Ngapain Aja Selama Puasa?

By Eva Putri - May 07, 2020


Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan rebahan saja. Tapi ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan selama puasa. Apalagi puasa tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tentunya menjalani puasa lebih ringan karena tidak banyak aktivitas di luar ruangan yang menguras tenaga dan energi. Biasanya saat puasa orang-orang menghindari banyak beraktivitas di luar ruangan karena rasa lapar dan dahaga semakin cepat terasa. Tapi puasa kali ini pastinya lebih bisa menghemat energi karena beraktivitas dari dalam rumah terus kan?

Pada awal bulan ramadhan dan awal menjalani puasa pasti lebih terasa letih, lesu, dan lemas karena tubuh kita masih berusaha beradaptasi menahan lapar dan haus seharian. Tapi nanti setelah 3 hari dan seterusnya pasti akan lebih terbiasa dan semangat menjalani hari seperti biasa meskipun sedang puasa. Eits bukan lapar dan haus saja lho yang ditahan, tapi jangan lupa menahan emosi, jangan marah-marah terus. Nanti batal lho puasanya hihi sayang kan cuma dapat laparnya saja tapi pahalanya berkurang hanya karena tidak bisa mengontrol emosi.

Saat puasa juga tidak dibenarkan berkumpul dengan orang lain hanya untuk berghibah atau bergunjing membicarakan keburukan orang lain. Memang terkadang tidak terasa. Sementara ini tidak bisa lagi bertemu dengan orang lain untuk bergunjing. Ada saja lho yang bergunjing melalui sosial media seperti WhatsApp misalnya yang paling dominan. Beberapa orang dalam sebuah pertemanan membentuk grup di WhatsApp dan bebas membicarakan orang lain di sana. Hati-hati lho, meskipun melalui tulisan di media online tetap saja namanya berghibah dan sama saja dosanya seperti berghibah saat bertatap muka. Sebagai muslim yang baik jangan sampai kita seperti itu. Daripada menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat seperti itu, alangkah baiknya kalau mencari kegiatan positif saja yang lebih bermanfaat.

BANYAK TADARUS AL-QUR'AN
Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci. Siapa saja yang banyak beribadah pada bulan ramadhan akan mendapat pahala yang besar pula. Pelajaran seperti itu sudah sering kita dapatkan sejak kecil. Yaa, setiap waktu di bulan ramadhan itu merupakan waktu yang baik dan sangat berharga. Setiap kegiatan positif dihitung sebagai ibadah, bahkan tidur pun menjadi ibadah saat kita sedang berpuasa. Kurang enak bagaimana lagi coba? Tapi meskipun tidur dinilai sebagai ibadah, bukan berarti waktu seharian dihabiskan untuk tidur terus. Terlalu banyak tidur bukan lagi menjadi ibadah. Tidurlah secukupnya dan ketika lelah.

Ada lagi ibadah yang lebih baik selain tidur yaitu membaca Al Qur'an atau tadarus. Alangkah baiknya kalau setiap ada waktu luang digunakan untuk membaca Alquran. Tidak jarang yang mempunyai target harus mengkhatamkan Al Qur'an beberapa kali selama 30 hari itu. Kalau masih berat dan belum terbiasa bisa dimulai dengan membaca 1 juz saja setiap harinya, jadi selama 30 hari tepat khatam 1 kali. Bagi saya itu sudah merupakan pencapaian yang luar biasa karena begitu berat halangan dan rintangan untuk banyak membaca Al Qur'an. Jujur saja, saya sendiri belum sanggup dan masih berusaha serta membiasakan diri untuk banyak membaca Al Qur'an. Bagaimana dengan kalian? Sudah khatam berapa kali nih? Hehe


MEMBERSIHKAN DAN MENATA RUMAH
Kegiatan bersih-bersih rumah sudah pasti dilakukan setiap hari. Tapi nih kalau biasanya hanya menyapu dan mengepel rumah beberapa hari sekali, saat puasa bisa lebih sering membersihkan rumah. Daripada menganggur dan hanya berghibah mending bersih-bersih rumah deh. Apalagi akan menyambut hari raya Idul Fitri. Biasanya semakin mendekati hari raya akan semakin disibukkan dengan berbagai kegiatan. Mumpung banyak waktu di rumah, manfaatkan waktu untuk mencicil membersihkan rumah dan menata perabotan rumah untuk menyambut lebaran nanti. Tidak harus sehari selesai kalau dirasa terlalu lelah, tapi bisa dilakukan sedikit demi sedikit setiap hari. Tentunya akan lebih  meringankan dicicil dari awal kan daripada sudah mendekati lebaran terburu-buru membersihkan rumah. Segala yang terburu-buru pasti tidak enak dan hasilnya akan kurang maksimal. Jadi manfaatkan saja waktu luang selama ramadhan untuk mencicil membersihkan rumah.

MENCARI DAN MENCOBA RESEP BARU UNTUK BUKA PUASA DAN SAHUR
Ramadhan identik dengan buka puasa dan sahur. Bulan ini menjadi bulan dimana pencarian resep memasak di mesin pencari maupun sosial media  melonjak drastis. Bagaimana tidak, selama puasa tentu saja banyak ibu-ibu yang mempersiapkan resep istimewa untuk keluarganya. Apalagi sedang masa pandemi seperti ini banyak waktu di rumah untuk mencari dan mencoba resep-resep baru. Biasanya banyak orang yang berbuka puasa di warung, cafe atau tempat lain dan malas memasak tapi kali ini harus berbuka puasa di rumah saja bersama keluarga. Hal ini yang membuat ibu-ibu lebih rajin memasak. Bosan kan ya kalau memasak itu-itu saja. Sebagai ibu rumah tangga harus kreatif memberikan menu makanan berganti-ganti setiap harinya untuk keluarga, tentunya makanan sehat. Nah kalau begitu mending manfaatkan waktu untuk mempelajari resep baru, menonton video tentang memasak supaya mendapat inspirasi sajian lezat untuk keluarga. Scroll-scroll sosial media pasti menjadi salah satu kesenangan perempuan kan? Hehe daripada hanya mencari gosip yang menambah tabungan dosa, mending mencari resep masakan saja dan siap dieksekusi untuk buka puasa dan sahur nanti.

BERKREASI MEMBUAT SAJIAN LEBARAN
Lebaran kali ini beda dengan tahun sebelumnya. Pasti akan lebih sepi karena adanya pandemi ini. Meskipun begitu kita harus tetap menyambut lebaran dengan suka cita. Lebaran identik dengan opor ayam dan kue-kue serta makanan ringan lainnya. Meskipun pemerintah sudah membuat aturan untuk silaturrahmi melalui media online saja, tidak ada salahnya kalau kita tetap menyiapkan sajian lebaran seperti biasanya supaya suasana lebaran tetap terasa hangat dan menyenangkan. Nah biasanya nih kita lebih senang belanja makanan atau kue-kue siap saji karena lebih praktis. Tapi karena sedang PSBB dan kita harus menjaga diri dari lingkungan luar, tidak ada salahnya dong mencoba mengasah keterampilan untuk mencoba membuat makanan atau kue sendiri untuk sajian lebaran nanti. Dengan begitu waktu di rumah saja saat sedang puasa bisa bermanfaat dan tidak lagi terbuang sia-sia. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.