Melankolis - Plegmatis, Si Sempurna Yang Selalu Cinta Damai

By Diary Eva - January 15, 2019

Tipe_kepribadian_manusia_sanguinis_melankolis_koleris_plegmatis

Duh beberapa hari ga sempet ngisi blog dan baru hari ini ada waktu luang untuk nulis lagi. Hmmm kali ini aku akan membahas tentang kepribadian manusia, yah lebih tepatnya sebenarnya menceritakan sedikit tipe kepribadian aku sendiri, tapi aku kasih sedikit tambahan informasi juga untuk tipe kepribadian yang lain.

Kita tahu bahwa banyak sekali orang didunia ini dengan karakter yang berbeda-beda. Misalnya dalam suatu kelas aja deh, pasti banyak karakter yang berbeda. Ada yang sangat aktif, pendiam, normal-normal aja, ada yang suka ngomong, ada yang suka memerintah, dan lain sebagainya. Nah, jadi menurut Teori Hippocates - Galenus tipe kepribadian manusia ada 4, yaitu Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Apa tuh. Bagi yang belum tahu yuks baca terus yaa ☺

1. Sanguinis. Tipe kepribadian ini lebih dijuluki sebagai si Populer. Kenapa begitu? Iya, karena sebagian sifatnya diantaranya selalu ingin populer, ingin disenangi banyak orang, hidupnya penuh dengan bunga warna-warni, suka banget ngomong tanpa bisa dihentikan. Pernah tahu kan orang kayak gini? Hihi. Orang berkepribadian Sanguinis ini juga memiliki emosi yang bergelombang, cenderung berpikir pendek, hidupnya cenderung tak beraturan, kurang mampu berdisiplin waktu, tapi dia mudah berteman lo dan mudah menyukai orang lain. Kamu ga bakalan kesepian dekat dengan orang berkepribadian Sanguinis ini.

2. Koleris
Koleris lebih dijuluki dengan Si Kuat karena dia memiliki semangat tinggi dan selalu optimis. Namun sisi buruknya, dia itu keras kepala, mudah marah, tidak sabaran, dan suka mengatur orang sehingga cenderung kurang disukai orang lain. Sanguinis ini suka sekali dengan tantangan, tidak suka berbasa-basi, kalau mengambil keputusan sering tergesa-gesa, bahkan dapat menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya. Hiii kok ngeri yaa. Kayaknya aku takut dengan tipe kepribadian ini haha

3. Melankolis
Si Sempurna dengan segala kurang dan lebihnya. Melankolis cenderung sering merasa khawatir terhadap hal-hal sepele, mudah menyerah, tapi sisi positifnya yaitu analitis, sangat teliti, kreatif, suka yang terperinci, terjadwal, teratur, setia, sangat memperhatikan orang lain. Namun sayangnya dia sering meremehkan dirinya sendiri padahal pada kenyataannya tak seburuk itu. Beruntunglah berdekatan dengan si Melankolis karena dia bisa mengorbankan dirinya demi kamu hihihi. Dan juga beruntunglah kamu yang menjadi sahabat si Sempurna ini. Kalau dia sudah memilihmu menjadi sahabat berarti dia benar-benar tulus karena dia tidak akan dengan mudah dalam memilih teman. Dia lebih suka berada di belakang layar daripada harus berada di depan dan menjadi pusat perhatian. Sisi negatifnya yang lain yaitu dia cenderung melihat masalah dari sisi negatif, lebih mengingat yang negatif, mudah merasa bersalah, gampang tertekan pada situasi yang menurutnya tidak atau kurang nyaman dan berubah-ubah, terlalu merencanakan segala hal dengan sempurna, sulit bersosialisasi, dan sulit mengungkapkan perasaan.

4. Plegmatis
Plegmatis adalah si Cinta Damai. Orangnya cenderung kalem, diam, pemalu, tidak suka kekerasan, tidak suka ada masalah, tidak mau terlihat populer, lebih suka ketenangan, kurang suka tantangan, bersedia untuk sedikit merugi atau berkorban atau rela sakit asalkan masalah segera terselesaikan. Dia juga tidak terlalu mau ambil pusing dengan masalah yang menurutnya kurang penting. Kalau mau curhat, silahkan cari si Plegmatis. Dia akan menjadi teman curhat dan pendengar yang baik untukmu hehe.

Nah itu tadi keempat tipe kepribadian pada manusia. Jangan memandang yang terbaik atau terburuk ya karena setiap tipe pasti mmiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Lah terus tipe kepribadian aku yang mana nih?

Hihihi kalau menurut aku yaa, tipe kepribadian aku adalah kombinasi antara Melankolis - Plegmatis. Karena ada sifat-sifat yang cenderung cocok masuk ke dalam kriteria tipe tersebut. Hampir selalu tepat. Pasti ada diantara kalian yang merasa bahwa memiliki kombinasi 2 tipe kepribadian. Dan memang itu bisa saja terjadi.

Aku tidak akan menjelaskan lagi di sini karena di atas tadi udah kujabarin karakter masing-masing. Dan tipe kepribadianku sudah sesuai dengan yang kujelaskan di atas, yaitu Si Sempurna yang Selalu Cinta Damai hehe peace. Ngapain harus ribut-ribut kalau yang damai aja menenangkan dan menyenangkan, ya ga? 😄

Aku sangat sadar bahwa tipe kepribadianku itu banyak sisi negatifnya, dan hal itu yang terkadang menjadi penghalang atas apa yang ingin aku lakuin. Namun aku selalu mencoba untuk merubah sisi negatif tersebut, meskipun kenyataannya sedikit sulit.

Menurut kalian,
Apakah tipe kepribadian dapat diubah?
Dan apakah tipe kepribadian seseorang dapat berubah ke tipe yang lain?
Boleh share di komentar ya pendapatnya.

Segitu aja sedikit ceritaku. Semoga bermanfaat.
Love you all

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Ada banyak hal yang membentuk kepribadian seseorang, dan ada juga alasan yang memperkuat bahwa kepribadian bisa saja berubah, dan bisa saja tidak berubah di dalam diri seseorang. Apakah tipe kepribadian dapat diubah?
    Bisa diubah, tergantung kemauan dan kemampuan dari diri sendiri. Nice sharing... Salam kenal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak udah mampir, salam kenal juga 😊

      Delete
  2. Halo, makasih untuk info2 tentang kepribadiannya. Menurutku, tipe kepribadian seseorang dapat berubah tergantung lingkungan dan faktor2 lainnya. Semangat menulis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pendapatnya kak dan mkasih udah mampir 😊

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini