6 Bahan Alami Lokal Kaya Manfaat dalam Produk Kecantikan

By Eva Putri - January 22, 2021


Sebagai negara agraris, Indonesia kaya sekali akan tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Hampir setiap tumbuhan yang ada bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Salah satu fungsi penting tumbuhan yaitu sebagai bahan alami dalam pembuatan produk kecantikan.

Sudah banyak sekali produk kecantikan yang mengambil manfaat dari bahan alami. Bahkan brand lokal sekarang sudah semakin berkembang dengan mengeluarkan produk berbahan dasar alami. Embel-embel bahan alami ini dijadikan kelebihan dalam suatu produk karena sebagian besar orang lebih tertarik dan merasa aman menggunakan suatu produk yang mengandung bahan alami.

 Sebenarnya ada banyak sekali tumbuhan yang digunakan dalam produk kecantikan. Namun saya akan menyebutkan 6 bahan saja yang cukup populer dan sering digunakan baik dalam produk kecantikan lokal maupun high end.

KUNYIT (TURMERIC)

Sudah menjadi rahasia umum sejak dulu kala bahwa tanaman obat ini memiliki segudang manfaat. Tidak hanya sebagai bumbu dapur dan bagus untuk kesehatan, namun sangat baik untuk kulit. Kunyit dapat mengatasi inflamasi. Menurut sehatq.com, inflamasi atau peradangan adalah respon alami dari sistem imun tubuh terhadap virus, bakteri, jamur, maupun benda asing lain penyebab penyakit. Nah si rempah berwarna orange ini ampuh untuk mengatasi inflamasi atau peradangan tersebut. Kunyit juga dapat berfungsi sebagai anti-aging. Tidak mau kan kulit keriput atau cepat terlihat menua? Fungsi tak kalah pentingnya yaitu sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit. Tapi hati-hati saat menggunakan kunyit sebagai skincare. Pastikan sudah tidak ada warna kuning yang bakalan menempel di kulit. Lebih baik gunakan produk siap pakai yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman untuk kulit. Contoh produk yang mengandung turmeric yaitu Himalaya Purifying Neem Face Wash, Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask, Kiehl's Turmeric and Cranberry Seed Energizing Radiance Masque, dll.

BUNGA KENANGA (YLANG-YLANG)

Bunga kenanga cukup populer untuk masyarakat Indonesia. Biasanya bunga ini digunakan dalam acara adat seperti pernikahan dan kematian. Aromanya yang sangat menyengat juga seringkali digunakan sebagai campuran dalam parfum dan essential oil. Aroma diperoleh dari minyak atsiri yang terdapat dalam bunga berwarna kuning ini. Rupanya selain fungsi tersebut, bunga yang disebut juga dengan ylang-ylang ini memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan, diantaranya mengatasi kulit yang mengalami inflamasi, menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, mengatasi jerawat, serta menghilangkan noda hitam. Tentu saja bunga kenanga harus diolah dengan baik dan benar supaya dapat digunakan untuk kulit karena minyak Atsiri itu sendiri justru dapat berbahaya terkena kulit  jika tidak melalui pengolahan yang benar terlebih dahulu. Contoh produk kecantikan yang mengandung bunga kenanga atau Ylang-ylang misalnya Sariayu Refreshinh Toner.

DAUN KELOR (MORINGA)

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan tumbuhan kelor. Tumbuhan ini biasa dimanfaatkan pada bagian daunnya yaitu sebagai obat dan sebagai sayuran dengan cara dimasak dibuat menjadi sop daun kelor atau sayur asem daun kelor. Bagi sebagian masyarakat Jawa daun kelor dipercaya dapat menetralisir ilmu atau istilahnya pegangan yang dimiliki oleh orang tua pada zaman dahulu. 

Dizaman yang modern ini dengan banyaknya penelitian yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan, daun kelor atau yang juga dikenal dengan moringa banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan. Tidak hanya produk lokal yang memanfaatkan tumbuhan obat ini tetapi negara lain juga sudah cukup banyak yang memasukkan tanaman kelor ini ke dalam produk kecantikan. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari daun kelor yaitu dapat menyembuhkan jerawat dan flek hitam, menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, dan membersihkan wajah secara menyeluruh. Contoh produk yang mengandung daun kelor di antaranya Evershine Moringa Toner Essence dan Mustika Ratu Beauty Queen Foundation.

