Tips Belanja Skincare Ditengah Pandemi Virus Corona / Covid-19

By Diary Eva - March 28, 2020

tips_menjaga_diri_belanja_skincare_saat_pandemi_corona

Kebutuhan skincare bagi sebagian orang adalah kebutuhan yang sangat penting, bisa dibilang sebagai kebutuhan primer kedua. Bahkan banyak diantara orang-orang ini yang rela menekan uang jajan demi membeli skincare setiap bulannya. Yah tidak ada salahnya sih merawat kulit juga merupakan salah satu usaha investasi untuk masa tua yang lebih cerah. Cerah kulitnya haha

Bagaimana nih skincare bulan ini? Masih ada persediaan kah atau sudah tinggal sedikit atau bahkan habis sama sekali? Bagi yang sudah tidak lagi memiliki persediaan skincare akan sedikit khawatir, khawatir bagaimana caranya membeli skincare yang aman di tengah merebaknya virus Corona atau Covid-19 ini.

Yap seperti yang kita tahu bahwa saat ini bumi kita sedang mengalami masalah serius terkait menyebarnya virus Corona hampir ke seluruh dunia, tak terkecuali negara tercinta kita, Indonesia. Pemerintah sudah mengambil tindakan social distancing dan Work From Home (WFH) /bekerja dari rumah supaya tidak semakin banyak masyarakat yang terjangkit. Ada baiknya kita mengikuti aturan dari pemerintah tersebut agar kita tetap aman, tetap sehat, dan tidak menjadi carier virus Corona ini karena seperti berita yang beredar bahwa virus ini dapat menular dengan sangat cepat hanya melalui sentuhan atau memegang barang.

Untuk mendukung usaha pemerintah tersebut, kita sebagai pengguna skincare juga sebaiknya mengikuti aturan pemerintah untuk #dirumahaja. Kalaupun terpaksa harus berbelanja skincare, sebaiknya menerapkan cara-cara yang sehat, aman, dan baik. Nah ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat akan berbelanja skincare agar tetap aman:

Tips 1: Baca Review atau Ulasan
membaca_review_ulasan_sebelum_belanja_skincare
Membaca review atau ulasan dari orang lain adalah hal yang hampir selalu aku lakukan setiap akan membeli produk, termasuk skincare.

Membaca review dari orang lain menurutku sangat berguna karena dapat memudahkan dalam memilih skincare mana yang sebaiknya tepat dibeli. Apalagi saat ini banyak sekali brand yang semakin memenuhi daftar nama dan jenis skincare.

Ditambah lagi saat ini tidak diizinkan untuk berada di tempat ramai. Jadi membaca review terlebih dulu sangat penting agar belanjanya lebih cepat dan tidak berlama-lama berada diantara banyak orang.

Membaca review bisa tidak dilakukan apabila skincare yang digunakan memang sudah pernah dipakai sebelumnya dan merasa cocok, sehingga tidak perlu mencari referensi skincare lagi.


Tips 2: Tidak Mencoba Tester
Disaat keadaan sedang tidak baik seperti ini sebaiknya menghindari mencoba tester yang disediakan oleh toko yang akan kita beli. Bukan karena apa-apa. Hal ini demi untuk menjaga diri kita. Kita tidak pernah tahu siapa saja orang yang sudah memegang dan mencoba tester tersebut. Apakah steril ataukan tidak. Apakah mereka membawa virus atau tidak.

Seperti yang kita tahu virus Corona dapat menular melalui sentuhan atau benda yang dipegang oleh orang yang terkena virus tersebut. Jadi ada baiknya tidak perlu mencoba tester dulu yaa di saat sedang terjadi wabah seperti sekarang ini.


Tips 3: Membawa Hand Sanitizer
hand_sanitizer
Akhir-akhir ini hand sanitizer menjadi salah satu barang yang banyak diburu. Yaa karena kehadiran virus Corona. Oleh karena itu apabila ingin belanja skincare jangan lupa membawa hand sanitizer dan sesegera mungkin pakai hand sanitizer setelah menyentuh benda, orang lain, ataupun menerima uang kembalian


Tips 4: Gunakan Uang Pas

Uang adalah benda yang paling cepat berputar dan berjalan. Oleh karena itu, uang juga menjadi salah satu benda yang rentan menularkan virus Corona. Kita wajib waspada terhadap uang. Nah agar kita tidak menyentuh dan membawa pulang uang yang tidak tahu asalnya dari mana, alangkah baiknya apabila kita memberikan uang pas saat belanja agar tidak menerima uang kembalian.

