Membersihkan Wajah Secara Efektif

By Eva Putri - September 13, 2020

Membersihkan wajah setelah pakai make up memang sangat penting dan wajib banget dilakukan. Tidak hanya setelah bermake up, bahkan setelah bepergian dan terpapar debu dan polusi di jalanan saja harus banget dibersihkan secara maksimal karena tanpa disadari sebenarnya yang membuat kulit cepat menua salah satunya adalah kotoran yang menempel di kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan maksimal.

Debu dan kotoran aja bisa membuat kulit kotor, berjerawat, dan cepat menampakkan tanda-tanda penuaan dini. Apalagi kalau menggunakan make up dikeseharian wajib banget dibersihkan hingga ke dalam. Make up tentunya terbuat dari bahan-bahan kimia yang beberapa diantaranya bisa membuat kulit "sakit", tentu saja kulit wajah lebih cepat menua, keriput, berjerawat, dan muncul tanda kulit tidak sehat lainnya jika tidak dibarengi dengan perawatan kulit, minimal membersihkan lah hingga benar-benar tidak ada kotoran yang menempel di kulit wajah. Kasihan dong yaa kalau hanya di kasih bahan kimia terus tanpa dirawat dengan baik.

Aku yakin sekali masih banyak orang yang kurang peduli dengan kebersihan kulitnya. Mungkin beberapa diantara mereka berpikir bahwa membersihkan wajah cukup dengan menggunakan facial foam atau facial wash. Nyatanya itu salah. Itu hanya salah satu langkah diantara beberapa langkah yang perlu dilakukan untu membersihkan wajah secara efektif. Apalagi nih bagi yang suka pakai make up mata dan bibir yang waterproof harus bener-bener tahu cara membersihkan wajah dari makeup waterproof supaya hasilnya maksimal.

Ada 5 langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah supaya hasilnya bersih maksimal yaitu sebagai berikut:

  • Eye & Lip Makeup Remover

Poin penting dan utama dalam make up biasanya adalah bagian mata dan bibir. Kedua bagian ini biasanya lebih sering menggunakan produk yang waterproof jadi bisa jadi lebih sulit dihapus, misalnya maskara, eyeliner, dan lipstik. Untuk hasil maksimal bisa menggunakan produk pembersih khusus mata dan bibir. Eye make up remover penting digunakan karena daerah mata memiliki kulit yang lebih sensitif, tipis, dan biasanya terdiri atas beberapa lapisan produk. Jangan sampai menggosok-gosok daerah mata terlalu keras karena bisa jadi menyebabkan iritasi. Bahkan bisa menyebabkan kulit sekitar mata berkerut loh. Demikian juga dengan bibir, yang suka menggunakan lipstik matte pasti akan sedikit lebih sulit membersihkannya. Pastikan menghapus hingga benar-benar bersih karena semakin lama bisa menyebabkan bibir menghitam loh. Nah makanya nih eye & lip make up remover biasanya dibuat dari bahan-bahan yang lembut, aman, tidak menyebabkan iritasi dan tentunya lebih cepat mengangkat makeup. Produk ini bisa diperoleh dari harga murah hingga mahal, produk lokal hingga luar negeri  misalnya Wardah, Pixy, Biore, Nivea, Innisfree hingga Laneige sudah menyediakan produk eye make up remover. Tinggal sesuaikan saja dengan budgetnya ya.

  • Cleansing Oil

Langkah kedua yaitu cleansing oil. Cleansing oil merupakan produk pembersih makeup yang berbahan dasar minyak. Cleansing oil perlu banget digunakan oleh perempuan yang suka memakai makeup apalagi makeup waterproof karena cleansing oil ini lebih mudah mengangkat makeup. Ya karena bahan dasarnya minyak. Walaupun begitu, produk seperti ini tidak akan menyumbat pori-pori. Bahkan untuk pemilik kulit berminyak pun masih direkomendasikan untuk menggunakan cleansing oil, tapi harus memperhatikan kandungan minyaknya. Untuk pemilik kulit kering sangat bagus menggunakan cleansing oil. Kandungan minyaknya akan dapat melembabkan dan menghidrasi kulit. Sedangkan untuk kulit sensitif masih dapat menggunakan cleansing oil tapi tetap berhati-hatilah terhadap bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Cara penggunaannya tidak sulit kok, cukup tuangkan ke tangan, aplikasikan ke wajah, dan pijat-pijat ringan beberapa saat agar makeup dapat luntur.

