Rabu, 14 September 2022

,

Tips Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit

Tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit

Apakah kalian sudah pakai sunscreen setiap hari? Sudahkah kalian tahu tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit?

Sunscreen adalah salah satu langkah dalam menggunakan skincare yang haram banget dilewatkan. Sepenting itu peranan sunscreen untuk merawat kulit sampai saya menyebutnya haram kalau sampai tidak pakai wkwk. Percuma menggunakan skincare berapapun langkahnya tanpa diakhiri dengan sunscreen.

Saya pernah berada diposisi yang tidak tahu dan tidak paham kenapa sih harus pakai sunscreen. Bahkan tenang-tenang aja walaupun nggak pakai sunscreen , parahnya nggak punya satu pun produk sunscreen. Sungguh sangat menyesal baru tahu ilmu penting ini setelah usia lewat 20 tahun. Bisa dikatakan sangat telat, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

KESALAHAN-KESALAHAN PENGGUNAAN SUNSCREEN

Setelah belajar dari berbagai sumber, saya menjadi tahu beberapa kesalahan tentang pemakaian sunscreen yang dianggap benar oleh sebagian orang. Kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya:

1. Kulit gelap tidak perlu menggunakan sunscreen

Ini tidak benar ya. Menggunakan sunscreen hukumnya wajib untuk semua warna dan jenis kulit. Juga tidak mengenal gender, baik itu laki-laki atau perempuan hukumnya wajib menggunakan sunscreen saat siang hari, apalagi kalau aktivitas tinggi dan berada di luar rumah.

2. Cuaca mendung tidak perlu pakai sunscreen

Ini juga salah besar. Sinar UVA dan UVB tetap bisa menembus awan meskipun sedang hujan. Jadi tetap wajib menggunakan sunscreen agar kulit tetap terlindung dari kedua sinar berbahaya itu.

3. Sunscreen cukup dipakai sekali sehari

Big NO. SPF tinggi sekalipun perlindungannya akan tetap pudar secara perlahan setelah 2-3 jam, apalagi jika terhapus oleh air dan keringat. Oleh karena itu wajib reapply (pakai ulang) setelah 2-3 jam. Jadi pakai sunscreen tidak cukup sekali aja ya

4. Pakai sunscreen sedikit saja

Penggunaan sunscreen ada aturannya yaitu sepanjang 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) untuk seluruh area wajah. Kenapa sih harus banyak? Karena sunscreen yang SPF hanya kisaran 30 atau 50 itu belum mampu melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB jika dipakai hanya sedikit dan tipis. Jadi pakai sunscreen itu tebal tidak masalah, justru akan memproteksi kulit lebih maksimal. Tips agar saat memakai sunscreen tidak terasa berat dan terlalu banyak: pakai 1 jari dulu, ratakan ke seluruh area wajah dan tunggu menyerap. Setelah itu pakai lagi 1 jari lainnya.

TIPS MEMILIH SUNSCREEN

Kalian pasti tahu ada banyak banget sunscreen yang ada di pasaran dari berbaga brand. Dan pasti ada yang sama seperti saya dong, bingung pilih sunscreen wkwk. Tenang, jangan bingung lagi. Saya akan kasih tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit. Simak yaa

1. Kenali jenis kulit

Mengetahui jenis kulit wajib dilakukan sebelum membeli produk skincare apapun, termasuk sunscreen salah satunya. Dengan mengenali jenis kulit akan mempermudah memilih produk yang akan dibeli. Ada 3 jenis kulit dasar manusia, yaitu kering, normal, dan berminyak. Tiga jenis kulit ini masih bercabang lagi, misalnya kering sensitif, kombinasi (berminyak dan kering atau berminyak dan normal), dan sensitif. Setiap jenis kulit ini membutuhkan produk yang berbeda pula. Salah memilih produk bisa menimbulkan masalah besar juga di kulit.  Itulah kenapa harus tahu jenis kulit sebelum membeli sebuah produk skincare, termasuk membeli sunscreen.

2. Perhatikan tingkat SPF

Karena kita membahas perlindungan dari sinar UV, maka penting sekali untuk memperhatikan kadar SPF (Sun Protection Factor). SPF merupakan ukuran kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UV. Tingkat SPF yang ada pada sunscreen umumnya yaitu SPF 15, SPF 30, dan SPF 50. Untuk bisa melindungi maksimal disarankan menggunakan minimal SPF 30, namun pemakaiannya harus cukup tebal apalagi jika beraktivitas ditempat yang langsung terkena cahaya matahari.  Akan lebih baik lagi jika menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50.

