Membuat Meal Plan Untuk Bulan Puasa

By Eva Lestari - April 06, 2022

 

Tantangan hari ke 6 BPN Blog Challenge 2022 sebenarnya adalah rekomendasi restoran untuk pesan online. Tapi saya hanyalah anak desa yang jarang sekali makan di luar atau pesan makanan online. Ongkos kirim pesan makanan online dari kota menuju rumah saya bisa untuk satu porsi sendiri loh. Kan sayang uangnya hihi. Jadi saya ingin membuat blogpost tentang meal plan atau rencana menu makanan.

Bagi yang belum tahu apa sih meal plan itu? Jadi secara singkatnya, meal plan merupakan perencanaan menu-menu makanan yang akan dibuat dalam waktu tertentu, misalnya untuk 1 Minggu. Saya rasa membuat meal plan sangat membantu para ibu yang sering kebingungan mau masak apa. Ini juga menjadi salah satu cara menghemat keuangan. Kok bisa gitu?

Iya dong, karena dengan membuat perencanaan menu makanan menjadi tahu apa saja yang perlu dibeli dan tidak. Jadi tidak asal beli bahan makanan tanpa tujuan. Ibu juga harus tahu waktu maksimal penyimpanan bahan makanan supaya tidak tersisa dan akhirnya mubadzir terbuang. Itulah kenapa meal plan biasanya dibuat hanya untuk waktu maksimal satu minggu. Biasanya bahan makanan segar paling lama bertahan dalam chiller kulkas hanya 1 minggu, bahkan ada yang lebih cepat rusak.

Sudah tahu kan apa itu meal plan? Nah sekarang saya akan memberikan contoh meal plan untuk bulan puasa.

Meal plan untuk bulan puasa

Bunda bisa berkreasi sesuai dengan menu favorit keluarganya masing-masing. Tips membuat meal plan mudah yaitu:

  • Kumpulkan menu utama favorit keluarga. 
  • Letakkan menu tersebut satu hari satu menu utama
  • Kumpulkan juga menu cemilan dan letakkan setiap hari satu menu cemilan.
  • Lakukan yang sama untuk menu minuman dll.

Contoh:

Misalkan menu favorit keluarga bunda yaitu soto ayam, rawon, gule, cumi asam manis, rendang sapi. Soto ayam jadikan menu hari Senin, rawon untuk hari Selasa, gule untuk hari Rabu, dan seterusnya. Jadi tidak akan kebingungan mau buat menu makanan apa untuk besok dan lusa.

Apakah bunda sudah pernah mencobanya? Kalau belum, coba yuk bikin meal plan mumpung ramadhan juga masih lama nih.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.