  • Micellar Water

Berbeda dengan cleansing oil, micellar water lebih banyak mengandung air daripada minyak. Bukan berarti tanpa minyak sama sekali. Tetap ada kandungan molekul minyak tetapi lebih kecil yang disebut dengan micelle dan tersimpan dalam air, jadi saat digunakan tidak menimbulkan rasa lengket. Setelah penggunaan meskipun tidak dibilas dengan air pun masih tetap aman dan tidak terasa mengganggu. Meskipun berbahan dasar air, ada beberapa produk yang didesain dapat menghapus makeup waterproof juga. Resiko penggunaan micellar water ini lebih kecil dibandingkan cleansing oil karena biasanya terbuat dari bahan alami yang ramah untuk kulit. Aku sendiri pecinta micellar water ini karena selain ringan di kulit, harganya pun juga ramah dikantong hihi. Meskipun cukup terjangkau tapi tidak mengurangi keefektifannya. Micellar water ini juga untuk memastikan kotoran di wajah sudah bersih dari sisa makeup.

  • Facial Wash atau Facial Foam

Langkah yang tidak kalah pentingnya yaitu menggunakan face wash atau facial foam. Apa sih bedanya facial wash dan facial foam, bukannya sama ya? Sekilas memang sama tapi ternyata ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Pastikan memilih facial wash atau facial foam yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajahmu.

Facial wash ada 2 bentuk yaitu gel dan creamy. Facial wash berbentuk gel teksturnya lebih ringan sehingga lebih cocok untuk digunakan pad akulit sensitif. Hasilnya wajah terasa lebih bersih dan segar. Terkadang dalam facial wash gel mengandung anti-bacteri juga jadi cocok digunakan untuk yang kulitnya mudah berjerawat.

Sedangkan facial wash creamy mengandung moisturizer yang dapat memberikan efek lembab setelah penggunaan. Jadi cocoknya nih untuk yang kulitnya kering.

Berbeda dengan facial wash yang biasanya tidak berbusa atau sedikit berbusa, facial foam justru menghasilkan banyak busa. Nah tekstur busa inilah yang dapat mengangkat minyak hingga bersih dan membersihkan pori-pori hingga ke dalam. Makanya nih facial foam dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak. 

  • Toner

Setelah mencuci wajah jangan lupa untuk melanjutkan pakai toner. Toner biasanya berbentuk cair seperti air dan mudah menyerap ke dalam kulit. Jenis toner pun bermacam-macam sesuai dengan kandungan dan fungsi masing-masing. Harus tahu dulu nih kebutuhan kulitmu sebelum menggunakan toner. Jangan menyepelekan toner yaa karena toner memiliki banyak manfaat untuk kulit diantaranya mengangkat kotoran di wajah yang sekiranya masih menempel, dapat membuat kulit lebih lembab, mengatasi jerawat, dan mengembalikan pH kulit pada kondisi semula. Tentu saja manfaat tersebut tidak selalu ada dalam setiap toner. Harus pinter-pinter memilih toner yang sesuai untuk wajah masing-masing.

Setelah menggunakan toner bisa dilanjutkan menggunakan skincare seperti biasanya.

Aku sendiri pun sebenarnya masih suka lupa dan males membersihkan wajah dengan banyak langkah-langkah seperti itu hehe tapi tidak untuk dicontoh yaa. Merawat kulit juga merupakan salah satu menjaga aset. Efeknya mungkin tidak terasa untuk sekarang, tapi akan terasa setelah beberapa puluh tahun nanti setelah sampai pada masa-masa tua. So, jangan males merawat kulit yaaa (nasehatin diri sendiri juga wkwk)

Semoga tulisan ini bermanfaat and thank you sudah mampir dan menyempatkan baca. Jangan bosan kembali lagi yaa hehe

Love you

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Woowww ternyata ada 5 langkah ya kak. Aku biasanya hanya cleansing oil dan facial wash aja. Kalau micellar water kadang2 hehehe.

    ReplyDelete
  2. Kita samaan, aku emng jrng pake make up tebel ka sebetulnya, tpi step diatas jadi daily aku ka buat cleansing wajah aku

    ReplyDelete

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.