Arti dari perbedaan angka SPF itu menunjukkan seberapa besar perlindungan yang diberikan oleh sunscreen terhadap paparan sinar UV. SPF 15 artinya memberikan perlindungan pada kulit hingga 150 menit. Jika SPF 30 berarti melindungi kulit selama 300 menit dan SPF 50 akan melindungi kulit selama 500 menit. Bukan berarti tidak reapply sunscreen selama itu ya, tetep wajib reapply 2-3 jam sekali untuk perlindungan maksimal.

3. Pilih yang berlabel broad spectrum

Label broad spectrum ini maksudnya adalah sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus. Umumnya sunscreen hanya melindungi kulit dari paparan UVB saja. Cahaya UVA dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput. Sedangkan UVB menimbulkan kulit terbakar. Akibat terburuk dari sinar UVA dan UVB  dapat menyebabkan kanker kulit. Contoh sunscreen dari brand lokal yang memiliki label broad spectrum yaitu Wardah. Manfaat sunscreen Wardah yang berlabel broad spectrum sangat baik digunakan setiap hari untuk memproteksi kulit dari paparan UVA dan UVB secara lebih optimal.

4. Pilih yang tahan air/water resistant

Tidak ada sunscreen yang benar-benar water resistant. Tapi tidak ada salahnya kalau memilih sunscreen yang tahan air. Jadi saat terkena air, misalnya keringat, air hujan, atau nangis, sunscreen kalian tidak akan langsung longsor begitu saja.

5. Cek komposisi produk

Saat memilih sunscreen jangan hanya melihat kandungan yang dihighlight saja, tetapi periksalah komposisi lengkapnya. Terkadang ada kandungan yang rawan mengiritasi kulit. Walaupun jumlahnya sedikit, bagi kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan tertentu akan menjad masalah besar buat kulit.

Misalnya untuk kulit kering sebaiknya memilih sunscreen yang ada kandungan hyaluronic acid atau glycerin dan oil-based., dimana bahan-bahan ini dapat melembabkan dan menghidrasi kulit. Sedangkan bahan yang sebaiknya dihindari yaitu paraben, alkohol, parfum/fragrance, dan oxybenzone. Bahan-bahan ini dapat mengiritasi kulit kering, apalagi sensitif. Untuk kulit sensitif sebaiknya memilih sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak baik untuk menggunakan sunscreen yang mengandung titanium dioksida, bebas minyak, water-based, dan tanpa kandungan pewangi.

6. Pilih tekstur sesuai jenis kulit

Ada beberapa tekstur sunscreen yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. Ada sunscreen yang berbentuk lotion, gel, dan krim. Sunscreen bertekstur lotion dapat digunakan untuk kulit normal, kering, dan berminyak. Tekstur gel baik digunakan untuk jenis kulit normal dan berminyak. Sedangkan bentuk krim cocok digunakan untuk kulit normal, dan kering. Akan tetapi ini bukan patokan yang harus dan wajib. Kalian bisa disesuaikan sendiri berdasarkan kenyamanan dan kondisi kulit masing-masing.

7. Baca atau tonton review dulu

Membaca review di website atau nonton video seputar skincare sangat perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli sebuah produk skincare. Berlaku untuk yang masih mau mencoba pertama kali ya. Cara ini yang seringkali saya lakukan sebelum memutuskan untuk beli produk baru. Biasanya yang sudah terbiasa menggunakan skincare punya beauty blogger atau beauty vlogger panutan. Nah ini bisa jadi salah satu cara menentukan harus beli atau tidak.

8. Jangan mudah keracunan oleh spall-spill

Zaman sekarang apa-apa serba di spill, sampai kadang bingung mana yang review beneran atau hanya sekedar share link saja. Jangan tergoda dengan spall-spill oleh seseorang yang bukan spesialis skincare. Tidak masalah membeli produk yang di spill, asalkan orang yang spill iitu memang seorang yang ahli tentang per-skincare-an. Biasanya mereka kalau spill produk sudah pernah dicoba. Dan walaupun itu produk endorse, review mereka tetap bisa dipertanggungjwabkan, atau bisa dikatakan review jujur.

Itulah 8 tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit yang bisa dilakukan sebelum membeli sunscreen. Kalian juga bisa baca-baca artikel menarik lainnya seputar kesehatan dan kecantikan di ceklist.id. Semoga artikel kali ini bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.