Selamat Tinggal Kulit Kering Saat Puasa

By Diary Eva - May 13, 2019

mengatasi_kulit_kering_saat_puasa
Kulit Kering by Pexels.com
Saat bulan puasa, kebanyakan diantara kita mengalami masalah yang sama yaitu kulit kering dan kusam. Kulit kering ini bisa terjadi pada kulit di seluruh tubuh, wajah, dan bibir sekalipun. Apalagi saat cuaca sangat panas, tubuh akan dehidrasi, menguapkan air dengan sangat cepat. Akibatnya, kulit akan menjadi sangat kering bahkan seperti bersisik. Kira-kira bagaimana ya caranya supaya jauh dari kulit kering??

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa tips ala saya tentang bagaimana caranya supaya kulit tidak kering selama menjalani puasa.

BANYAK MINUM AIR PUTIH
minum_banyak_air_putih
Air putih memang tidak boleh ditinggalkan dan tidak bisa ditawar. Dalam keadaan apapun dan bagaimanapun, air memiliki peranan sangat penting dalam tubuh kita. Akibat dari kurang air salah satunya adalah kulit kering dan keriput. Nah makanya jangan malas minum air putih yaa. Terutama saat bulan puasa minum air putih 8 gelas sehari tetap harus dilakukan untuk menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi dan kekeringan. Kapan sih waktu yang tepat untuk minum air putih saat bulan puasa?
1 gelas saat berbuka + 1 gelas setelah berbuka + 1 gelas sebelum tarawih + 1 gelas sesudah tarawih + 1 gelas sebelum tidur + 1 gelas setelah tidur + 1 gelas sebelum makan sahur + 1 gelas sebelum sahur = 8 gelas sehari

JANGAN TERLALU SERING MANDI
mandi
Saat kita puasa, apalagi cuaca sedang sangat panas, sepertinya mandi menjadi salah satu solusi yang paling tepat. Eits tapi tunggu dulu. Mandi boleh saja, tapi awas loh jangan terlalu sering mandi. Idealnya sehari mandi adalah 2x, jangan dilebih-lebihkan. Memang setelah mandi tubuh terasa sangat segar dan bebas keringat atau minyak. Tapi minyak alami yang terus-menerus dihilangkan akan berefek pada keringnya kulit kita karena minyak pada kulit itu salah satu fungsinya adalah menjaga kulit supaya tetap lembab.

GUNAKAN PELEMBAB
pelembab_kulit_dan_wajah
Siapa nih yang belum terbiasa pakai pelembab? Mulai sekarang rajin-rajin yuk pakai pelembab. Pelembab itu sangat penting loh untuk kulit kita, terutama saat bulan puasa. Selain air, kandungan zat dalam pelembab juga akan membantu membuat kulit kita tidak kering lagi. Kita bisa memakai hand & body untuk melembabkan kulit tangan dan kaki. Untuk wajah, kita bisa menggunakan berbagai macam pelembab sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kamu. Sudah banyak sekali produk pelembab yang dijual di toko. Sedangkan untuk bibir bisa memakai lipbalm atau jenis pelembab bibir yang lain. Kalau sayasmerasa bibir snagat keirng, saya pakai Vaseline Repairing Gel pada malam hari saat tidur supaya keesokan harinya bibir tidak kering, mengelupas, dan pecah-pecah.

MAKAN BANYAK BUAH DAN SAYUR
buah_dan_sayur
Buah dan sayur by Pexels.com
Yang satu ini tidak kalah penting dan selalu disarankan oleh banyak orang untuk mengatasi kulit kering. Yaps buah dan sayur. Tidak ada yang meragukan lagi manfaat nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak sekali vitamin dan zat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya bermanfaat mengurangi kulit kering, misalnya jeruk, buah pir, semangka, dan buah-buahan lain yang kaya kandungan air dan vitamin sangat bagus untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Jadi jangan lupa makan banyak buah dan sayur saat buka puasa dan sayur yaa hehe

LAKUKAN SCRUB SEMINGGU SEKALI
Scrub tubuh atau wajah, dan juga bibir diperlukan untuk menghilangkan kulit mati. Lakukan scrub seminggu 1-2 kali, jangan terlalu sering karena justru berdampak tidak baik untuk kulit kita. Banyak sekali produk yang khusus untuk scrub tubuh, wajah, dan bibir. Kalau kamu lebih suka scrub dengan bahan alami juga bisa banget. Kamu bisa cari info di Google akan banyak sekali informasi yang muncul seputar scrub.


Nah, demikian beberapa tips dari saya tentang mengatasi kulit kering saat puasa. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.



Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 day Ramadhan Challenge

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini