Review Scarlett Herbalism Mugwort Mask vs Seriously Soothing Hydrating Gel

By Eva Lestari - April 16, 2022

 Hai beauties..

Akhir-akhir ini sejak punya bayi, saya jadi tidak terlalu memprioritaskan kesehatan kulit wajah. Terlalu lelah dengan rutinitas sebagai new mom. Karena sebentar lagi sudah memasuki bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim yaitu bulan Ramadhan dan tentu saja hari raya Idul Fitri, saya mulai lagi bertekad untuk memperbaiki ritual perskincare-an. Ya apalagi niatnya, selain bersihkan diri sucikan hati, wajib juga dong bersihkan dan glowingkan wajah hihi.

Dirutinitas skincare kali ini ada satu lagi yang saya tambahkan yaitu pakai masker. Saya mulai belajar menggunakan masker wajah secara rutin. Saat ini masker wajah yang sedang saya pakai adalah dari Scarlett. You know lah ya tentunya brand besar milik artis Felicia Angelista yang terkenalnya sudah seantero jagat raya ini.

Rangkaian skincare dari Scarlett sudah pernah saya coba beberapa produknya, mulai dari face wash, toner, serum, body lotion, hingga body scrub. Sejauh ini saya cocok dengan semua produk Scarlett yang pernah saya coba. Belum lama ini Scarlett mengeluarkan produk barunya yaitu masker wajah, tak mau ketinggalan saya juga coba pakai dong. Review-nya akan saya bahas lengkap diblogpost ini. Siapkan cemilan sambil baca biar lebih asyik 😁

Menggunakan masker wajah secara rutin bisa membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan lebih cantik. Ini menjadi salah satu rahasia orang orang-orang Korea yang kulit wajahnya bisa bersih dan sehat.

Yang perlu diingat adalah RUTIN. Jangan berharap banyak deh kalau pakai masker hanya sesempatnya saja, kayak saya nih wkwk. Penggunaan masker wajah berbeda-beda tergantung dengan jenisnya, ada yang seminggu 2-3kali saja cukup, ada yang bisa dipakai setiap hari juga. Macamnya sangat banyak, ya disesuaikan dengan kebutuhan saja. Seperti masker wajah Scarlett yang saya coba ini juga ada dua varian dan keduanya berbeda jenis, jadi pemakaiannya pun juga berbeda

Scarlett Herbalism Mugwort Mask vs Scarlett Seriously Soothing Hydrating Gel

Packaging

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask dikemas dengan dua kemasan, bagian luar dan bagian produknya sendiri. Luarnya menggunakan box karton putih kombinasi hijau untuk mugwort mask dan putih kombinasi pink keunguan untuk yang Hydrating Gel Mask. Box yang digunakan tidak terlalu tebal. Menurut ku packaging produk-produknya Scarlett tuh eyecatching banget. Sederhana tapi enak dipandangnya.

Sedangkan bagian produknya sendiri dikemas dengan kemasan jar plastik bertutup putih polos. Isinya terlihat samar-samar dari luar. Kekurangannya dari kemasan jar biasanya tidak mudah dibawa bepergian karena pasti makan tempat. Tapi jar masker Scarlett ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, masih easy going. Karena tidak terlalu besar, bisa lah ya diselipkan.

Kekurangan lainnya dari kemasan jar adalah sulit menjaga kehigienisannya. Ngambilnya pasti dicolek pakai tangan, nah yakin tuh tangannya bersih? Hehe. Tapi jangan khawatir, kalau Scarlett melengkapi dengan spatula kecil. Kita bisa ambil menggunakan spatula kecil itu. Spatulanya kecil banget, sepertinya hanya untuk colek saja, tidak untuk mengaplikasikan ke wajah. Meskipun begitu sudah lumayan banget, produk tidak sampai tersentuh tangan. Kalau begini berarti yang wajib dijaga kebersihannya adalah spatulanya.

Btw, seperti biasanya, keterangan di box karton lebih lengkap daripada di jar. Meskipun di jar juga tertera keterangan, tapi di box luar lebih banyak, sedangkan di jar adalah versi singkatnya.

Klaim

Manfaat Masker Scarlett Mugwort diantaranya yaitu untuk membantu mencerahkan, membersihkan wajah, serta menenangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Klaim ini diperjelas dengan kandungan bahan-bahan aktif yang digunakan.

Sedangkan manfaat Seriously Soothing Hydrating Gel Mask untuk mencerahkan, melembabkan, menenangkan, dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Semua produk Scarlett sudah terdaftar dalam BPOM, bebas merkuri dan bebas hidroquinone, serta not tested on animal. Aman juga digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Namun alangkah baiknya kalau berkonsultasi dengan dokter kandungan dulu sebelum memakai.

