentang si toner ini. Oke fix aku ingin stop dulu sementara untuk melihat apakah jerawatku sembuh ataukah tidak setelah berhenti menggunakan toner ini. Dan yaaa jerawat tidak bertambah banyak, justru pelan-pelan sembuh.

Nah tidak cukup sampai disitu rasa penasaranku. Setelah jerawat hilang, aku nekat mencoba lagi toner ini tapi dengan ku semprot langsung tanpa menggunakan kapas. Aku berfikir mungkin bisa saja jerawat kemarin muncul karena tangan atau kapas aku yang kurang bersih. Makanya aku lanjut lagi tanpa harus menyentuh wajah untuk mengaplikasikannya. Dan mengejutkan, hari kedua setelah pemakaian, jerawat kecil-kecil mulai muncul lagi. Aku kesel dong. Ternyata bukan tangan atau kapas kurang bersih yang menyebabkan jerawat, tapi justru dari si toner ini. Akhirnya aku stop pemakaian agak lama.

Nah setelah kulit wajahku kembali membaik, aku masih mencoba lagi dan yaa ceritanya sama, muncul jerawat lagi, stop pemakaian lagi, dan akhirnya udah stop sampai sekarang aku menulis review ini. Nekatan banget kan aku wkwkwk

Tapi nih yaa jangan takut kalau belum mencoba. Banyak juga yang mengatakan mereka cocok dan kulitnya membaik dengan pakai toner ini, ada juga yang mengatakan tidak ada reaksi apapun, tidak bertambah baik, tapi juga tidak ada efek buruk. Kalau penasaran ingin coba, mending beli dulu yang share in jar. Kalau cocok baru deh beli yang full size. Kesalahanku juga sih. Biasanya sebelum beli skincare, apalagi yang harganya mahal, aku selalu beli share in jar nya dulu buat tes cocok atau tidak tapi kali ini langsung aja beli, sudah terlalu yakin bakalan cocok tapi ternyata haha

Oh yaa ini isinya masih banyak banget, masih hampir penuh. Aku pengen preloved in saja kalau ada yang mau. Aku belinya di Sociolla dengan harga 120ribu, kena murah karena lagi ada diskon besar. Aku preloved 70ribu aja kalau ada yang mau bisa komentar yaa nanti aku kasih no WhatsApp biar bisa kontak lebih lanjut. Lumayan loh masih ada sisa lebih dari setengah botol.

Recommended atau tidaknya tergantung kulit sih cocok atau tidak. Kalau aku jelas no ya, karena ternyata di kulit wajahku tidak cocok.
Terimakasih sudah baca curhatanku.
Love you all

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Haha postingan yg menarik mbak. Kirain mba mau recommend toner ini terbukti bgs��
    Sy jg klo pake toner malah muka jadi item g tau kenapa .. o iya salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk ceritakan apa adanya aja deh mba emang kenyataannya gitu. Salam kenal juga yaa

      Delete
  2. Aku juga aslinya pengen cantik. Pengen pake ini dan itu. Tapi banyakan takutnya. Coba-coba produk nanti malah bikin kulit wajah rusak. Toner pun belum pernah coba. Baru pakai cream flawless niswah, syukurnya cocok aja. Wajah lebih kencang terawat. Ulasannya ada di blog aku kalau mau baca ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. nice review aku bafu bgt pengen coba produk ini krna tergiur diskon di sociolla 🤭

    ReplyDelete
  4. Wah sayang banget ya ga cocok :(

    ReplyDelete
  5. Padahal centella asiatica biasanya dipakai buat obat jerawat ya? Padahal ini masuk wish-list. Tapi masih dipikir lagi deh daripada breakout

    ReplyDelete
  6. aku lebih seneng koleksi skincare daripada makeup hiihihi.apalagi skin care korea pasti kualitasnya ok punya. COSRX Centella Toner dari kemasannya cantik banget ya dan harganya ya lumayan lah ya..

    ReplyDelete
  7. Suka sama review nya kak, memang cocok-cocokan ya pakai skincare setiap kulit orang beda-beda

    ReplyDelete
  8. coba share di sosmed kak, atau e-commerce, biasanya ada aja yg cari preloved disana apalagi yg udah cocok dg produknya. Sayang-sayang masih banyak ga terpakai dan expired gitu :(

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka takut pakai produk baru kalo ga cocok sama kulitku

    ReplyDelete
  10. Iya aku juga cocok-cocokan nih pakai toner. apalagi kalau ada alkoholnya. yang ini padahal free alkohol ya.

    ReplyDelete
  11. Kayak menggugah hati untuk segera mencoba nih. Masalah wajahku ini berminyak dan jerawat an GT kak. Jadi sensitif banget

    ReplyDelete
  12. hai kak apakah tonernya masih? aku mau tanya tanya via wa, Thankyou^^

    ReplyDelete

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.