KEMBANG SEPATU (HIBISCUS)

Siapa sih yang tidak tahu kembang sepatu? bagi masyarakat Indonesia kembang sepatu banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik, berukuran besar dan memiliki warna yang mencolok. tanpa kita sadari rupanya kembang sepatu memiliki manfaat lebih dari tanaman hias yaitu bagus untuk kulit sehingga saat ini sudah banyak brand kecantikan yang menambahkan kembang sepatu atau hibiscus ke dalam produknya. 

Kembang sepatu dipercaya dapat melembabkan kulit dengan baik dan sebagai antioksidan alami. Selain itu fungsi mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati menambah nilai dalam bunga kembang sepatu ini. Namun tentunya kita tidak bisa sembarangan menggunakan kembang sepatu pada kulit. Kita bisa menggunakan produk khusus untuk kulit yang mengandung ekstrak kembang sepatu misalnya Sensatia Botanical Face Toner. 

DAUN PEGAGAN (CENTELLA)

Tumbuhan pegagan seringkali ditemukan tumbuh secara liar di perkebunan atau persawahan. Banyak masyarakat yang belum tahu bahwa ternyata tumbuhan pegagan dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai produk kecantikan. Tumbuhan pegagan bisa dimanfaatkan pada bagian daunnya. Pegagan mulai dikenal oleh masyarakat terutama kalangan pecinta skin care sejak salah satu brand kecantikan mengeluarkan produk skin care yang mengandung daun pegagan atau lebih dikenal dengan Centella asiatica. Karena banyaknya yang menyukai produk tersebut dan banyak juga yang merasa cocok dengan kandungan Centella asiatica, sejak saat itu Centella asiatica banyak diburu dalam produk skin care.

Sebenarnya apa sih manfaat dari daun pegagan atau Centella asiatica? beberapa manfaat Centella asiatica diantaranya dapat mengatasi inflamasi pada kulit, menenangkan kulit dan meredakan jerawat yang sedang aktif. dengan manfaat tersebut sudah tidak heran lagi kalau produk dengan kandungan Centella asiatica banyak diburu oleh para wanita. Apakah kalian sudah pernah mencoba produk yang mengandung Centella asiatica? Dan bagaimana hasilnya? Share di kolom komentar yuk.

BENGKOANG (JICAMA / YAM)

Siapa di antara kalian yang tidak suka makan bengkoang? buah berwarna putih dengan rasa segar dan tekstur crunchi ini cocok banget dimakan saat cuaca sedang panas loh. Jika kalian pecinta atau pengguna produk kecantikan pasti sudah tahu bahwa bengkoang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Bahkan brand lokal saja banyak yang mengeluarkan produk kecantikan yang mengandung bengkoang dan dibanderol dengan harga cukup murah. Tentunya jika ingin menggunakan produk skin care yang mengandung bengkoang dengan budget sedikit bisa didapatkan dengan mudah di toko kecantikan atau supermarket serta minimarket di sekitar rumah kita.

Manfaat yang paling dikenal dari bengkoang adalah dapat mencerahkan kulit. Banyak kalangan wanita yang menggunakan bengkoang secara langsung untuk digunakan sebagai masker pada wajah karena cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping meskipun digunakan secara langsung. Tidak hanya mencerahkan, bengkoang memiliki manfaat sebagai antioksidan dan juga melembabkan kulit karena kandungan air yang dimilikinya cukup banyak. Brand lokal yang memanfaatkan bengkoang dalam produknya dan menjual dengan harga sangat murah yaitu Viva dan Mustika Ratu. contoh produk yang bisa kalian coba yaitu Viva milk Cleanser, Viva Pelembab, Viva masker, Mustika Ratu masker, dan Ovale Facial Mask. Kalian tertarik untuk mencoba yang mana nih? Kalau aku sudah pernah mencoba masker bengkoang Viva dan hasilnya cukup memuaskan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.