Skincare Routine CTMP Untuk Pemula dan Remaja

By Diary Eva - October 20, 2019

skincare_routine_remaja_dan_pemula_ctmp

Kamu mulai mengalami masalah pada kulit wajahmu?
atau,
Kamu seorang remaja yang mulai galau dengan permasalahan wajahmu?

Kamu masih bingung cara merawat wajah? 
Skincare apa ya yang harus dipake? 
atau,
Gimana ya urutan penggunaannya?

Kalau kamu ada pertanyaan seperti itu, kamu udah bener banget masuk ke artikel ini karena aku akan membahas tentang skincare routine apa aja sih yang bisa dipakai oleh para pemula dan juga remaja yang mulai gelisah dengan wajahnya yang beminyak, berjerawat, kusam, atau bahkan kering kerontang. 

Sebenarnya aku sudah pernah membahas tentang urutan skincare routine ini, tapi terlalu ribet nih untuk pemula, terlalu banyak nih produknya, ngga punya banyak budget nih. Haha itu juga masalah yang aku alami juga beb. Nah, tulisanku ini akan menjadi jawaban atas kegalauan kita.

Ada istilah CTMP yang perlu kita tahu sebelum mulai memakai skincare routine. Apa sih kak itu?
Bagi para pecinta dunia beauty mungkin sudah tidak asing lagi, tapi aku yakin masih lebih banyak yang belum tahu daripada yang sudah tahu.

CTMP adalah singkatan dari Cleansing, Toning, Moisturizing, Protecting. Keempat kata ini merupakan urutan penggunaan skincare yang bisa dipakai oleh pemula atau remaja.

Masih bingung? 
Baik, akan aku jelaskan lebih terperinci. 
CLEANSING
Clean artinya bersih. Jadi Cleansing adalah membersihkan. Langkah pertama dalam menggunakan skincare tentunya membersihkan dulu. Membersihkan wajah dari sisa-sisa make up, kotoran, atau debu yang menempel di wajah. 

Tahapan Cleansing ini ada 2 tahap, yaitu 1) menggunakan cleanser untuk mengangkat kotoran di wajah, misalnya micellar water, micellar oil, dan cleansing balm. 2) menggunakan facial foam atau facial wash untuk membersihkan sisa produk cleanser tadi. 

Bisa sih kamu menggunakan facial foam atau facial wash aja, tapi untuk hasil yang lebih maksimal alangkah baiknya kalau melakukan 2 tahap.

TONING
Tahapan kedua yaitu menggunakan toner yang fungsinya adalah membersihkan lebih dalam lagi sampai ke pori-pori wajah. Toner akan memastikan bahwa wajah sudah benar-benar bersihs mengembalikan pH wajah pada kondisi yang seimbang. Jadi kamu wajib banget punya produk toner ya. Jangan di skip. Banyak kok toner lokal yang murah dan bagus.

MOISTURIZING
Tahapan ketiga adalah menggunakan moisturizer atau pelembab. Ini sangat penting banget. Please, jangan di skip. Kamu harus banget punya produk moisturizer karena dengan moisturizer ini kulitmu akan tetap terjaga kelembabannya. Kalau kulitmu sudah lembab, akan sangat membantu saat menggunakan make up. Make up akan lebih menempel, mudah diaplikasikan, dan akan lebih tahan lama.

PROTECTING
Tahapan terakhir adalah produk protection, seperti sunblock atau sun protection. Sun protection ini hanya gunakan pada pagi saja. Sebelum tidur enggak perlu pakai sun protection, kan nggak ada matahari beb 😆 Protection ini juga tidak boleh di skip karena dia bisa melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar UV yang bahaya banget bagi kulit. Bisa bikin kanker kulit loh si sinar UV, hiii ngeri kan. 


Nah itu tadi keempat langkah dalam menggunakan skincare routine untuk pemula atau remaja. Kamu hanya perlu punya minimal  4 sampai 5 produk aja untuk merawat kulit wajahmu. Simpel kan?
Merawat kulit itu salah satu investasi masa depan juga biar enggak cepat menua, muncul keriput, gitu Beb.

Langkah tersebut bisa digunakan untuk morning skincare routine dan night skincare routine. Hanya bedanya, pada night skincare routine CTM saja tanpa P (Protection), sedangkan morning skincare routine harus CTMP. Bingung? Hehe berikut ini aku kasih urutan lebih jelasnya:

Night skincare:
1. Cleanser (Double Cleansing)
2. Toner
3. Moisturizer

Morning skincare: 
1. Cleanser (facial foam / facial wash)
2. Toner
3. Moisturizer
4. Protection

Skincare routine CTMP bisa digunakna untuk semua jenis kulit ya, baik itu kulit normal, kering, atau berminyak. Tahapan skincare routine untuk kulit kusam juga sama. Pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit wajahmu masing-masing. 

Sampai sini paham kan? Kalau belum paham kamu bisa tanya di kolom komentar.

Enggak perlu pakai produk macam-macam, kalau kamu mau merutinkan menggunakan skincare, kamu akan bisa memiliki kulit wajah sehat dan masalah kulit wajah akan semakin berkurang. Nggak percaya? Buktikan sendiri 😆


  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Kulit remaja memang lagi bagus-bagusnya sekaligus kadang bermasalah dengan adanya perubahan hormon menandai sex aktif ya.
    Memang sebaiknya tak perlu ctmp kompleks seperti pada kulit dewasa. Bisa makin bermasalah. Cukup yang sederhana seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Aku juga kalo ada teman yang baru mau terjun ke dunia skincare pasti kusaranin metode CTMP dulu. Basicnya dikuatin, baru kalo udah naikin lagi stepnya tambah produk kayak serum, essence, etc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.. apalagi kalau pemula dikasih tahu banyak produk biasanya ngeluh sih hehe

      Delete
  3. Aku juga pertama kali pake skincare pas remaja menggunakan metode ctmp ini. Bukan karena emang tau harus basic segala macem sih, soalnya dulu kan informasi tentang skincare itu sedikit dan buat anak remaja waktu itu masih tabu. Hanya saja aku pake sesuai keuangan makanya hanya pake produk ctmp hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarpun belum tahu ilmunya tapi udah bener yaa untungnya hihi

      Delete
  4. Remaja sekarang enak banyak tuntunan haha, dulu aku boro2 deh ngertinya face wash aja kwkwk alhasil agak terlambat utk usiaku yg hampir kepala 3, tp lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali. Menghibur diri sendiri hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama banget nih.. Jangankan mau skincare an yg bener, face wash aja ga pake dan cuma pake sabun mandi. Parah sih haha

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini