Jumat, 22 Juli 2022

Review Implora Peeling Serum untuk Menghilangkan Whitehead Di Kulit Kering Normal (Normal to dry)

Review Implora Peeling Serum

Beberapa orang terutama yang sudah menginjak usia 20an apalagi sering menggunakan makeup saya rasa mereka punya masalah di wajah, salah satunya komedo putih. Tapi bersyukurnya dulu saat umur 20an kulit saya masih baik-baik saja dan tidak ada masalah yang sangat mengganggu. 

Masuk usia sekitar 25 tahun mulailah kerasa ada yang bikin enggak nyaman yaitu si komedo putih, terutama di area hidung dan bawah bibir. Padahal saya tidak sering pakai makeup. Biasanya kalaupun pakai hanya tipis, enggak yang makeup full coverage tapi tetap saja muncul lagi dan semakin banyak. 

Setelah saya cari tahu ternyata komedo putih (whitehead) ini memang terbentuk karena adanya sel kulit mati dan kotoran lain yang masuk ke dalam pori-pori, sehingga menyumbat pori kulit dan timbullah whitehead. Walaupun saat remaja kulit tampak baik-baik saja, rupanya masih berpeluang muncul komedo putih saat dewasa. Dan nyata, ini terajadi di kulit wajah saya, terutama area hidung dan dagu dibawah bibir yang cenderung lebih sedikit berminyak dibandingkan dengan area lain. 

Munculnya white head tidak serta merta tanpa disertai alasan. Tidak ada asap kalau tidak ada api, ya kan. Kulit berminyak akibat pemakaian produk atau karena cuaca ternyata bisa menjadi penyebab. Selain itu, paparan bahan kimia, seperti isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna komestik juga menyumbang peran dalam pembentukan whitehead. Pencet jerawat juga bisa menimbulkan whitehead. Banyak banget deh faktor penyebab munculnya whitehead kalau mau dijabarkan. 

Kalau dalam kasus saya, saya pikir whitehead muncul karena cleansing yang kurang bersih serta penggunaan produk yang mengandung bahan penyumbat pori-pori kulit. Apalagi setelah saya pakai makeup, wah langsung tuh whitehead dateng keroyokan. 

Solusi dari whitehead diantaranya double cleansing dan eksfoliasi. Ada cara lain, namun yang saya lebih tahu dan sekiranya bisa dilakukan sendiri ya cara ini. Double cleansing sudah tidak bingung lagi nyari produknya. Nah, yang eksfoliasi agak bingung. Saya masih pemula banget menggunakan produk eskfoliasi, jadi ada rasa khawatir, karena katanya produk eksfoliasi itu sedikit lebih keras kandungannya.

Pas scrolling, ketemu dengan beberapa orang yang merekomendasikan eksfoliasi serum dari Implora. Lumayan banyak yang bilang ini bagus dan harganya terjangkau. Saya sudah pernah tahu tapi belum sempat nyoba. Di thread itu disebutkan kalau serum Implora cocok untuk pemula. Langsung deh beraniin nyoba. Saya sudah memakai Peeling Serum Implora beberapa kali. Saya tidak menyebutkan dalam jangka bulan atau minggu, karena pemakaian saya kurang rutin, tapi saya rasa sudah ada hasil yang bisa diceritakan. 

Kemasan Implora Peeling Serum

Implora Peeling Serum dikemas dalam botol kaca putih keruh dengan aplikator pipet. Persis seperti packaging serum Scarlett, tapi milik Implora lebih tebal, lebih berat, dan lebih kokoh. Bentuknya lebih bulat, lebih gendut, dan isinya lebih banyak daripada serum Scarlett. Untuk harga under 50 ribu dengan kemasan seperti itu sudah sangat bagus, bintang 5 sih. Tidak merepotkan sama sekali kalau mau dibawa travelling, bisa diselipkan di tempat-tempat terpencil wkwkwk. Penggunaan pipet untuk mengambil produk enak banget apalagi teksturnya cair seperti air.

Ingredients Implora Peeling Serum

Aqua, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Glycerin, Succinic Acid, Silanediol Salicylate, Ethoxydiglycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9, Sodium Lactate, Sodium Pca, Hydroxypropyl Methylcellulose, Dmdm Hydantoin, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Triethanolamine, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Iodopropynyl Butylcarbamate, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Niacinamide, Urea, Glabridin, Benzoic Acid, Sodium Benzoate, Sodium Methylparaben, Sodium Chloride, Terry-Dry Freeze Dried or Spray Dried Aloe Vera Powders, Propylparaben, Ci 14720, Ci 15985, Ci 42090

Kandungan yang dihighlight dari serum ini:

  • AHA (Glycolic Acid)
  • BHA (Silanediol Salicylate)
  • PHA (Fruktose) 
  • Licorice Extract
  • Aloe vera Extract
Glycolic acid adalah salah satu jenis AHA yang dapat berfungsi sebagai eksfoliator. AHA dapat membantu membersihkan sel kulit mati dan membersihkan penyumbatan pori kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain dari jenis ini, ada juga jenis AHA lain yang digunakan yaitu Lactic Acid. Sama seperti Glycolic Acid, Lactic acid dapat  membantu mencerahkan kulit  yang tidak merata. Tidak disebutkan takarannya. Glycolic Acid berada di urutan lebih atas daripada Lactic Acid. Ini menunjukkan kalau kandungan Glycolic Acid lebih banyak dibanding Lactic Acid. (menyebabkan cekit cekit dan perih)

Jenis BHA yang digunakan dalam peeling serum Implora yaitu Silanediol Salicylate. Ini merupakan 
kombinasi dari Salicylic Acid dan Dihydroxysilyl ester. BHA tergolong eksfoliator yang mampu meresap ke dalam pori-pori kulit, sehingga pembersihan kulit lebih efektif. 

