MENEBAR KEBAIKAN SAAT PANDEMI COVID-19

By Eva Putri - April 22, 2020


Suatu wilayah yang sedang mengalami wabah tentu saja banyak membutuhkan bantuan baik dari segi materi maupun non materi. Inilah kesempatan untuk saling berbagi dan memperbanyak amal kebaikan. Seperti saat ini sedang terjadi wabah COVID-19 di berbagai daerah tepat sekali untuk kita menebar banyak kebaikan untuk sesama. Banyak orang yang tidak bisa bekerja demi berperan serta menekan penyebaran virus penyebab COVID-19 ini. Ada juga yang harus diam di rumah melakukan isolasi mandiri, namun masih ada orang-orang yang tetap keluar rumah bekerja untuk menyambung kehidupan. Aku tidak ingin berkomentar banyak atas apa yang sedang terjadi saat ini.

Sedikit bantuan yang kita berikan di masa seperti ini akan sangat membantu beban orang lain. Bagi kita yang tidak berdampak alangkah baiknya jika ikut membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang terkena dampak wabah ini. Cukup lakukan hal-hal yang bisa dilakukan, sedikit atau banyak pasti akan sangat disyukuri oleh siapapun yang kita bantu. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan jika ingin benar-benar membantu meringankan beban saudara-saudara kita.

Memberikan makanan


Setiap manusia tidak bisa lepas dari makanan. Kebutuhan pokok yang bisa kita berikan kepada orang lain salah satunya adalah makanan, baik itu berupa bahan atau makanan siap makan karena merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa ditunda. Banyak sekali orang yang bisa kita bantu dengan makanan, misalnya tetangga atau orang yang tidak bisa bekerja dan sama sekali tidak bisa mendapatkan penghasilan, atau orang yang harus melakukan isolasi mandiri. Selain itu, menyediakan makanan gratis kepada para pekerja jalanan pun tentu sangat membahagiakan mereka, seperti tukang ojek, sopir angkutan, sopir Taxi, tukang becak, dan sebagainya. Pernah aku menjumpai ada kotak makanan gratis di sebuah tempat di pinggir jalan dan di halaman sebuah masjid. Disitu tersedia kotak untuk menaruh makanan bungkus, siapa saja boleh memberikan, demikian juga siapa saja boleh mengambil secara gratis. Bagi yang merasa keberatan untuk menyumbang makanan dalam jumlah banyak, bisa mencontoh cara ini. Misalnya, beberapa orang bersepakat untuk menyediakan makanan bungkus sesuai kemampuannya dan dikumpulkan bersama-sama dalam sebuah kotak makan gratis tersebut.  Dengan begitu saja kita sudah berbagi kan?

Memberikan donasi


Penggalangan dana sudah cukup banyak dilakukan oleh para influencer, selebgram, artis, maupun lembaga-lembaga untuk membantu orang-orang yang berdampak COVID-19. Kita dengan mudah dapat berdonasi ke siapa saja, baik melalui penggalangan dana atau langsung kepada orang yang ingin kita bantu. Kalau pada poin pertama sudah kubahas tentang makanan, untuk poin kedua tentang donasi ini kita bisa memberikan donasi berupa uang, masker, hand sanitizer atau APD lainnya yang saat ini sedang banyak dibutuhkan. Kita bisa berdonasi uang jika memang mampu. Berdonasi uang tidak harus selalu dalam jumlah besar, tetapi semampunya saja. Percayalah bahwa Allah akan membalas segala sesuatu sesuai dengan yang kita sudah lakukan. Jika ada rezeki lebih tidak ada salahnya berdonasi masker, hand sanitizer atau APD lainnya karena masih banyak tenaga kesehatan yang membutuhkan perlengkapan tersebut. Semua yang didonasikan pasti akan sangat bermanfaat. Yuk berdonasi mulai sekarang!

Memberikan tip lebih

Selama berdiam diri di rumah dianjurkan untuk membeli kebutuhan melalui online supaya tidak sering keluar rumah, misalnya membeli makanan atau bahan kebutuhan lain. Ketika membeli online barang akan diantarkan oleh kurir. Nah ini lah saatnya untuk berbagi yaitu dengan memberikan tip atau uang lebih kepada kurir diluar uang pembayaran wajib. Seorang kurir tentu saja tetap merasa khawatir. Tapi karena demi menyambung hidup mereka tetap bekerja mengantarkan barang pesanan orang dan terpaksa harus bertemu dengan orang yang berbeda-beda setiap harinya. Resiko untuk tertular virus Corona cukup besar. Dengan memberikan uang lebih, kita sudah berbagi kebaikan dan sedikit memberikan kebahagiaan untuk mereka.