Tips 5: Belanja Online
Belanja melalui online juga sedang menjadi primadona, apalagi saat ada wabah virus Corona lebih dianjurkan untuk belanja online agar tidak saling bertemu dan bersentuhan. Jadi kita bisa membeli skincare melalui e-commerce, tidak perlu repot keluar rumah, tidak khawatir bertemu dengan orang banyak dan tak dikenal, serta tidak perlu menyentuh uang karena pembayaran sudah dilakukan melalui transfer atau e-money. Pastinya lebih aman.




Tips 6: Perhatikan Cara Menerima Paket
menerima_paket_saat_pandemi_corona
Saat menerima paket dari kurir pun juga harus diperhatikan. Paket sudah berjalan kemana-mana sepanjang perjalanan dari pengirim hingga sampai ke rumah. Selama perjalanan itu kemungkinan dipegang banyak orang dan tidak higienis lagi.

Ketika menerima paket jangan langsung dibawa masuk ke dalam rumah. Sebaiknya disemprot dengan desinfektan dulu karena skincare tidak mungkin untuk dijemur kan, ingatlah skincare tidak boleh diletakkan ditempat yang terkena matahari langsung atau suhu tinggi. Jadi cukup sediakan selalu desinfektan dan semprot paket tersebut terlebih dulu.


Tips 7: Perhatikan Cara Pemakaian

Poin penting selanjutnya yaitu tentang cara memakai skincare. Pengguna skincare sudah pasti tahu dong kalau saat mengaplikasikan skincare ke wajah, tangan harus dalam keadaan bersih.

Tapi saat merebak virus Corona ini kita sebaiknya lebih meningkatkan kebersihan tangan sebelum menggunakan skincare. Cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer wajib dilakukan sebelum menyentuh area wajah karena area wajah adalah tempat paling rawan yang dapat menjadi sarana masuknya virus Corona ke dalam tubuh.


Tips 8: Perhatikan Cara Penyimpanan

Kita harus memastikan skincare tersimpan di tempat yang aman, bersih, tidak berdebu dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Bahkan sebagian jenis skincare akan lebih baik jika disimpan di dalam kulkas. Membersihkan dengan rutin wadah skincare juga baik agar semakin aman dan nyaman dengan skincare yang kita punya.

Sudah menerapkan tips belanja skincare atau belum nih? Ingat tetap waspada, tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Tidak usah pergi keluar rumah jika memang tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Bagi yang Work From Home ataupun tidak tetap semangat, mari kita menjaga diri, jangan sampai panik, kuatkan imunitas agar virus-virus apapun tidak sanggup lagi menyerang tubuh kita.



Sumber: kumparan.com

  • Share:

You Might Also Like

32 komentar

  1. saat situasinya seperti ini, belanja online dirasa sangat aman yah untuk beli apa aja termasuk skincare.

    aku juga waktunya belum skincare nih, tapi sebenernya beli di minimarket juga ada sih. siasatinnya ya poin2 yang lain yang kakak sebutin di atas. hehe

    ReplyDelete
  2. Tips yang menarik, terutama bawa uang pas. Betul, uang beredar dari tangan seseorang ke oranglain yang belum tentu steril. Memang lebih baik lagi menggunakan pembayaran elektronik

    ReplyDelete
  3. Sama mbak, saya kalau beli barang biasanya juga melihat review dari pembeli. . .

    Betul mbak, demi kebaikan bersama lebih baik di rumah. Keluar rumah jika ada keperluan mendesak saja. .

    ReplyDelete
  4. Membaca ulasan, itu juga yg kulakukan pertama kali jika ingin membeli skincare, mba.. tos dulu..

    ReplyDelete
  5. Makasih tips nya.. keren sekali. jadi takut mau pake tester...

    ReplyDelete
  6. Nah, di masa sekarang memang lebih baik hati-hati. Jika bisa online, lebih baik belanja online saja untuk meminimalisir berada di tengah kerumunan.

    ReplyDelete
  7. Tipsnya bermanfaat banget.Semoga bisa menghindarkan kita dari penyakit yang mewabah

    ReplyDelete
  8. Saat ini memang harus menjaga kebersihan, termasuk pembelian skincare ya, Mbak Eva. Soalnya kita kan tidak tahu barang yang kita beli itu dipegang siapa saja atau terkena apa saja.

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya.. sampai sekarang aku sendiri bingung mau beli beli.. mau keluar ragu, mau beli online kuatir barangnya habis kepegang-pegang yang kurang higienis..