Untuk PHA memiliki fungsi hampir sama dengan AHA dan BHA. Molekul PHA lebih besar, jadi tidak bisa menembus pori-pori kulit dan hanya bisa bekerja di permukaan kulit saja. PHA bisa meminimalisir terjadinya iritasi pada permukaan kulit. Sifat PHA yang sepert ini cocok untuk pemilik kulit kering yang tidak menyebabkan semakin kering. Kulit sensitif juga cocok pakai eksfoliator jenis PHA. 

Karena kandungannya yang lengkap, Peeling serum Implora bisa digunakan untuk semua tipe kulit. Bahkan kulit sensitif juga masih bisa pakai.

Lalu ada licorice extract dan aloe vera extract. Licorice (legum) mengandung banyak antioksidan, anti inflamasi, anti aging, dan dapat membantu mencerahkan kulit. Kalau Aloe vera (lidah buaya) lebih dikenal untuk melembabkan kulit. 

Selain kandungan tersebut, dalam serum ini juga mengandung bahan yang sifatnya hydrating, seperti PEG-40 Hydrogenated Castor Oil dan Sodium PCA. Tidak ketinggalan ada Niacinamide yang berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit. Untuk yang alergi fragrance aman pakai serum ini, tidak ada fragrance didalamnya, juga tidak mengandung alkohol.

Tekstur dan Aroma Implora Peeling Serum


Teksturnya cair banget seperti air berwarna ungu. Kesannya kayak pakai air anggur warna purple. Ditaruh di tangan langsung lari begitu saja. Dibaurkan mudah dan langsung bisa menjangkau area yang dieksfoliasi. Daya resapnya oke banget. Dipakai sebentar langsung nyerap.

Untuk aromanya tidak ada aroma aneh ataupun bahan kimia meskipun tidak pakai fragrance. Menurutku masih sangat aman dan tidak mengganggu.

Cara Pemakaian Implora Peeling Serum



Karena tergolong serum eksfoliasi, pemakaian tidak boleh setiap hari, cukup 1-2x dalam seminggu. Pakainya hanya boleh malam hari dan tidak bisa dibarengi dengan skincare yang mengandung bahan aktif lain, misal vitamin C, retinol, atau bahan eksfoliator lain. 

Sebelum pakai serum ini saya selalu bersihkan wajah dulu dengan double cleansing, setelah itu menggunakan Peeling Serum Implora sekitar 2-3 tetes. Ditunggu 10 menit lalu dibilas. Kemudian saya lanjutkan dengan skincare yang menghidrasi, salah satunya Viva Sleeping Mask.

Review Pemakaian Implora Peeling Serum


Disini saya tidak menunjukkan foto before after. Kamera HP saya terlalu canggih sampai untuk ngefotoin whitehead tidak mampu wkwkwk. Serius ya, hanya kamera HP yang digunakan untuk foto-memfoto, jadi semakin didekatkan fotonya semakin blur. Harap dimaklumi ya hehe.

Pemakaian peeling serum ini memang saya lakukan tidak rutin. Namun akan saya buatkan rangkuman dari hasil yang sudah diamati selama pemakaian.

  • Sebelum pemakaian, kondisi komedo putih (whitehead) memang sedang banyak banget. Double cleansing dan skincare yang biasanya dipakai sudah tidak mampu mengatasi. Whitehead ada di area hidung dan dagu bawah bibir. 
  • Pertama pemakaian: ada sensasi rasa dingin nyaman, tapi juga ada sedikit rasa cekit-cekit berlangsung sebentar banget, hanya hitungan detik sudah tidak terasa. Sedikit rasa perih juga ada. Pemakaian pertama masih belum bisa menyimpulkan komedo bisa bersih atau nggak. 
  • Pemakaian kedua (jarak 3 harian dari pemakaian pertama): rasa perih masih ada, cekit-cekit sudah berkurang. Saya merasa komedo lebih mudah dibersihkan dan ada perkembangan yang lebih terlihat. Area hidung dan dagu bawah bibir terlihat lebih bersih.
  • Pemakaian selanjutnya (jarak lama dari pemakaian kedua) : Nampak jauh lebih cepat bersih dan tidak ada rasa cekit-cekit dan perih lagi. Semakin ngerasa kalau wajah lebih glowing setelah dibilas.
Saya sudah cukup happy banget dengan kerjanya Peeling Serum Implora. Sepertinya akan saya repurchase ini mah. Harganya ramah dikantong dengan kualitas yang lumayan sih. Sayangnya pemakaian kurang rutin. Kalau pemakaian rutin saya yakin hasilnya akan lebih mantul. Selama belum menggunakan eksfoliator lain, saya akan bilang ini the best untuk pemula. 

Jangan dibandingkan dengan eksfoliator lain yang lebih mahal, mungkin tidak bisa ya. Biasanya ada harga ada kualitas. Menurut saya serum ini cocok untuk pemula dengan budget minim atau yang masih mau nyoba-nyoba dulu. 

Terimakasih banget buat Implora yang sudah mengeluarkan serum sebagus ini. Saya sekarang tidak bingung lagi membersihkan whitehead yang suka datang setelah salah pakai skincare atau setelah pakai makeup tebal. 

Untuk serum harga 30ribuan termasuk banyak banget isinya, bahkan lebih banyak dibanding dengan serum yang harganya diatasnya.

Tertarik nyoba? Yuk ah...

0 komentar:

Posting Komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.