Membeli dagangan warung tetangga atau teman sendiri

Jika ada tetangga yang memiliki warung atau toko ada baiknya ikut membantu mereka dengan membeli barang dagangannya. Eh tapi usahakan tidak ngutang lho ya hehe. Kita butuh barangnya, mereka butuh uangnya. Jangan sampai kita justru memberikan kesedihan dan beban untuk mereka. Demikian juga jika ada teman yang berjualan alangkah baiknya jika kita ikut membeli. Meskipun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan di tempat lain tidak apa-apa. Anggap saja beramal dan membantu kehidupannya. Terkadang kalau harus memberikan uang atau barang lain secara langsung kita merasa keberatan, maka dengan cara membeli dagangannya lah kita membantu.

Ikut serta menjadi relawan medis atau tim penyemprot desinfektan


relawan


Banyak dijumpai edaran yang menginformasikan bahwa di beberapa rumah sakit sedang membutuhkan relawan untuk menangani pasien COVID-19. Biasanya ada kualifikasi tertentu untuk bisa ikut menjadi tim relawan tersebut. Namun jika memang tidak memenuhi kualifikasi cobalah untuk mencari cara lain, misalnya menjadi tim penyemprot desinfektan. Kalau untuk tim penyemprot ini tidak selalu membutuhkan kualifikasi tertentu seperti relawan medis di rumah sakit. Seperti di daerah ku kemarin juga ada penyemprotan desinfektan dan diberikan kesempatan kepada pemuda yang sanggup dan berkenan membantu untuk bergabung menjadi tim penyemprot desinfektan tersebut. Itu juga termasuk perbuatan sederhana tapi sudah berarti menebar kebaikan kan?

Penyemprotan desinfektan mandiri di lingkungan sekitar


desinfektan


Melanjutkan poin di atas, jika memang tidak menemukan lembaga atau sekelompok orang yang mencari relawan, kita bisa menggerakkan orang-orang di sekitar rumah untuk bekerja sama membuat desinfektan dan melakukan penyemprotan mandiri. Dengan cara ini saja kita sudah membantu usaha pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Corona. Berbuat baik tidak harus selalu dalam bentuk memberi atau menerima barang, tetapi dalam bentuk tindakan pun dapat disebut sebagai berbuat baik.

Sebenarnya masih banyak sekali cara-cara untuk menebar kebaikan di masa terjadi pandemi Corona ini. Yang aku sebutkan di atas hanyalah contoh kecil berbuat baik. Sudah berbuat baik apa kamu hingga hari ini? Share yuk di kolom komentar!

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Bener2 kudu dilaksanakan ya teh... Minimal satu deh.. biar kita yg masih sehat bisa bermanfaat.. dan kebaikannya bisa menular ke yang lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener banget. Tapi tanpa sadar kadang sudah melakukan kebaikan walaupun ngga terasa hihi

      Delete
  2. MasyaAllah semudah itu ternyata. kalau dipikir Iyya juga ya kak. Kalau aku baru masuk poin terakhir, mengisolasi diri, memusatkan kegiatan cukup dirumah aja. Makasih sharing nya kak

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya mudah ya menebar kebaikan itu, kudu dipraktekkan satu persatu ini

    ReplyDelete
  4. Banyak cara untuk menebar kebaikan ya kak. Apalagi pandemi ini juga terjadi saat ramadhan, maka sebaiknya kita lebih sering menebar manfaat untuk sesama walau kita mungkin juga salah satu yang terkna imbas pandemi.

    ReplyDelete
  5. Disaat masa krisis seperti ini, memang saatnya kita saling tolobg menolong antar sesasama. Semoga pandemi ini segera berakhir ya mbak. Tetep semangat untuk kitanya.

    ReplyDelete
  6. iya bener. saat masa-masa sulit justru jangan saling mengandalkan. dari diri kita sendiri yang harus saling mau membantu.

    ReplyDelete
  7. banyak cara untuk membantu sekitar kita yang terdampak karena pandemi ini ya kak.. semoga kita semua diberi kesehatan. aamiin

    ReplyDelete

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.