Alasanku Memulai dan Bertahan Ngeblog

By Eva Putri - April 14, 2021

Pada tulisan Tentang Diary Eva sudah aku singgung sedikit mengenai awal mula aku mengenal blog. Disini akan lebih dijelaskan lagi why-nya ngeblog dan masih bertahan nulis di blog hingga sekarang. Apakah memang menguntungkan dan sangat menjanjikan? Hmmm mari kita bahas.


Awal Mula Membuat Blog

Hanya karena iseng dan rasa penasaran dengan blog saja awalnya. Iseng mencoba membuat akun di www.blogger.com tanpa tahu aku akan mengisi dan menulis apa nantinya. Karena aku tipe orang yang cepat penasaran dengan platform apapun di internet, apalagi yang mengharuskan membuat akun. Ya pokoknya buat aja dulu. Bagaimana nantinya, bagaimana kelanjutannya ya belajar sambil jalan. Gitu sih prinsipku.

Akhirnya jadilah blog yang awalnya beralamat www.evaplestari.com hingga sekarang sudah berubah menjadi www.diaryeva.com. Tentunya dengan pemikiran yang berkali-kali lipat lamanya untuk mengubah alamat blog itu.

Setelah cukup paham tentang apa itu blog, apa alasan untuk tetap bertahan?

Aku adalah orang yang lebih bisa mengekspresikan diri melalui tulisan dibandingkan dengan omongan. Dulu aku suka menulis apa-apa yang bisa ditulis, sekalipun itu tidak penting wkwk.

Dari latar belakang diriku yang seperti itu, aku seperti menemukan tempat terindah untuk mencurahkan tulisan-tulisanku. Di blog bisa menulis sepanjang apapun yang aku mau dan juga bebas mau menuliskan apa. Oke, dari situ keputusan ku untuk mempelajari dunia blogging semakin besar.

Awalnya memang niatanku hanya untuk sharing pengalaman dan sebagai media curhat lah karena dulu cukup sering curhat di sosial media, khususnya Facebook. Pada saya itu yang rame masih Facebook sih. Instagram dan Twitter belum sefamiliar sekarang untuk kami. Aku rasa curhat di Facebook kurang pas, dan inginnya blog ini sebagai tempat baru yang lebih bebas untuk menuangkan curhatanku.

Semakin dewasa biasanya kita merasa kalau curhat tentang masalah pribadi ke dunia online tidaklah pantas. Itu juga yang aku rasakan dikemudian hari. Yasudah aku memutuskan untuk tidak menggunakan blog sebagai media curhat pribadi tapi aku ingin memanfaatkan sebagai media sharing tentang pengalaman-pengalamanku yang sekiranya bisa diambil manfaatnya oleh orang lain.

Sekian waktu berlalu dan semakin banyak yang aku pahami tentang seluk beluk blog, hingga tahu bahwa ternyata blog bisa menghasilkan uang. Wah ini kesempatan bagus, pikirku. Segeralah aku mendaftarkan blog ini ke adsense dan bagitu mudahnya diterima adsense tanpa halangan apapun.

Yang awalnya hanya ingin berbagi saja, ternyata dari blog bisa diperoleh lebih dari itu. Aku semakin bersemangat dan ingin tetap bertahan menulis di blog. Tujuan utama adalah sharing. Kalau bisa menghasilkan rupiah berarti itu adalah bonus.

Namun ternyata untuk menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang aku bayangkan. Banyak sekali perjuangan dan usaha yang harus dilakukan. Tapi aku tidak akan berhenti ngeblog hanya karena belum menghasilkan uang. Toh tujuan awalnya ngeblog kan juga bukan karena rupiah.

Jadi kesimpulannya dari pertanyaan mengapa masih bertahan ngeblog dan apa alasannya yaitu ingin berbagi atau sharing pengalaman dan ilmu yang aku punya. Terkait masalah uang, kalaupun blogku bisa menghasilkan uang ya alhamdulilah itu sebagai bonus. Kalaupun belum bisa menjadi ladang penghasilan ya tidak apa-apa. Aku akan tetap menulis, berharap semoga suatu saat bisa menjadi lebih baik. Katanya, menulislah kalau ingin dikenang dunia hehe.



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Halo kak Eva.

    Wah.. rajin sekali yaa kakak. Ini pasti tema kedua dari challage yaa? Yang kemarin pertama tentang arti nama blog. Saya uga mengikuti kak, mengikuti temanya. Dan baru aku buat tadi pagi pukul 1 dan sudah jadi tinggal post. Mungkin kk berkenan berkunjung ke gubuk kecil saya silakan kak. Siapa tau disana kk menemukan sesuatu yang kk cari. Hehehe

    Mungkin tema kedua dari challage akan saya buat setelah post tema pertama kak, mudah2an hari ini bisa. Saya tidak ikut challage karena saya cowok kak. Katanya itu challage hanya untuk cewek. Saya hanya ikutin temanya aja, bukan challagenya. Daripada pusing mau bikin konten apa kan yaa kak. Hehehe Mohon pamit kak.

    Salam kenal yaa kak. Aku tunggu kunjungannya di TOMTOMID

    ReplyDelete

Halo, berkomentarlah dengan sopan ya karena kata-katamu adalah cerminan dirimu. Thank you sudah mampir.