    ReplyDelete
  10. Iya nih kak, kadang suka lupa kalo nerima paket langsung bawa masuk rumah, tapi sekarang udah lebih hati2 jadi pas ada paket langsung semprot desinfektan

    ReplyDelete
  11. Wow bagus banget nih tips nya, aku sendiri juga sekarang selalu ngandalin olshop untuk belaja makeup skin care etc. Terus setelah sampai langsung dilap disinfektan dll wkwkkwk.

    valerywinonaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. Kalau sudah dikirim melalui ekspedisi memang harus hati2 di saat sampai ke rumah kita. Benar harus disemprot.disinfektan dulu sebelum masuk rumah. Artikel yang menarik mbak

    ReplyDelete
  13. Artikel yang sangat menarik, untuk cantik jangan sampai mengorbankan kesehatan,apalah artinya cantik klo akhirnya jatuh sakit karena kurangnya kehati-hatian

    ReplyDelete
  14. Kalau sudah tahu skin care nya yang mau dibeli memang enak beli online yah mba.

    ReplyDelete
  15. Sebelum pandemi ini aku memang lebih sering berbelanja secara online untuk skincare dan makeup jadi gak ada masalah atau perbedaan berarti sih. Cuma memang paketnya langsung kubuka diluar saja sebelum dimasukin ke rumah hehehe

    ReplyDelete
  16. Yang agak susah itu pas belanja pakai uang pas. Makanya paling enak memang beli secara online, tapi kudu cukup referensinya

    ReplyDelete
  17. Waa makasih tips nya kaa.. belanja online jg kudu hati2 pas terima paketnya ya. Hiks smoga corona segera berlalu deh.

    ReplyDelete
  18. Saya belanja ke toserba dan pasar pakai sarung tangan, pegang barang diminimalkan. Cuma karena bayarnya kadang tidak selalu dengan dompet digital jadinya rentan juga. Mana tidak punya hand sanitzer. Pernah punya tetapi habis, jauh sebelum adanya pandemik. Kalau tahu akan ada pandemik pastinya sudah bersiap, he he.

    Tips belanja skincare itu penting diterapkan karena memang kita tidak tahu pasti bagaimana penyebaran virus berlangsung.

    ReplyDelete
  19. Wah benar ya mba, gak kepikiran. Emang sebaiknya gak menang atau coba sampel dulu karena dimungkinkan dipegang banyak orang. Nice tips mba

    ReplyDelete
  20. pas banget baca artikel ini putri sulung saya minta ditemani belanja skincare saat kami terpaksa keluar rumah beli sembako. Nice tips Mbak. makasih ya

    ReplyDelete
  21. Aku udah lamaa belum belanja skin care lagi nih. Mendahulukan kebutuhan lainnya jika pas dapet duit.

    ReplyDelete
  22. Aku beneran memang gak pernah berani coba tester kosmetik kalau lagi belanja kosmetik. Parno aja dari dulu hihiii

    ReplyDelete
  23. Benar juga ya. Kalau terima paket harus hati-hati sekarang. Harus dibersihkan dulu. Ga boleh lagi sembarangan.
    Kalau dipikir benar, corona ini mengajarkan kita kembali ke ajaran zaman nenek moyang ya

    ReplyDelete
  24. Menerima paket sekarang jadi perhatian khusus ya.. sekarang kemasan box, langsung aku buang.. dan langsung cuci tangan setelah memegang box tsb. Jika bisa di cuci di cuci dulu nih ka

    ReplyDelete
  25. Duh untungnya udh pny skincare rutin ..jd ga capek kdu nyoba2in skincare .. jd tgal beli onlen aja..

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah untuk stock skincare aku saat ini masih aman, tipsnya sangat bermanfaat kak, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan ya kak... Aamiin YRA

    ReplyDelete
  27. Skincare ku masih sih, kebetulan belinya pas sebelum pandemi. Aku juga beli online, apalagi beli online pun tetep bisa bayar di rumah. Thanks tipsnya ya.. Jadi pengingat nih

    ReplyDelete
  28. Lagi stop dulu nei sama skincare.. lagi fokus nabung ngirit2 saya lagi ada si Corona ntuh..

    ReplyDelete
  29. Makasih sharing-nya! Kebetulan night cream ku lagi habis dan baca postingan ini, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  30. Aku ndak pake skincare tapi suka laper mata kalo liat promoan make up di olshop .. alamat khilaf dah tuh kalo liat promo hahaa
    Tapi cocok niih tips belanjanya sama aku

    ReplyDelete
  31. Sama nih mbak. saya juga selalu membaca review atau ulasan dari orang lain sebelum membeli produk, termasuk skincare. Tapi kebanyakan malah sering baca tapi belinya entah kapan, haha.

    ReplyDelete
  32. Favorit aku belanja skin care online. Praktis banget dan ga perlu keluar rumah juga. ��

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Jika ada yang error mohon konfirmasi by email ya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Cari apa? Ketik aja disini