Ingredients

Sebenarnya ada banyak bahan yang terkandung dalam Mugwort Mask Scarlett. Namun ada beberapa yang memang menjadi bahan utama dan sangat diunggulkan, diantaranya:

MUGWORT EXTRACT, VITAMIN C, GLUTATHIONE, NIACINAMIDE, BAMBOO CHARCOAL, ALLANTOIN, CHLOROPHYLLIN, GREEN TEA POWDER.

Sedangkan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask menggunakan bahan yang berbeda, diantaranya:

NIACINAMIDE, VITAMIN C, GRAPE FRUIT WATER, SEVEN BERRY EXTRACT, GINSENG EXTRACT, CENTELLA ASIATICA, ROSE FLOWER WATER, ALLANTOIN

Manfaat bahan-bahan kandungan dalam masker Scarlett:

  • Mugwort Extract

Mugwort yang memiliki nama latin Artemisia vulgaris merupakan tumbuhan yang sejak dulu sudah digunakan sebagai obat dan bumbu aromatik masakan. Kalau di Indonesia tumbuhan ini disebut dengan daun baru cina. Daunnya mirip sekali dengan daun kenikir. Mereka berasal dari rumpun yang sama tetapi beda spesies atau jenis.

Dalam daun Mugwort terkandung vitamin E dan antioksidan, oleh karena itulah akhir-akhir ini Mugwort sangat populer dalam perskincare-an Korea, tak kalah juga brand lokal berlomba-lomba meluncurkan produk skincare berbahan dasar Mugwort. Salah satu jenis produk yang menggunakan Mugwort yaitu masker.

Vitamin E pada Mugwort berfungsi untuk membantu menghidrasi dan menenangkan kulit. Sedangkan antioksidan berfungsi sebagai anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat.

  • Vitamin C membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas.
  • Glutathione dapat membantu mencerahkan dan melembabkan kulit
  • Niacinamide membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas-bekas jerawat.
  • Bamboo Charcoal membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural exfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah.
  • Chlorophyllin berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Green Tea Powder membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan sifat antioksidan pada Green Tea dapat membantu melawan radikal bebas serta cocok digunakan oleh kulit berminyak dan berjerawat karena membantu untuk mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Allantoin membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit.
  • Enkapsulasi Salicylate yaitu Salicylic Acid yang di enkapsulasi, sehingga lebih mudah masuk ke pori-pori. Salicylic Acid berfungsi untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan merawat kulit berjerawat.
  • Galactosyl Salicylate antiseborrheic yang sifatnya melembapkan, sehingga wajah tidak terasa kering saat menggunakan Herbalism Mugwort Mask.
  • Seven Berry Extract

- Blackberry membantu menghidrasi kulit.

- Blackcurrant membantu meredakan peradangan.

- Blueberry kaya akan anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas.

- Raspberry membantu meningkatkan produksi kolagen.

- Cranberry membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

- Acai Berry membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

- Strawberry membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit.

  • Ginseng Extract membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan, mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan.
  • Centella Asiatica Extract membantu melawan efek buruk akibat radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka, membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, mampu meningkatkan produksi kolagen serta membantu mengatasi kulit kering, kemerahan dan iritasi.
  • Grape Water membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi.
  • Rose Water membantu menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit serta menyamarkan pori-pori.
  • Watermelon Extract mengandung vitamin A, C, dan Lycopene yang mampu menangkal radikal bebas, membantu mencegah garis-garis halus di kulit, dan jerawat. Kandungan air tinggi pada buah semangka dapat berperan menjadi pelembab alami untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Sea Cucumber mengandung peptide dan linoleic acid. Peptide ini mengandung kolagen yang fungsinya untuk membantu menjaga dan memperbaiki kulit rusak. Kandungan linoleic acid pada sea cucumber yang berperan sebagai antioksidan.
  • Rosa Gallica sumber yang kaya akan vitamin C, Rosa Gallica petals membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Aroma & Tekstur

Masker Mugwort berwarna hijau keabuan, bukan yang pure hijau banget. Baunya tidak berbau bahan kimia yang aneh-aneh, tapi sangat jelas kalau itu wangi dedaunan. Sekilas mirip matcha tapi kalau melihat ingredient nya tidak ada matcha. Bisa jadi aroma dari ekstrak Mugwort itu sendiri.

Bentuknya seperti clay mask tapi sebenarnya dia seperti antara gel dan cream. Paham ga sih? Wkwk. Teksturnya halus banget, ada sedikit butiran kasar mirip scrub, sedikit banget jumlahnya, tidak sebanyak scrub. Perlu berhati-hati saat membilas jangan sampai terlalu keras, takutnya butiran ini bisa melukai kulit wajah dan membuat iritasi.

Sedangkan masker yang Hydrating berwarna kuning Oren kecoklatan, bening, dan terlihat ada rose petal kecil-kecil didalamnya. Teksturnya sangat berbeda dengan Mugwort mask. Yang ini sangat jelas berbentuk gel, dari namanya sudah cukup menjelaskan. Tidak ada butiran kasar seperti Mugwort.

Aromanya juga sangat berbeda. Seriously Soothing Hydrating Gel Mask lebih wangi dan segar seperti aroma buah. Kedua jenis masker Scarlett tidak menggunakan pewangi, jadi wanginya masih wangi alami dari kandungan bahan-bahannya.

Cara Pemakaian

Scarlett Herbalism Mugwort Mask digunakan cukup 2-3x dalam 1 Minggu. Sebelum menggunakan dipastikan wajahnya sudah bersih dulu, alangkah baiknya kalau double cleansing. Saya biasanya bersihkan wajah pakai micellar water dulu lalu cuci muka. Setelah itu dilanjut pakai Scarlett Herbalism Mugwort Mask, tunggu 10-15 menit lalu bilas. Kemudian dilanjutkan dengan urutan skincare seperti biasanya, yaitu toner, serum, dan moisturizer.

Sedangkan untuk Seriously Soothing Hydrating Gel Mask bisa digunakan setiap hari. Namun tidak masalah kalau hanya pakai 2-3kali dalam seminggu. Yang terpenting adalah rutin.

Hasil Pemakaian

Hasil pemakaian kedua masker selama 2 minggu, terlihat lebih cerah dan fresh

Inilah beberapa hasil yang aku dapatkan setelah 3x pemakaian mugwort mask

✔️ Saat diaplikasikan terasa dingin di muka seperti ada sensasi rasa dinginnya mint.

✔️ Saya agak kurang suka dengan aromanya. Menurut penciuman saya wanginya agak strong ke arah daun-daunan.

✔️ Tidak ada reaksi kemerahan di kulit sejak pertama kali pemakaian

✔️Terasa sedikit perih dan clekit-clekit di beberapa area pipi. Area ini biasanya yang terasa kering. Rasa clekit-clekit sudah biasa saya rasakan saat pakai skincare baru pertama kali.

✔️Kurang berpengaruh untuk komedo white head dan pori-pori yang besar. Masih perlu pemakaian lebih lama lagi untuk benar-benar melihat apakah masker ini berpengaruh atau tidak untuk komedo dan mengecilkan pori-pori.

✔️Wajah terasa lebih lembab setelah dibilas. Namun lembabnya seperti beda. Walaupun terasa agak lembab tapi kalau dilihat terlihat agak kering, bukan yang plumpy gitu.

✔️Walaupun banyak juga yang review kalau masker jenis mugwort ini lebih cocok untuk kulit berminyak karena Mugwort yang mampu mengangkat minyak di wajah, beruntungnya saya masih cocok dan tidak ada masalah di kulit wajah saya sejak pertama kali pakai. Tidak ada rasa kering ketarik sama sekali.

✔️Untuk efek mencerahkan menurut saya belum terlalu terlihat. Mungkin saja perlu dipakai dalam jangka waktu lebih lama lagi.

Sedangkan hasil 3x pemakaian dari Seriously Soothing Hydrating Gel Mask yaitu sebagai berikut:

✔️ Aromanya lebih nyaman dan lebih enak. Saya lebih suka aroma yang ini daripada mugwort, seperti aroma buah-buahan.

✔️ Teksturnya tidak ada masalah bagi saya

✔️ Efek lembabnya lebih terasa, walaupun lembabnya bukan seperti lembab pakai moisturizer ya

✔️ Wajah juga terlihat lebih cerah, terlihat setelah dibilas. Bukan putih. Putih dan cerah beda ya.

✔️ Wajah terasa lebih fresh dan tidak lagi ada rasa ketarik.

Kesimpulan

Dari kedua masker Scarlett itu saya lebih suka yang Seriously Soothing Hydrating Gel Mask. Dari teksturnya dan tentunya hasil yang didapat. Fungsi melembabkannya lebih terasa daripada mugwort.

Kedua masker ini diklaim bisa digunakan untuk semua tipe kulit. Tipe kulit saya normal to dry masih aman pakai mugwort mask. Namun ada beberapa testimoni yang kurang cocok dengan mugwort mask ini. Sebelum menggunakan ke wajah lebih baik dites dulu dengan cara dioles di punggung tangan atau belakang telinga. Jika memang tidak ada reaksi negatif, berarti aman digunakan di wajah.

Harga dan Pembelian

Harga Rp. 75.000 untuk setiap produk berisi 100 gram

Pembelian langsung ke official store saja dilink berikut https://linktr.ee/scarlett_whitening

Perlu berhati-hati saat membeli produk. Jangan sampai beli produk Scarlett yang tidak original ya. Untuk cek keaslian produk Scarlett dengan membuka link https://verify.scarlettwhitening.com/ dan ikuti petunjuknya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.