Barang-Barang Ini Harus Selalu Ada Saat Sedang Fokus

By Diary Cantikku - May 01, 2020


Bekerja dari rumah atau Work From Home masih berlanjut hingga hari ini. Di postingan sebelumnya, Keterampilan Baru Saat Di Rumah Saja, saya sudah menjelaskan tentang apa yang saya lakukan selama pandemi ini. Apakah saya bekerja dari rumah? Bisa iya bisa tidak. Dikatakan bekerja sih, belum dapat bayaran. Dikatakan tidak bekerja, tapi sedang merintis. Ah entahlah, pokoknya itu haha

Selama pandemi dan di rumah saja ini saya mengisi waktu beberapa diantaranya yaitu membuat konten, baik itu konten artikel untuk blog dan juga video untuk channel YouTube saya. Selalu ada benda-benda pokok yang saya butuhkan dan harus tersedia di dekat saya selama membuat konten itu. Tidak ada jadwal pasti untuk saya membuat konten tersebut, yang jelas harus menyempatkan waktu setiap harinya, terutama untuk menulis artikel. Kalau untuk video memang tidak setiap hari.

Nah jadi berikut ini barang-barang yang harus selalu ada saat saya sedang membuat konten:

Handphone
Handphone menjadi benda nomor satu yang wajib ada karena saya menulis artikel dan membuat video masih menggunakan handphone. Bahkan hingga mengedit video pun masih dilakukan melalui handphone. Kenapa tidak dilakukan di laptop? Laptop ada, tapi kurang mendukung untuk melakukan edit-edit video dan unggah artikel di blog. Laptop saya gunakan sesekali saja untuk mengetik artikel. Tapi lebih sering menggunakan handphone sih. Ya begitulah, laptop saya masih jadul dan kurang mumpuni hehe. Saya masih telateni dan sabar membuat konten dengan handphone ini. Harapannya sih suatu saat nanti bisa menghasilkan uang dari konten-konten saya dan bisa mengupgrade barang-barang ke yang lebih baik. Amiiin


Charger
Ada handphone juga harus selalu ada charger dong supaya kalau tiba-tiba baterai habis bisa langsung di-charge tanpa harus mencari-cari dulu. Apalagi saya orangnya susah mengembalikan fokus. Jadi malas nulis lagi kalau mood sudah memburuk karena mencari charger yang tidak juga ketemu. Supaya mood tetap terjaga, ya charger harus selalu di dekat saya saat sedang membuat konten.

Mini Tripod
Karena kegiatan saya membuat video review atau tutorial makeup, maka saya harus berada di depan kamera. Supaya kamera tetap stay di tempat, tripod harus ada. Bisa saja tanpa tripod tapi akan lebih sulit karena harus mencari barang-barang yang bisa ditumpuk tinggi untuk menjadi sandaran handphone. Tripod saya pun masih merupakan tripod berukuran mini. Tidak apa-apa, itu sudah cukup membantu kok. Asalkan video yang dihasilkan bagus kan, bukan peralatan yang bagus dulu. Percuma punya peralatan yang bagus tapi niat dan semangat serta hasil video tidak cukup bagus hehe.

Lampu Led
Tanpa lampu LED saya tidak bisa membuat video. Sebenarnya bisa dan lebih bagus menggunakan cahaya matahari langsung. Tapi kondisi rumah yang masih merupakan rumah lawas, keadaan jendela dan ruangannya kurang estetis untuk ditampilkan di video. Tidak mungkin juga membuat video di luar rumah karena lingkungan rumah cukup ramai. Jadi harus ada lampu LED sebagai cahaya pembantu penerangan. Lampu LED yang saya gunakan pun masih sangat sederhana dan jauh dari kata sempurna. Lampu itu dibuat dari lampu LED yang panjang dan saya buat menjadi melingkar supaya terlihat seperti ring light yang digunakan oleh para Youtuber. Yaa untuk mengirit pengeluaran tidak masalah mengunakan ring light DIY saja hihi.


Headset
Loh kok handset, buat apa? Yups saya menggunakan handset untuk membuat suara lebih keras, jelas dan lebih bagus saat membuat video. Bisa saja tanpa handset tapi suaranya tidak sebagus saat menggunakan handset. Handset ini juga merupakan salah satu alternatif sebagai microfone karena saya belum punya microfone atau clip on. Ya sudah pakai handset saja sudah sangat membantu.

Buku, Kertas, Bolpoin
Saat membuat konten terkadang masih membutuhkan buku atau selembar kertas dan bolpoin, terutama untuk membuat video. Kalau untuk menulis blog sih jarang sekali saya membuat coret-coretan di buku atau kertas. Buku atau kertas dan bolpoin ini lebih dibutuhkan saat akan membuat video. Saya harus membuat rangkuman atau menuliskan poin-poin materi yang akan saya jelaskan di video supaya menjelaskannya lebih terarah dan bicaranya tidak ngawur kesana-kesini.

Itulah beberapa benda yang benar-benar harus ada saat sedang fokus mengerjakan sebuah konten. Barang-barang yang sangat sederhana dan semua hampir dimiliki oleh semua orang. Oh yaa bagi yang ingin mencoba menjadi Youtuber jangan menyerah hanya karena belum memiliki peralatan bagus. Saya juga masih menggunakan peralatan seadanya. Ada juga kok youtuber yang menggunakan handphone sudah sukses memiliki ratusan ribu subscriber. Yang terpenting adalah niat dan mau berusaha. Mau bagus atau tidaknya video, semua butuh proses. Semakin sering membuat video, kita akan semakin tahu kekurangannya dimana dan pelan-pelan diperbaiki. Demikian juga dengan menjadi blogger, tidak harus memiliki laptop, tidak harus tulisannya sangat bagus. Tidak ada salah dan benar dalam membuat konten, asalkan tidak menyinggung SARA. Intinya semangat aja terus dan jangan berhenti. Yuk sama-sama belajar. Yang ingin kenalan dengan saya di YouTube langsung aja klik KLIK LINK INI hehe.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Hai berkomentarlah dengan sopan ya. Kata-katamu adalah cerminan dirimu.

Find me:
Instagram: https://www.instagram.com/eva_epl
YouTube: https://www.youtube.com/evaplestari

For Business Inquiries please call me by Email:
eputrilestari@gmail.com