Mandi Cantik ala SPA Di Rumah

By Eva Putri - January 08, 2021


Aktivitas mandi merupakan salah satu self care yang cukup ampuh untuk memperbaiki suasana hati. Tapi pernah gak sih kamu merasakan aktivitas mandi yang membosankan karena mandi terasa gitu-gitu aja dan itu-itu lagi?

Terkadang perlu melakukan aktivitas mandi yang berbeda supaya tidak terasa membosankan dan tentunya dapat membangkitkan mood yang berantakan. Misalnya mencoba mandi ala SPA tapi tetap menikmatinya di rumah saja. Emang bisa? Bisa dong. Apalagi saat ini keadaan masih cukup berbahaya untuk bepergian keluar rumah. Mending menghabiskan waktu untuk me time di rumah saja. Aman dan hemat. 

Kalau ingin mandi cantik ala SPA di rumah, kamu perlu mengikuti langkah atau urutan yang benar. 

BODY WASH

Body wash adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Kamu bisa menggunakan body wash dengan aroma yang menenangkan atau disesuaikan saja dengan favoritmu. Manfaat dari body wash ini untuk membersihkan tubuh dari kotoran serta keringat yang menempel di permukaan kulit setelah beraktivitas seharian. Setelah dirasa bersih dilanjutkan dengan step selanjutnya.

BODY SCRUB

Langkah kedua menggunakan body scrub. Ternyata selama ini aku pernah salah mandi. Yang sering dilakukan kebanyakan orang yaitu menggunakan body scrub dulu lalu dilanjutkan dengan body wash. Rupanya terbalik wkwk. Seharusnya tubuh dibersihkan dulu dengan body wash. Setelah bersih dilanjutkan dengan body scrub karena setelah kulit bersih, pori-pori dapat terbuka dan tidak tersumbat oleh kotoran di permukaan kulit sehingga nutrisi body scrub pun akan lebih mudah meresap ke dalam kulit. Scrub ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang tidak dapat dibersihkan dengan body wash. Pengelupasan sel kulit mati dapat membantu kulit menjadi lebih lembut dan juga membantu terbentuknya sel kulit baru. 

BODY OIL

Bagi pemilik kulit kering parah, penggunaan body oil bisa menjadi salah satu solusi jitu. Body oil membantu melembabkan kulit lebih lama karena tidak mudah menguap dan lebih mudah meresap ke dalam kulit. Menggunakan body oil secara teratur dapat memperbaiki kondisi kulit misalnya dari kekeringan dan beberapa produk body oil ada yang mengandung bahan yang dapat memudarkan bekas luka. Kita bisa memilih aroma body oil yang calming atau fresh supaya dapat membangkitkan mood dan membuat pikiran lebih tenang. Pemilik kulit sensitif pun masih cocok menggunakan body oil karena tidak membuat iritasi. Biasanya body oil ini memiliki tekstur lengket. Kamu bisa memilih produk yang dibilas setelah penggunaan untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

BODY MOISTURIZER

Siapa sih yang tidak tahu body moisturizer? Bagi kebanyakan orang body moisturizer ini lebih dikenal dengan body lotion padahal tidak hanya body lotion yang merupakan jenis moisturizer. Beberapa jenis dari moisturizer selain body lotion yaitu body butter dan body serum. Ada juga body cream dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya, fungsi dari body moisturizer tentu saja untuk melembabkan kulit tubuh hingga ke lapisan dalam. Beberapa orang mungkin menyepelekan penggunaan moisturizer. Padahal moisturizer itu memiliki peran penting dan banyak manfaat untuk kesehatan kulit tubuh.

Banyaknya sel kulit mati membuat kulit terlihat lebih kusam karena menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Hal ini membuat kulit harus meregenerasi sel baru. Regenerasi sel baru ini dapat dibantu oleh body moisturizer. Bagian kulit yang kasar juga dapat dilembutkan dengan moisturizer. Beberapa moisturizer dibuat dengan bahan-bahan yang dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit sekaligus mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jadi jangan skip body moisturizer yaa mulai dari sekarang. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Di awal tadi sudah disebutkan ada beberapa jenis body moisturizer. Nah apa sih bedanya? 

Body lotion merupakan jenis moisturizer paling encer  yang cocok digunakan untuk kulit normal kering dengan kondisi kulit yang tidak terlalu bermasalah. Tekstur body lotion tidak terlalu berminyak dan juga cepat meresap ke dalam kulit. Oleh karena itu body lotion lebih banyak digunakan dan disukai oleh sebagian besar orang.

Jenis kedua adalah body butter. Body butter memiliki tekstur sangat pekat seperti mentega karena tidak mengandung air dan didominasi oleh kandungan lemak tumbuhan. Tekstur seperti ini membuat sebagian orang merasa tidak nyaman menggunakannya. Namun body butter sangat ampuh untuk melembutkan kulit yang super kering parah. Karena waktu penyerapannya lama, body butter biasanya digunakan pada malam hari saat menjelang tidur dan dibiarkan semalaman supaya meresap dengan sempurna serta tidak mengganggu aktivitas.

Jenis ketiga yaitu body serum. Body serum merupakan jenis moisturizer yang paling ringan karena teksturnya berbentuk cairan sehingga sangat cepat meresap ke dalam kulit dan cocok digunakan untuk kulit super kering. Bagi kamu yang kurang suka menggunakan lotion atau butter yang teksturnya kurang nyaman, bisa menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan body serum.

BODY MIST

Setelah kulit bersih dan lembab, jangan lupa untuk menambahkan wewangian yang menyegarkan. Salah satu jenis yang bisa dipilih adalah body mist. Body mist mengandung sangat sedikit essential oil, hanya sekitar 1-2% saja. Namun biasanya body mist menggunakan aroma yang lembut dan segar. Dengan kandungan parfum yang sangat sedikit membuat aroma body mist tidak bertahan lama yaitu hanya sekitar 1-2 jam saja. Meskipun begitu tidak ada salahnya menggunakan body mist. Kalau aroma mulai habis tinggal semprot-semprot aja. Harganya tergolong masih terjangkau kalaupun harus berulang kali beli hehe. 

Tertarik untuk mencoba mandi cantik ala SPA di rumah? Dijamin deh tubuh terasa lebih segar, lebih wangi, dan suasana hati juga pasti lebih meningkat. Tidak perlu bayar mahal dan datang ke tempat SPA saja sudah bisa mandi ala SPA di rumah. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.