Lakukan Ini Untuk Menghilangkan Kebosanan Di Rumah

By Diary Eva - April 27, 2020


Bagaimana satu bulan di rumah saja? sudah pada tingkat kejenuhan dan kebosanan akut atau belum? Hihi jangan sampai ya. Usahakan untuk selalu mencari kegiatan positif dan mencari cara untuk menghilangkan kebosanan selama tinggal di rumah. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah supaya stay at home nya tidak menjadi sangat menjenuhkan.

Bagi saya pribadi sebenarnya bukan hal yang baru atau aneh ketika harus berdiam diri di rumah karena sehari-hari saya lebih sering di rumah daripada di luar. Saat ada anjuran untuk di rumah saja tentu saja saya tidak kaget dong, hanya yang akan menjadi beban pikiran saya adalah orang tua yang tidak bisa bekerja. Karena kita tinggal di desa dan untungnya harga bahan pangan masih tergolong terjangkau, hingga saat ini masih bisa cukup bertahan meskipun berat.

Bagi masyarakat desa, aturan untuk di rumah saja bukan menjadi hal baru. Mereka tidak sering berkunjung ke tempat umum, kecuali pasar. Itupun tidak setiap hari. Orang-orang desa lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk menggarap sawah, ladang, atau kebun. Dan selama melakukan kegiatan tersebut tidak berkumpul dengan banyak orang, jadi masih aman. Tapi bagaimana nih dengan masyarakat kota yang kegiatannya seringkali melibatkan orang banyak? Keluar rumah sedikit ketemu orang banyak, makanya harus tetap stay di rumah saja. Bosan kan yaa di rumah aja. Tidak seperti masyarakat desa yang masih bisa refreshing ke sawah, kebun, lading, hutan.

Ada beberapa cara atau kegiatan nih yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan ketika harus terus beraktivitas di dalam rumah. Tentu tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang perkotaan saja, orang pedesaan pun juga dapat melakukan kegiatan berikut agar kegiatannya semakin bervariasi.

Nonton film favorit
Untuk aktivitas yang satu ini  paling banyak dilakukan. Ketika merasa bosan, jenuh, langsung deh ingat film yang belum sempat ditonton. Sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan film berbagai genre untuk ditonton. Tinggal pilih saja, dicoba-coba sendiri atau bisa menggunakan aplikasi streaming film yang direkomendasikan oleh teman atau saudara. Bahkan akhir-akhir ini sedang viral drama Korea yang (katanya) bisa membuat emosi naik turun, yak tidak salah lagi drama Korea berjudul A World of Married Couple. Saya pun yang suka nonton drama Korea akhirnya ikut nonton juga hehe. Kalian ikut nonton juga apa tidak nih?

Kembangkan hobi
Mumpung sedang di rumah manfaatkan waktunya untuk menekuni hobi saja. Biasanya kalau sudah melakukan hobi akan betah sekali berjam-jam disitu. Apalagi kalau hobimu itu bisa menghasilkan uang, wah semakin semangat dong harusnya menekuni hobi. Selain karena memang hobi sejak lama, banyak juga muncul hobi-hobi baru selama di rumah saja. Misalnya nih banyak perempuan-perempuan yang mendadak menjadi senang memasak dan akhirnya menjadikan kegiatan memasak sebagai hobi barunya. Ada juga yang menjadi suka menanam tanaman dalam rumah atau depan rumah dan setiap hari merawatnya. Lakukan saja apa yang membuat senang, asalkan itu hal positif dan bermanfaat.

Mencoba resep ala café
Yang satu ini sudah sempat saya singgung di atas tadi, masih berhubungan dengan memasak. Kalau mulai bosan memasak resep-resep rumahan, boleh nih mencoba resep-resep baru ala-ala café, menyajikan di piring atau mangkuk seperti di café. Makanan atau minuman di café biasanya terlihat sangat menarik, kan? Nah ketika mencoba hal baru dan berhasil, pasti menjadi kebanggaan tersendiri.

Olahraga
Kegiatan olahraga juga bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Biasanya tidak bisa berolahraga dengan alasan sibuk bekerja seharian. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa berolahraga. Banyak macam olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti senam, aerobic, zumba, workout, dan lain-lain. Instrukturnya bisa menggunakan video saja. Banyak sekali video olahraga di Youtube, tinggal disesuaikan mau yang olahraga seperti apa. Dengan begitu, meskipun di rumah terus tetap sehat dan langsing hihi

Ikuti challenge di sosmed
Semakin kesini teknologi semakin berkembang. Aplikasi-aplikasi smartphone semakin banyak dan orang-orang pun semakin kreatif. Sekarang ini banyak orang yang berlomba-lomba membuat challenge di media sosial. Akhir-akhir ini sedang viral juga pass the brush challenge yang bermula dari video Tiktoknya beauty influencer kondang, Tasya Farasya. Langsung deh banyak yang meniru challenge itu. Bahkan juga banyak yang berkreasi tidak hanya menggunakan brush makeup tapi juga menggunakan alat yang lain. Nah, kalau bosan di rumah bisa sekali-kali mencoba challenge-challenge seperti itu kan.

Membuat suasana rumah senyaman mungkin
Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu membuat suasana senyaman mungkin. Suasana yang nyaman biasanya akan meningkatkan mood baik dan semangat kita. Daripada bosan dan jenuh, mending gunakan waktunya untuk menata rumah, membuat rumah lebih nyaman, misalnya dengan memberikan wewangian di dalam rumah. Aroma wangi bisa mengembalikan mood yang sedang memburuk lho. Selain itu juga bisa menata tanaman di dalam rumah. Beberapa jenis tanaman dapat menyerap racun dan membersihkan udara di dalam rumah, juga membuat mata serta suasana sejuk.
Jendela juga perlu diperhatikan nih. Jendela harus tetap dalam keadaan bersih dan usahakan ada cahaya matahari masuk ke dalam rumah melalui jendela.

Nah, banyak kan kegiatan yang bisa dilakukan di saat bosan atau saat nganggur. Kalau kalian apa saja kegiatannya selama di rumah? 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini