Mini Travelling Ke Pesisir Selatan Trenggalek

By Diary Eva - January 09, 2019

travelling

Yuhuu ini pertama kali ngebahas soal travelling di blogku. Sayang kan kalau aku tahu tempat berwisata yang oke banget tapi ga diceritain ke temen-temen semua. Siapa tahu nanti bisa jadi referensi untuk holiday kalian.

Beberapa waktu yang lalu aku baru aja nglakuin mini travelling. Travelling ini kusebut mini karena memang hanya mengunjungi satu tempat dan berjarak ga terlalu jauh, ga pake nginep juga tapi yaa tetep travelling kan namanya hahaha maksa banget.

Pada hari itu (lupa tanggal dan hari pada saat itu haha) aku dan pasanganku ciee pasangan wkwk sengaja akan melakukan mini travelling menuju ke daerah selatan Trenggalek tepatnya Kecamatan Munjungan. Perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan tidak dibutuhkan waktu terlalu lama, hanya sekitar 2 jam dengan menggunakan motor. Tapi meskipun perjalanan ini hanya sebentar akan bisa membuat otak berputar dan wajib konsentrasi, dan tentunya tidak bisa dengan kecepatan tinggi. Karena apa?? Karena jalannya tuh sangat menanjak, berliku-liku, dan diiringi oleh tebing yang sangat curam, serta aspal yang sudah disambung-sambung. Bahkan cukup banyak kejadian laka lantas seperti jatuh ke jurang yang terjadi di beberapa titik menuju daerah Munjungan ini. Bukannya mau nakut-nakutin yah, tapi untuk peringatan aja supaya siapapun yang akan kesana tetap berhati-hati dalam berkendara. Dan sebaiknya yang mengemudi adalah orang yang sudah benar-benar berpengalaman terutama melalui jalanan ekstrim.

Selama perjalanan menuju ke Munjungan ini ditemui semacam banner dipinggir jalan tentang peringatan untuk istirahat sejenak mengistirahatkan mesin kendaraan karena sudah melalui jalan yang menanjak dan berliku tajam. Nah, sebaiknya ikuti saran ini ya demi keselamatan kita. Sambil istirahat bisa selfi-selfi loh karena pemandangan alam pegunungan tak kalah menariknya. Saat itu kami juga istirahat sejenak sekitar 5-10 menit kemudian melanjutkan perjalanan lagi.
perjalanan_ke_munjungan_trenggalek
Istirahat sejenak
Tempat pertama yang kami tuju adalah rumah teman. Disitu kami istirahat beberapa jam, melepas lelah selama perjalanan esktrim tadi. Setelah dhuhur sekitar jam 14.00 WIB baru kami bertiga menuju ke pantai yang katanya eksotis dan masih bersih banget.

Yap itu adalah Pantai Ngampiran yang tepatnya di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Jangan kira akses jalannya mudah ya genks. Untuk menuju ke pantai indah ini harus melewati jalanan kecil di sekitar rumah penduduk, naik turun bukit, dengan jalanan berbalut aspal yang sudah rusak. Huwaaahh bener-bener mengoyak tubuh. Iyaa memang benar jalannya sudah beraspal sampai ke tepi pantainya tapi ya begitulah dengan kondisi yang sudah lumayan rusak. Tapi masih bisa terjangkau motor atau mobil sampai tepi pantai, hanya saja butuh kesabaran hihihi. Di pinggir-pinggir jalan menuju Pantai Ngampiran dihiasi oleh pemandangan pohon-pohon (maap yak aku lupa nama pohonnya ya ampun).
jalan_menuju_pantai_ngampiran_munjungan_trenggalek
Akses ke Pantai
Ngampiran
Selama perjalanan kalian juga akan disambut dengan masyarakat lokal yang sangat ramah. Katanya, memang itu sudah menjadi karakter masyakat daerah Munjungan dan punya kebiasaan menyapa saat berpapasan dengan orang lain meskipun belum saling mengenal.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 20-30 menit dari rumah teman, akhirnya sampailah di Pantai Ngampiran. Beneran, aku terpana melihat pantai yang masih asri, airnya yang bener-bener berwarna sangat biru, beda dengan pantai yang ku kunjungi sebelumnya. Dipinggir pantai sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas. Selain itu ada pohon yang membuat tepi pantai menjadi teduh disertai angin semilir, waaahh nyaman banget berada di sini.
tepi_pantai_ngampiran_trenggalek
Suasana sejuk duduk di tepi pantai sambil menikmati bekal makanan dengan memandang laut biru yang sangat luas hmmmm serasa semua masalah hilang seketika wkwkwk.

Selain itu, kita disuguhi pemandangan indah batu karang berwarna hitam legam yang banyak di tepi pantai. Ini bisa kita manfaatkan menjadi spot berfoto yang keren banget. Pasirnya juga berwarna putih loh. Salah satu keindahan pantai juga karena pasirnya yang berwarna putih kan. Airnya bersih banget dan biru banget, tidak ada sampah berserakan. Nah ini penting untuk kita semua kalau berkunjung ke suatu tempat, khususnya pantai jangan buang sampah sembarangan ya agar pantai tetap indah dan terjaga kebersihannya.
batu_karang_di_pantai_ngampiran_munjungan_trenggalek
Pada saat aku kesana ombaknya sedikit tinggi dari biasanya, dan semakin sore semakin pasang airnya. Jadi ga berani main air terlalu jauh dari tepi pantai dan cuma ambil foto dari tepi pantai aja huhuhu. Memang pantai selatan kebanyakan berombak besar, jadi tetap waspada ya teman-teman kalau berkunjung ke pantai selatan. Kalau memang sudah ada peringatan dilarang berenang jangan memaksakan untuk berenang karena benar-benar berbahaya.

Di beberapa titik Pantai Ngampiran ini juga dijadikan sebagai tempat menambatkan perahu nelayan karena memang banyak warga disini yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Perahu-perahu yang sedang terdampar bisa banget dijadikan spot foto juga loh hihihi. Pokoknya di Pantai Ngampiran ini ga bakal kehabisan tempat untuk berfoto.
Oh yaa untuk pasangan yang ingin foto prewedding di sini juga pasti bakalan keren abis. Dijamin deh. Selain spot foto yang banyak, di pantai ini juga tidak terlalu banyak pengunjung, mungkin karena jalur yang ekstrim dan jarak jauh dari kota yaa. Jadi kalau ingin ambil foto prewedding sangat mendukung.

Setelah menghabiskan waktu bermain di Pantai Ngampiran, waktu semakin sore, ombak semakin besar dan kita memutuskan untuk segera pulang. Sekitar jam 17.00 kami berdua berpamitan dengan keluarga teman kami dan bersegera pulang sebelum gelap karena lagi lagi harus melalui jalur yang ekstrim tadi. Hihihi tapi rasanya puas seneng banget bisa berkunjung ke pantai indah di wilayah kabupaten sendiri yang belum begitu terjamah oleh tangan-tangan jahil orang tak bertanggung jawab.

Semoga akses menuju ke Pantai Ngampiran segera diperbaiki dan ditambah fasilitas-fasilitas yang menunjang holiday wisatawan.
Dan semoga lain waktu bisa mengunjungi tempat indah lainnya di Munjungan ini.

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Wahh kangen banget mantaaiii. Belum jalan-jalan lagi nih tahun ini. Masih disibukkan dengan urusan kantor :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi yuk sempatin liburan di akhir pekan mba biar ga jenuh

      Delete
  2. Ini nih temen aku pernah penelitian di Pantai Ngampiran, trus kemarin2 nyuruh aku ke sana. Wah ternyata masih asri banget ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren bisa penelitian disana 😍
      Dan bner banget masih asri, jauh dari sampah mbak
      Coba berkunjung mbak biar ga penasaran 😃

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini